Usaha Pemotongan Ayam

0
685

Ayam adalah hewan unggas yang banyak diminati oleh banyak orang, mulai ayam pedaging, ayam petelur, hingga ayam hias. Walaupun ayam memiliki banyak jenis, namun yang memiliki permintaan tertinggi adalah ayam pedaging untuk konsumsi. Ayam pedaging ini banyak digemari karena memiliki daging tebal, mudah untuk diolah dan juga mengandung cukup banyak nutrisi.

Apabila kita bandingkan dengan jenis makanan laut seperti ikan dan seafood, dapat dikatakan bahwa lebih banyak yang menyukai ayam, terkadang orang tidak menyukai ikan dan seafood karena amis, terdapat duri dan juga karena ada orang yang alergi terhadap makanan laut. Jika dibandingkan dengan olahan daging, harga daging seperti sapi dan kambing jauh lebih mahal dan daging lebih memiliki efek samping yang cukup besar daripada daging ayam.

Berawal dari tingginya permintaan akan daging ayam dan mudahnya untuk mendapatkan hewan unggas satu ini, inilah yang menjadi dasar munculnya peluang usaha yang dapat Anda coba, yaitu usaha pemotongan ayam. Usaha pemotongan ayam tidak membutuhkan modal yang besar dengan modal kecil Anda sudah bisa menjalankan usaha ini. Karena modalnya yang kecil dan banyaknya permintaan pasar, usaha ini dapat dibilang menguntungkan dan menjanjikan.

Baca Juga  Cara Mudah Budidaya Jamur Tiram Putih Untuk Pemula

Namun perlu diingat bahwa berhasil atau suksesnya suatu usaha itu juga dipengaruhi oleh usaha, ketekunan, kerja keras dan kesabaran dalam mengelolanya. Dalam mengelola dan menjalankan usaha pemotongan ayam juga tergantung pada bagaimana cara Anda untuk melakukan pemasaran dan pendekatan ke pasar yang Anda pilih. Dapat dipastikan di setiap pasar pasti memiliki permintaan tinggi akan ayam potong. Ketersediaan ayam potong di pasar selalu ada dan melimpah, ini dapat Anda liat saat ke pasar-pasar tradisional maupun pasar modern seperti supermarket, tak sedikit juga ayam potong yang jajakan oleh pedagang ayam potong keliling.

Dapat diperkiraan ada puluhan juta ekor ayam potong yang dijual tiap harinya, belum lagi ketika ada hari atau momen-moneten tertentu pastinya jumlah permintaan ayam potong meningkat drastis. Walaupun jumlah suplai ayam potong sudah sedemikian tinggi, ternyata faktanya permintaan yang muncul di pasar masih cukup mampu untuk menampung penawaran atau suplai baru. Inilah alasan mengapa peluang usaha pemotongan ayam sangat besar dan menjanjikan.

Untuk mulai terjun ke dunia usaha pemotongan ayam, sebagai pemula Anda dapat memulai dari usaha skala kecil terlebih dahulu, dengan modal kecil dan serba terbatas Anda dapat membangun sebuah tempat pemotongan ayam sederhana, lokasi yang dijadikan tak harus di pinggiran jalan, ya walaupun ada kelebihan tersendiri jika didirikan di pinggiran jalan.

Baca Juga  6 Jenis Tanaman Hias Untuk Peluang Usaha di Desa

Anda dapat memilih lokasi yang tersembunyi atau jauh dari jalan utama supaya bisa mendapatkan sewa tempat yang murah. Bangunan yang diperlukan juga tidak akan memakan banyak biaya. Dengan bermodal sekitar 7-10 juta saja Anda sudah bisa mulai usaha ini, akan lebih murah lagi apabila Anda memiliki rumah dengan lahan kosong yang dapat digunakan sebagai tempat pemotongan ayam jadi Anda tidak perlu sewa tempat.

Saat Anda mulai menjalankan usaha pemotongan ayam ini, Anda bisa mulai dengan memasarkan ke konsumen terdekat dulu, seperti tetangga, warung makan sekitar, dan pasar tradisional terdekat. Namun seiring berjalannya waktu usahakan Anda jangan bergantung dan mengandalkan orang-orang yang datang ketempat Anda maupun mengandalkan permintaan dari pasar-pasar tradisional.

Karena nantinya itu tidak selamanya akan menjamin dan bisa-bisa usaha pemotongan ayam Anda tidak berkembang. Anda juga harus mencari pasaran lainnya seperti ke pasar-pasar modern, hotel, ke pengusaha catering dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda akan mendapatkan banyak permintaan potong ayam tiap harinya, usaha potong ayam Anda dapat berjalan dan berkembang jika jalinan kerja sama ini terus berjalan dan berkembang.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Terbaru! Cek Disini

Selain itu yang tak kalah pentingnya, untuk memenuhi ketersedian ayam potong, Anda juga harus bekerja sama dengan suplier ayam potong hidup terlebih jika Anda tidak menjalankan peternakan sendiri. Kerja sama ini akan membantu Anda dalam memastikan ketersedian ayam potong untuk usaha Anda. Jangan sampai saat permintaan ayam potong meningkat, Anda kehabisan ketersediaan ayam yang untuk dipotong.

Menurut beberapa pengusaha pemotongan ayam, dalam satu harinya keuntungan bersih yang dapat dicapai dari hasil potong ayam dapat mencapai sekitar Rp 250-300 ribuan terlebih disaat hari atau momen tertentu bisa lebih dari itu. Tapi tidak dipungkiri juga terkadang ada masa keuntungannya juga turun, karena yang namanya usaha apapun pasti ada masa pasang surutnya. Meskipun begitu Anda tetap harus berjuang dan tekun, nantinya secara bertahap usaha akan berkembang seiring Anda mengembangkan penjualannya juga.

Jadi, bagi Anda yang tinggal di desa Anda bisa mencoba peluang usaha pemotongan ayam ini. Selain modalnya yang kecil anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat dari usaha ini. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here