Usaha Angkringan Yang Menguntungkan Di Desa

0
5533

Tidak sedikit orang desa yang berpikiran bahwa membuka usaha di desa itu kurang menguntungkan dan sepi akan pelanggan. Inilah yang membuat orang-orang desa kurang minat utuk membuka usaha sendiri dan kebanyakan lebih memilih menjadi buruh, entah buruh tani, buruh pabrik ataupun menjadi asisten rumah tangga.

Selain itu kebanyakan mereka juga bingung ide usaha apa yang bisa dijalankan di desanya dan berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha. Nah, bagi Anda yang tinggal di desa dan ingin mencoba peruntungan dengan membuka usaha sendiri Anda dapat mencoba peluang usaha di bidang kuliner.

Usaha di bidang kuliner kini merupakan salah satu usaha yang dapat dikatakan menguntungkan dan menjanjikan. Buktinya kini mulai merebak dimana usaha restoran, kafe, warung makan, angkringan dan lain-lain. Diantara usaha kuliner yang disebutkan tadi, yang memerlukan modal sedikit adalah usaha angkringan.

Modal dan tempat

Usaha angkringan adalah usaha yang menguntungkan, ini dikarenakan Anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai usaha ini, selain itu usaha angkringan ini mempunyai potensi keuntungan yang berlipat. Mengenai modal untuk membuka usaha angkringan sebenarnya beragam, mulai dari 5 jutaan hingga belasan juta.

Baca Juga  Bisnis Pelajar Yang Menguntungkan Untuk Kamu Tiru

Tema dan menu makanan beragam tergantung ketersediaan modal. Namun pada umumnya, angkringan itu terkenal dengan menu nasi kucingnya, gorengan, sate-satean (kepala ayam, usus, bakso, ati rempela ayam, dan lain-lain). Selain itu juga, minuman wedang jahe susu, kopi, dan teh menjadi minuman yang selalu tersedia di sebuah angkringan.

Di sini angkringan dibuka dengan mengusung konsep berupa makanan rakyat dengan harga yang sangat terjangkau. Nah sebagai pemula dalam usaha angkringan, sebaiknya Anda membuka usaha ini mulai dari yang sederahana saja, lokasi usaha angkringan dapat Anda dirikan dalam bentuk yang sangat sederhana.

Jadi Anda tidak memerlukan tempat yang luas dan modal yang besar. Anda dapat memulai usaha angkringan dengan hanya mendirikan warung kecil berupa gerobak dan terpal sebagai atapnya, seperti yang biasanya terdapat dipinggiran-pinggiran jalan. Ataupun menggunakan mobil pick up yang di desain untuk usaha angkringan.

Bila rumah Anda dekat jalan yang cukup ramai, Anda dapat menempatkan gerobak tersebut di depan rumah Anda selama itu tidak menutup dan menggangu jalan. Namun apabila rumah Anda jauh dari keramaian dan terlalu masuk ke dalam gang-gang sempit, Anda dapat membawa gerobak Anda ke pinggiran jalan yang ramai.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa: Rental PS di Desa Minim Modal, Mau Coba?

Selain itu jangan lupa juga untuk menyediakan meja, terpal atau tikar untuk lesehannya. Biasanya warung angkringan mulai buka setelah magrib hingga tengah malam, terkadang ada juga yang buka hingga subuh. Semakin malam semakin ramai, maka tidak heran ada juga buka hingga subuh.

Banyak pelanggan atau penikmat angkringan yang menghabiskan malam di angkringan untuk sekedar mengobrol dengan temannya atau hanya untuk bersantai menikmati malam. Suasana angkringan yang khas dan berbeda dari rumah makan atau restoran pada umumnya membuat angkringan mempunyai daya tarik tersendiri bagi penikmatnya.

Keuntungan usaha angkringan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Anda dapat menawarkan menu di angkringan Anda berupa nasi kucing (nasi, lauk, sayur dalam porsi sedikit), bermacam-macam gorengan, sate-satean, baceman, dan minuman-minuman khas angkringan. Ya kebanyakan menu di angkringan memang berupa cemilan-cemilan berat yang sifatnya jajanan.

Biasanya angkringan-angkringan mulai menjual makanannya dengan harga sekitar Rp 2000 an dan untuk minumannya harga mulai sekitar Rp 3000 an. Dengan harga mulai dari segitu saja Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan dari usaha warung angkringan. Keuntungan mulai dari 100 ribuan per hari tergantung seberapa ramai angkringan anda.

Baca Juga  Tepung Mocaf ‘Made In’ Ibu-ibu Pacitan yang Terus Meluaskan Pasar

Apa lagi bila warung angkringan Anda ramai dan banyak dikunjungi oleh pelanggan, pastinya keuntungan yang didapatkan bisa berkali-kali lipat. Sebaiknya ketika Anda mendapatkan keuntungan mulailah untuk menabung sedikit demi sedikit, siapa tahu dengan hasil uang yang ditabung Anda dapat mengembangkan usaha angkringan Anda.

Mulai dari memperluas tempat, menambah atau membuka warung angkringan lagi di lain lokasi dan bisa juga Anda mencoba ide usaha lainnya yang berpeluang di desa Anda. Itulah tadi peluang usaha yang dapat Anda coba jalankan di desa Anda, ketika Anda mampu membuka usaha sendiri pastinya Anda akan jauh lebih mandiri.

Sehingga anda tidak terlalu bergantung pada gaji. Selain itu Anda bebas untuk mengeksplor bakat atau kemampuan Anda di bidang usaha kuliner dan baiknya jika usaha Anda berkembang pesat maka Anda dapat membuka lowongan kerja. Selamat mencoba dan tetap semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here