Usaha Anda Mengalami Kemandegan, Begini Strategi Manajemen untuk Mengatasinya

0
1703

BERDESA.COM – Salahsatu masalah dalam bisnis yang pasti bakal terjadi adalah kemandegan alias stagnasi. Butuh strategi manajemen yang jitu untuk mengatasinya. Jika kita hanya berdiam diri bukan tak mungkin usaha kita terus mengalami kemunduran dan saat itu para kompetitor bakal segera menggeser kita tanpa ampun.

Masalahnya, bagaimana mengatasi masalah dalam perusahaan kita jika kita bahkan tidak tahu apa masalahnya. Karenanya, untuk mendapatkan jawaban mengenai apa yang harus dilakukan, Anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1.  Melakukan Evaluasi

Banyak orang yang merasa dirinya sudah hebat sehingga enggan melakukan evaluasi. Buang perasaan sombong itu karena sama sekali tidak akan menyelamatkan usaha Anda. Segera evaluasi seluruh bagian dalam bisnis dan cermatilah, apakah semuanya telah berjalan sesuai aturan main dan target yang ada. Jangan-jangan aturan main dan target itu bahkan sudah tidak relevan lagi bagi bisnis Anda. Ternyata pula strategi manajemen Anda sudah usang dan tidak sesuai situasi yang peuh persaingan sekarang ini.  Anda harus segera merumuskan langkah baru sekarang juga.

  1. Identifikasi Masalah
Baca Juga  Pentingnya Mendorong Pelaku Usaha Mikro BUMDesa

Temukan titik-titik yang menyebabkan kemandegan. Jangan ada toleransi terhadap titik-titik penyebab kemandegan, jangan terjebak persoalan subyektivitas. Masalh yang teridentifikasi harus segera diatasi, rmuskan rencana tindakan, manuver manajemen dan lakukan.

  1. Cermati Lagi Strategi Pemasaran

Evaluasi strategi pemasaran yang Anda terapkan. Pemasaran adalah ujung tombak usaha Anda dan cermati dengan sungguh-sungguh, apakah strategi pemasaran Anda sudah sesuai dengan keinginan konsumen yang Anda bidik. Soalnya, Anda berhadapan dengan perusahaan lain yang terus melakukan manuver strategi pemasaran, jika Anda tidak bergerak cepat sudah pasti Anda bakal tergilas dan usaha Anda tumbang.

  1. Cermati Ulang Sistem Anda

Buatlah analisa terhadap sistem manajemen yang Anda jalankan dalam usaha Anda. Apakah masih reevan dengan situasi internal maupun eksternal. Apakah sistem usaha Anda masih cukup efektif atau sudah saatnya melakukan perubahan dengan menyesuaikan diri pada teknologi terbaru misalnya. Anda harus temukan faktor-faktor seperti ini.

  1. Dapatkah Tenaga Kerja yang Tepat

Jika dari hasil evaluasi tadi menghasilkan kesimpulan bahwa perusahaan Anda berada pada titik yang parah alias membahayakan maka tidak ada jalan lain selain mencari orang yang tepat untuk memperbaiki masalah dalam bisnis Anda. Hati-hati dalam merekrut orang dan carilah orang yang benar-benar memiliki kreativitas manajemen sehingga bisa menangani masalah dalam bisnis Anda dengan cepat.

  1. Cegah Situasi Lebih Buruk
Baca Juga  Pemanfaatan Teknologi eDagang (ecommerce) Bagi BUMDes dan UKM Desa

Jangan sampai masalah bertambah parah. Jika sudah menemukan berbagai persoalan yang menyebabkan masalah dalam bisnis Anda, segera lakukan langkah-langkah pencegahan agar tidak menjadi tambah parah. Strategi manajemen baru harus Anda susun secepatnya. Satu hal lagi, sesungguhnya kreativitas bisnis memang hal yang wajib terus dilakukan semua pengusaha bahkan dalam kondisi paling stabil sekalipun

Beberapa langkah di atas adalah hal-hal yang harus dilakukan. Seyogyanya enam poin ini dilakukan tanpa perlu menunggu masalah mengguncang usaha Anda. Kenapa harus menunggu masalah datang? Selamat mencoba. (aryadji/berdesa)

Foto: www.djkn.kemenkeu.go.id

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here