Urgensi Pengelompokkan Pasar

Urgensi Pengelompokkan Pasar

BERDESA.COM – Kegiatan pemasaran merupakan kegiatan penting yang menentukan perkembangan suatu usaha, termasuk Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). Meskipun BUM Desa adalah usaha yang berwatak sosial, tapi tetap membutuhkan pendapatan untuk mencapai tujuannya. Maka dari itu, kegiatan pemasaran menjadi sebuah kewajiban.

Dalam kegiatan pemasaran, salah satu hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah pengelompokkan pasar (segmentasi pasar). Yakni suatu proses untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang lebih homogen. Tujuannya, dengan adanya pengelompokkan pasar tersebut diharapkan kegiatan pemasaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Dengan kata lain, BUM Desa tentu tidak mampu melayani semua kebutuhan konsumen/masyarakat. Maka dari itu, pengelola BUM Desa harus mengidentifikasi dan memilih siapa atau kelompok mana yang akan dilayani. Proses tersebut tentu akan membantu pengelolaan BUM Desa, khususnya dalam kegiatan pemasaran.

Menurut Philip Kotler, ada beberapa syarat yang bisa dijadikan acuan agar proses pengelompokkan pasar dapat berjalan dengan efektif, yakni sebagai berikut.

  • Dapat diukur (measurable). Artinya, ukuran, daya beli, dan profil pasar harus dapat diukur dengan tingkat tertentu.
  • Dapat dijangkau (accessible). Artinya, segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
  • Cukup besar (substantial). Artinya, segmentasi pasar cukup besar atau cukup memberi laba yang dapat dilayani. Suatu segmen merupakan kelompok homogen yang cukup bernilai untuk dilayani oleh program pemasaran yang sesuai.
  • Dapat dibedakan (differentiable). Artinya, differentiable berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.
  • Dapat dilaksanakan (actionable). Artinya, actionable berarti segmen tersebut dapat dijangkau atau dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Adapun manfaat yang dapat diperoleh BUM Desa dengan melakukan pengelompokkan pasar adalah sebagai berikut.

  • BUM Desa akan berada pada posisi yang lebih baik untuk mendapatkan kesempatan-kesempatan dalam pemasaran karena ia lebih mudah untuk mempelajari keinginan setiap kelompok pasar (segmen).
  • BUM Desa dapat memilih segmen mana yang berpotensi paling besar yang akan menjadi sasaran.
  • BUM Desa dapat menggunakan kemampuannya yang ada untuk merespon pemasaran yang berbeda-beda secara baik, sehingga dapat menghemat biaya, energi, dan waktu.
  • BUM Desa dapat mengatur kualitas dan kuantitas produk dan pemasarannya.(bd05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*