Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian Di Desa Terpencil

0
729
Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian Di Desa Terpencil

Minimnya hasil pertanian membuat para petani mengeluh, terutama untuk para petani di desa terpencil. Ditambah lagi karena nilai harga jual yang menurun akibat oleh aktifitas impor yang dilakukan oleh pemerintah Negara Indonesia. Hal tersebut mengakibatkan penderitaan bagi para petani di desa terpencil. Aktifitas impor yang dilakukan oleh pemerintah ini dikarenakan kurangnya bahan pangan dari petani lokal. Bagi para petani, berikut adalah beberapa upaya untuk meningkatkan hasil pertanian di desa terpencil

  1. Menanam Tanaman Yang Sesuai

Saat ini sebagian besar petani di Indonesia sering memaksakan untuk menanam jenis tanaman di lahan persawahan. Hal tersebut biasa dilakukan oleh petani saat melihat petani lain mampu mendapatkan laba dari jenis tanaman yang ditanam. Banyak petani yang selalu mengikuti trend dan mengabaikan lahan yang dimilikinya.

Perlu diketahui bahwa lahan merupakan tempat utama untuk jenis tanaman tertentu. Maka dari itu tidak semua tanaman cocok ditanam di lahan tersebut. jika dipaksakan ditanam di lahan tersebut, pasti hasilnya tidak akan maksimal. Jadi lebih baik menanam tanaman yang cocok untuk lahan yang dimiliki.

Baca Juga  Membangun Dari Desa

Untuk dapat mengetahui jenis tanaman apa yang cocok ditanam di lahan, maka perlu ketelitian dari para petani itu sendiri. Selain itu tim penyuluh pertanian juga perlu turun tangan dalam hal ini. Tim penyuluh nantinya akan memberikan penyuluhan mengenai jenis tanaman apa yang cocok untuk ditanam serta memfasilitasi para petani dengan bibit unggul.

  1. Mengolah Dan Menyuburkan Lahan Dengan Benar

Kunci sukses para petani untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah adalah bibit yang unggul. Selain itu pengolahan dan perawatan lahan juga sangat penting untuk diperhatikan. Perlu diketahui bahwa pengolahan lahan harus dilakukan secara maksimal dan teratur, mulai dari mencangkul, membajak dan masih banyak lagi.

Jika tanah sudah dilakukan penggemburan, maka para petani juga harus berupaya menjadikan lahan tersebut subur kembali. Cara agar lahan kembali subur adalah dengan memberikan pupuk kandang atau bisa juga memberikan pupuk lain yang sesuai dengan lahan tersebut.

Untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah memang para petani dituntut untuk telaten dalam perawatan dan pengolahan lahan. Hal tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan hasil pertanian di desa terpencil yang harus dilakukan.

  1. Pengaturan Perairan Yang Baik
Baca Juga  Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 Menurut Permen No. 16 Tahun 2018

Upaya meningkatkan hasil pertanian di desa terpencil yang selanjutnya adalah mengatur perairan. Selain mengolah dan merawat lahan, mengatur irigasi juga sangat wajib untuk dilakukan. Perlu diketahui bahwa semua jenis tanaman membutuhkan air untuk pertumbuhannya. Lahan yang diberi air nantinya akan gembur dan akar tanaman dapat mencengkeram kuat ke tanah.

Untuk melakukan metode pengairan ini, para petani harus hati-hati dan harus dilakukan dengan benar. Setiap tanaman memerlukan volume air yang berbeda-beda. Jadi para petani tidak boleh sembarangan dalam mengairi lahannya. Karena ada tanaman yang tidak boleh selalu direndam di air, da nada juga tanaman yang harus terendam air secara bertahap.

  1. Memanen Di Waktu Yang Tepat

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh para petani ialah terlalu terburu-buru dalam melakukan panen. Hal tersebut sering dilakukan oleh petani yang menanam padi. Panen yang terlalu dini ini dilakukan bisa saja karena faktor ekonomi. Selain itu panen yang buru-buru juga dapat dilakukan karena takut tanaman padinya diserang hama.

Baca Juga  5 Kunci Sukses Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa

Namun hal-hal tersebut tidak bisa dibenarkan, karena pemanenan yang terlalu dini dapat mempengaruhi hasil panen. Misalnya saja, bulir padi yang berusia muda tidak bisa menambah bobot dan saat di panen akan terbuang sia-sia.

Semua hal tersebut harus sangat diperhatikan oleh para petani agar hasil panen maksimal. Jangan memanen terlalu dini merupakan upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian di desa terpencil.

  1. Rehabilitasi Pertanian

Upaya ini merupakan upaya untuk memperbaiki lahan pertanian yang tadinya tidak produktif menjadi lebih produktif. Lahan yang tadinya tidak berproduksi setelah direhabilitasi menjadi lahan yang dapat berproduksi. Selain itu petani juga dapat mengganti tanaman  yang sudah tidak produktif lagi.

Itu tadi merupakan beberapa upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian di desa terpencil. Petani perlu hati-hati saat merawat lahan dan tanamannya, karena hal tersebut dapat mempengaruhi hasil panen. Jadi mulai sekarang lakukan upaya diatas agar hasil panen melimpah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here