Usaha Di Desa Pegunungan Yang Menjanjikan Keuntungan Berlimpah

0
1179
Usaha Di Desa Pegunungan Yang Menjanjikan Keutungan Berlimpah

Jauh dari keramaian dan minimnya lapangan kerja membuat banyak anak muda hijrah ke kota besar dengan alasan mencari penghidupan yang lebih baik. Pemuda yang kreatif dan mempunyai jiwa wirausaha tinggi tidak perlu ke kota untuk memperbaiki taraf kehidupan. Ada banyak peluang usaha di desa pegunungan yang bila ditekuni bisa menghasilkan keuntungan yang berlimpah.

Dibalik ketenangan dan suasana desa yang alami, menyimpan potensi bisnis yang luar biasa. Memang tidak semua jenis usaha bisa dilakukan di desa. Dalam hal ini anda harus jeli melihat peluang bisnis yang ada. Sebelum memulai usaha ada baiknya anda mengetahui tips memulai suatu usaha di desa

Tips memulai usaha di desa

Di manapun anda ingin memulai usaha baik di desa pengunungan maupun di perkotaan, perencanaan harus dilakukan dengan seksama. Banyak usaha yang gagal karena minimnya perencanaan. Perencanaan yang baik berpengaruh besar terhadap kesuksesan usaha yang akan anda jalani.

Sebelum memulai sebuah usaha ada banyak hal yang harus diperhatikan seperti

  • Jenis usaha yang akan dijalankan (akan kita bahas nanti)
  • Jumlah dan ketersediaan modal, lokasi usaha, bahan baku, transportasi
  • Produksi barang
  • Pemasaran produk
Baca Juga  Kenapa Puzzle Mainan Kayu Ini Sangat Layak Dibeli

Untuk menentukan jenis usaha, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti lokasi, ketersediaan bahan baku, potensi pasar dan masih banyak lagi lainnya. Nah, bagi anda yang tinggal di desa, ada banyak peluang usaha di desa pegunungan yang bisa dipertimbangkan.

5 jenis usaha di desa atau di pegunungan

Sebenarnya tinggal di desa memberikan banyak kemudahan. Bukan saja karena faktor biaya hidup yang rendah tetapi juga karena desa itu sendiri memiliki potensi besar yang belum digarap secara maksimal. Berikut adalah beberapa bidang usaha di desa pegunungan yang notabene memiliki kelebihan sumber daya alam yang melimpah.

1. Berkebun sayur Organik

Bidang usaha di desa pegunungan yang sangat potensial adalah dalam bidang pertanian organik. Saat ini masyarakat modern mulai menyadari pentingnya mengkonsumsi makanan organik. Lahan di desa biasanya sangat subur. Ada banyak jenis tanaman organic yang bisa di kembangnkan di desa. Namun bagi anda yang masih pemula, ada baiknya memulai dengan menanam sayur-sayuran organik.

Berbeda dengan menanam jenis tanaman lainnya, menanam sayuran tergolong mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan bagi mereka yang mempunyai lahan sempit sekalipun. Tinggal didesa memudahkan anda mendapatkan berbagai macam pupuk organik seperti kotoran kambing, sapi dan lain sebagainya.

Baca Juga  Peluang Usaha Petanian di Desa, Bisa Jadi Bisnis Masa Depan

Anda tidak perlu khawatir dalam hal pemasaran. Permintaan sayur organik terus meningkat seiring dengan meningkatnya pemahaman masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi bahan makanan organik. Anda bisa dengan mudah menjual hasil produksi sayur organik melalui internet dan media sosial lainya.

2. Usaha Mebel

Mebel merupakan kebutuhan sekunder. Seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat kebutuhan akan yang mebel berkualitas terus meningkat dengan pesat. Usaha mebel akan lebih menguntungkan bila dilakukan di pedesaan. Bukan saja faktor tenaga kerja yang murah tetapi juga karena hampir semua bahan baku tersedia di pedesaan.

Dengan memiliki usaha mebel anda akan mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Selain itu usaha di bidang ini memerlukan jumlah tenaga kerja yang banyak. Anda bisa membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. Membuat mebel di pedesaan memerlukan biaya produksi yang relatif kecil dan anda bisa menjual mebel tersebut ke kota dengan harga yang lebih tinggi.

3. Usaha peternakan

Sekali lagi desa menyimpan banyak potensi luar biasa yang bila digarap dengan baik, bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Anda tidak mungkin membuka usaha peternakan di kota. Padahal bisnis peternakan adalah bisnis yang sangat menguntungkan.

Baca Juga  3 Tips Meningkatkan Peluang Usaha Desa Menjanjikan Untuk Kesejahteraan Desa  

Ada banyak jenis usaha peternakan yang bisa anda geluti seperti ternak ayam potong, ayam petelur, sapi, kambing, ayam kampung dan masih banyak lagi lainnya. Agar bisa mendatangkan keuntungan besar, belajarlah cara beternak dengan menggunakan cara cara modern. Belajar cara ternak modern bisa melalui buku, internet atau mengikuti berbagai macam program pelatihan yang ada.

Dibalik suasananya yang tenang dan jauh dari keramaian desa pegunungan menyimpan potensi bisnis yang luar biasa. Asalkan ada tekad dan kemauan untuk belajar ada banyak peluang usaha di desa pegunungan yang bisa mendatangkan keuntungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here