Unsur Unsur Desa Yang Penting Ada dan Dijaga

0
341
Unsur Unsur Desa Yang Penting Ada dan Dijaga

Sebagai salah satu bagian masyarakat yang tidak kalah penting, keberadaan desa memiliki unsur yang perlu untuk dipahami. Alasannya karena desa perlu dijaga keberadaannya sesuai dengan fungsinya serta yang terpenting mencegah urbanisasi ke kota. Berikut ke tiga unsur unsur desa yang penting ada.

Unsur Daerah atau Wilayah

Hal ini penting sebagai unsur unsur desa. Unsur daerah atau wilayah seperti lokasi atau letak desa, batas wilayah, luas desa, keadaan lahan, jenis tanah serta bagaimana penduduknya memanfaatkan lahan yang ada sangat penting untuk dijaga.

Hal ini berhubungan dengan bagaimana nantinya desa mengembangkan potensi yang ada namun tetap terjaga wilayahnya dan memudahkan pemerintah untuk memantau perkembangan tersebut.

Tanpa adanya unsur unsur desa dalam hal daerah atau wilayah desa akan sulit untuk dikenali, diketahui karakteristiknya dan sulit untuk memberikan terapan yang sesuai untuk pengembangannya.

Unsur Penduduk

Selanjutnya dari unsur unsur desa adalah Unsur Penduduk. Unsur Penduduk ini meliputi dari jumlah penduduk desa, tingkat kelahiran serta kematian di desa tersebut, pertumbuhan, kepadatan desa serta persebarannya dan yang juga penting adalah mata pencahariannya.

Baca Juga  Mengukur Manfaat, Dana Desa Bakal di Survei BPS

Hal ini sangat penting selain juga harus memahami fisik dari desa namun juga perlu memahami unsur dari warga desa itu sendiri. Masih berhubungan dengan unsur daerah atau wilayah, melalui unsur penduduk yang ada pemerintah dapat memantau kesejahteraan desa melalui berbagai unsur yang masuk dalam unsur penduduk tersebut.

Dengan demikian, Unsur Penduduk ini tidak kalah penting untuk diperhatikan perkembangannya oleh baik pemerintah desa itu sendiri maupun dari pemerintah pusat agar dapat dipahami perkembangannya baik menuju ke arah positif maupun ke arah negatif sehingga dapat dilakukan berbagai pencegahan.

Unsur Tata Kehidupan

Selanjutnya yang juga sangat penting untuk diperhatikan baik oleh masyarakat desa setempat dan juga pemerintah pusat adalah unsur Tata Kehidupan. Salah satu unsur unsur desa ini melingkupi tata pergaulan dan ikatan pergaulan, adat istiadat setempat serta norma-norma yang berlaku di daerah tersebut.

Unsur unsur desa tersebutlah yang memberikan karakteristik pada desa sehingga berbeda dengan perkotaan. Meskipun memang ketiga unsur tersebut diharapkan mampu untuk berjalan dengan perkembangan jaman yang juga membawa kesejahteraan bagi penduduk desa di seluruh Nusantara yang diharapkan pula tidak bergeser nilai-nilainya yang ada.

Baca Juga  Pertukaran Kepala Desa Indonesia-Malaysia Sedang Dijajaki

Salah satu alasan mengapa perlu adanya perhatian dari masyarakat setempat dan juga oleh pemerintah pusat adalah karena dalam unsur inilah mulai terlihat perubahan atau pergeseran. Pemerintah perlu memberikan langkah untuk mencegah dan juga bahkan untuk menanggulangi agar pertumbuhan yang ada tidak menghilangkan unsur unsur desa diatas tersebut.

Dengan memahami ketiga unsur diatas, masyarakat desa serta pemerintah pusat diharapkan mampu menghadapi pergerakan jaman menuju ke arah modern namun tetap dapat menjaga apa yang patut dijaga, terutama dalam unsur tata kehidupan yang mana sedikit demi sedikit bergeser akibat pengaruh era globalisasi yang kuat serta mudahnya arus informasi yang masuk ke dalam.

Dampak buruk yang bisa menimpa akibat tidak adanya rasa pada ketiga unsur unsur desa tersebut adalah hilangnya karakter desa karena mulai dari unsur yang pertama, desa kehilangan lahannya untuk bercocok tanam, unsur yang kedua, terjadi urbanisasi sehingga desa hanya meninggalkan generasi tua saja dan unsur ketiga yang mana norma serta adat istiadat mulai ditinggalkan.

Baca Juga  Presiden: Produk UMKM Harus ‘Menguasai’ Rest Area Tol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here