Usaha dari Hobi Bisa Bikin Kaya-raya, Ini Beberapa Contohnya

Usaha dari Hobi Bisa Bikin Kaya-raya, Ini Beberapa Contohnya

BERDESA.COM – Tahukah Anda usaha dari hobi bisa membuat Anda kaya-raya. Seperti lahirnya Warung Spesial Sambal yang kini cabangnya bertebaran di berbagai kota di Indonesia, usaha itu lahir karena pencetusnya hobi berat pada sambal. Alhasil, kini sambal menjadi identik dengan warung makan berciri warna merah cabai tersebut.

Bukan hanya Yoyok Heri Wahyono yang bisa sukses membangun Warung Special Sambal. Anda-pun bisa kaya raya dari hobi jika Anda mengembangakannya menjadi usaha kreatif. Apa saja contoh hobi yang bisa mendatangkan rupiah, berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Membuat Web Disigner

Website telah menjadi kebutuhan semua orang. Ada banyak orang bisa membuat website tetapi tidak banyak orang yang bisa membuat website yang menarik. Jika Anda punya hobi utak-atik website dan mau sedikit bekerja keras dengan menciptakan website yang menarik, Anda bisa menjual kemampuan menyenangkan itu menjadi sumber uang dengan menjadikannya usaha kreatif yang produktif. Jangan salah, ada banyak anak muda yang kemampuan merancang website-nya dihargai puluhan juta rupiah. 

  1. Penggemar Fotografi

Jika Anda gemar mengabadikan sesuatu dalam kamera maka sebenarnya Anda sudah memiliki modal yang kuat. Saat ini fotografi memiliki banyak peluang menghasilkan rupiah. Menjepret acara perkawinan sudah biasa, kini food fotografi alias menjepret makanan restoran atau warung makan untuk dijadikan gambar promosi di media sosial dan promosi online suda menjadi mata pencaharian anak-anak muda penghobi fotografi. Belum lagi dari hobi traveling mereka, gambar-gambar eksotik-nya bisa menjadi gambar yang dijual dan menghasilkan uang. 

  1. Hobi Menulis

Bagi yang hobi menulisnya sudah sangat mendalam, bolehlah mengikuti nasibnya JK Rowling, perempuan milyarder penulis Harry Potter atau Andrea Hirata yang sukses menulis Laskar Pelangi. Tetapi selain menjadi novelis hebat yang butuh kemampuan menulis tingkat tinggi itu, Anda bisa menjadikan hobi menulis Anda menghasilkan uang dengan menjadi penulis konten web, review produk atau menulis artikel untuk medi-media onlina yang saat ini banyak dibutuhkan. 

  1. Hobi Disain Grafis dan Editor Video

Hobi yang satu ini sedang sangat berpotensi sekarang ini. Ramainya dunia internet sangat membuka pelang bagi usaha kreatif yang bisa dibangun atas dua kegemaran ini. Menjadi disainer grafis untuk berbagai kebutuhan promosi produk dan perusahaan yang terus-menerus dibutuhkan itu atau mengedit video bagi promosi video yang juga sedang berkembang pesat di dunia online. Usaha kreatif seperti ini sudah banyak dilakukan dan membuktikan usaha dari hobi bisa menghasilkan banyak uang.

  1. Hobi Membuat Kerajinan

Bukan rahasia lagi saat ini dunia online sangat membuka peluang bagi usaha kreatif berbasis kemampuan membuat barang kerajinan. Soalnya, kerajinan adalah salahsatu jenis produk yang memiliki rating tinggi dalam jual beli online. Karakternya yang unik, awet dan tak gampang rusak membuat hobi membuat kerajinan bisa menghasilkan banyak uang. Usaha dari hobi seperti ini bisa menghasilkan banyak uang karena margin yang didapat sangat besar dibanding modal yang dikeluarkan. 

  1. Gemar Membuat Kue

Ini sudah banyak dilakukan. Usaha dari hobi membuat kue bahkan bisa dilakukan para ibu di rumahnya melalui promosi online. Media sosial adalah perangkat yang sangat cepat membantu pengembangan usaha dari hobi membuat kue. Biasanya dipromosikan pada teman-teman atau orang-orang dekat lebih dahulu terus meluas melalui rekomendasi teman-teman baik tadi. Ada beragam menu yang tinggal Anda coba dan latih hingga mendapatkan cita rasa yang top dan layak Anda tawarkan.

  1. Hobi Masak

Tak hanya kaum ibu, pria dan anak-anak juga bisa menggeluti usaha dari hobi yang satu ini. Jika Anda hobi berat memasak dan cita rasa masakan Anda memang jempolan, ada baiknya Anda mulai mendiskusikan kemampuan Anda itu dengan anak, adik atau teman dekat yang memiliki kemampuan fotografi atau video untuk ditayangkan ke media sosial atau Youtube. Sekarang ini ada banyak anak muda dan bahkan anak-anak yang sukses karena menjual video kemampuan memasak mereka dan menciptakan menu-menu baru hasil olahan mereka sendiri.

Jika tidak terlalu yakin dengan kemampuan Anda di dunia online, Anda bisa kembangkan kegemaran ini untuk menjadi modal membuka warung makan atau catering. Jika tidak ingin terlalu repot, Anda bahkan cukup membuat usaha kreatif kuliner dengan hanya menerima pesanan saja. (aryadji/berdesa)

Foto: www.mhailviduka.asia.com

 

 

 

 

1 Komentar

  1. Wah bisa nih untuk jadi referensi gan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*