Usaha Berbasis Kreativitas yang Belum Banyak Dilakukan Orang

Usaha Berbasis Kreativitas yang Belum Banyak Dilakukan Orang

BERDESA.COM – Perkembangan dunia usaha saat ini membuat usaha berbasis kreativitas mendapat tempat yang sangat strategis. Apalagi ditunjang adanya internet sebagai alat komunikasi yang sangat efektif membuat usaha berbasis kreativitas juga bisa dikembangkan di desa. Tetapi tantangannya tidak mudah, utamanya karena seringkali ide bisnis kreatif dianggap aneh sehingga butuh mental yang kuat untuk mengembangkan jenis usaha seperti ini.

Namanya juga usaha berbasis kreatif maka ide dasarnya haruslah unik, menarik dan berbeda dengan apa yang sudah dilakukan banyak orang. Berikut ini beberapa contoh ide usaha kratif yang hingga saat ini masih jarang dilakukan orang terutama di daerah pedesaan:

  1. Usaha Sayuran Organik

Sayur organik adalah sayur yang dibudidayakan secara alami dari bibit terutama sistem perawatan dengan tidak menggunakan unsur kimia sama sekali seperti pupuk. Ini adalah jenis makanan sangat sehat sehingga harganya beberapa kali lipat dari sayur yang biasa dijual di pasar saat ini. Sekarang ini semua orang sudah menyadari pentingnya hidup sehat sehingga bukan masalah lagi harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkan produk yang sehat, termasuk sayur organik.

Masalahnya, suplai sayur organik di pasaran masih sangat kurang, jadi terbuka lebar peluang untuk mengembangkannya. Pedesaan adalah wilayah yang paling memungkinkan mengembangkan bisnis ini. Karena segmennya terutama kalangan perkotaan maka usaha seperti ini harus menggunakan pemasaran melalui online. Menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan WhattUps, usaha berbasis kreatif seperti ini mulai mendapatkan pasar yang baik terutama melalui komunitas-komunitas organik yang sekarang tumbuh subur di daerah perkotaan.

Karena dipasarkan secara organik, maka pelayanannya juga musti modern yakni sistem antar-jemput pada para pembeli. Tetapi tenang saja karena sekarang ini sudah ada model antar-jemput berbasis online yang bisa dikerjasamakan untuk mengantarkan pesanan seperti ini.

  1. Usaha Menjual daging dan Sayur Siap Masak

Semua orang ingin menjalankan seluruh kegiatannya dengan praktis. Termasuk dalam urusan memasak. Soalnya, memasak adalah salahsatu kegiatan yang membutuhkan waktu khusus dan keahlian yang tak dimiliki semua orang. Bagi para perempuan yang bekerja, memasak adalah salahatu kegiatan yang butuh pengaturan waktu khusus. Karenanya bakal jauh lebih sederhana jika mereka mendapatkan bahan memasak dengan lebih mudah. Maka, berjualan daging siap masak dan racikan sayur yang tingga ‘cemplung’ adalah peluang usaha yang kini sudah terbuka lebar.

Paket jualan seperti ini juga musti dilengkapi dengan bumbu yang juga sudah disiapkan. Istilahnya, daging dan sayur ini tinggal cemplung saja.

Agar tetap segar maka daging dan sayur harus dalam kondisi dibekukan sehingga memiliki durasi yang panjang.

Karena segmen utamanya orang-orang kota yang sibuk, maka sistem penjualannya harus menggunakan dua cara sekalihgus, offline melalui toko-toko sekaligus melalui media sosial dengan menyasar komunitas-komunitas.

  1. Bikin Kursus Melawan Gaptek

Yang satu ini belum banyak yang melakukannya. Intinya adalah mengajari orang mengenai apa itu internet, bagaimana membuka akun di media sosial dan bagaimana memanfaatkan smartphone untuk menghasilkan uang melalui berjualan secara online.

Memang semua orang memegang smartphone sekarang ini dan 80 an juta orang aktif menggunakan internet. Tetapi yang sebagian besar dilakukan adalah ber-medsos-ria dan belum memanfaatkan handphone-nya untu menghasilkan uang. Jadi sebenarnya masih snagat banyak orang yang belum paham bagaimana memanfaatkan internet dengan handphone untuk menghasilkan uang.

Nah, kursus ini dibuka untuk mengahari semua orang mengenai hal-hal seperti itu dengan cara yang sederhana. Soalnya, banyak orang sebenarnya ingin mempelajari hal-hal seperti ini dengan cara yang sederhana, murah dan cepat. Anda bisa menjadikan ini ladang uang bagi Anda.

  1. Usaha Jasa Cuci Mobil Panggilan

Usaha cuci mobil sudah jelas masih terbuka karena jumlah pemilik mobil sekarang ini semakin banyak dari hari ke hari. Tetapi model pencucian mobil seperti apa ya. Sistem panggilan menjadi pilihan menarik, karena orang tidak perlu meluangkan waktu khusus menunggui mobilnya dimandikan.

Lagi-lagi, promosi usaha ini harus menggunakan jaringan online seperti media sosial. Anda harus menyasar kantor-kantor instansi untuk bekerjasama sehingga mobil-mobil yang dimiliki para pegawai di instansi itu bisa menjadi pelanggan Anda.

Catatan pentingnya, Anda harus memiliki orang yang benar-benar bisa dipercaya untuk bisnis seperti ini karena pemilik mobil akan mempercayakan mobilnya untuk Anda bawa dan antarkan.

Itulah beberapa jenis usaha berbasis kreativitas yang bisa dikembangkan. Sebagian diantaranya sangat prospektif dikembangkan di desa. Penguasaan promosi dan pemasaran melalui jaringan online bisa dilakukan hanya dengan smartphone yang Anda miliki. Beberapa usaha ini bakal jauh lebih mudah dijalankan jika ditangani sistem tim. Artinya Anda bisa berbagi modal dan keahlian dengan teman untuk menjalankannya. Selamat mencoba! (aryadjihs/berdesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*