UMKM Harus Mencantumkan ini Pada Produk Makanan-Minumannya

Hal penting untuk mengembangkan produk umkm

BERDESA.COM – Apa yang dilihat orang ketika memilih sebuah produk makanan dan minuman? Label, itulah yang mereka akan lihat, mulai dari bahan makanan hingga tanggal kadaluarsa, termasuk produk UMKM. Label adalah salahsatu petunjuk penting bagi pembeli soalnya label menunjukkan produk yang dibelinya aman untuk dikonsumsi.

Bagi sebuah produk, label adalah sebuah pembeda sebuah produk dengan produk lainnya karena di dalamnya tercantum legalitas, logo, kode produksi, petunjuk penggunaan, waktu kadaluarsa dan lain-lain. Ini juga berlaku bagi produk-produk UMKM. Semua informasi itu dipakai calon pembeli untuk percaya dan kemudian memutuskan untuk membeli. Tapi sebenarnya, apa saja informasi yang harus ada pada label sebuah produk? Setidaknya ada tujuh hal, ini dia:

  • Nama dan brand produk

Jika produk UMKM Anda berbahan dasar ketela misalnya, maka sebaiknya Anda buat kata yang mewakili jenis produk seperti ‘Ceriping Ketela Kriak-Kriuk’. Kata Ceriping ketela mewakili jenis makanan dan Kriak-Kriuk adalah merek dagangnya. Dua kata ini akan memudahkan tiap orang mencari produk ini meski berjejalan dengan lainnya.

  • Informasi berat bersih produk

Untuk memudahkan konsumen menyesuaikan kebutuhannya biasanya produk-produk makanan dan minuman akan membuat beberapa varian pada tiap produknya. Maka jangan lupa mencantumkan berat bersih pada setiap jenis produk UMKM Anda. Ini akan membuat seseorang lebih cepat memutuskan pembelian terhadap produk Anda.

  • Konsumen butuh tahu siapa dan seperti apa perusahaan yang memproduksi produk makanan atau minuman tertentu. Maka cantumkan dengan lengkap dan jelas perusahaan produsennya, termasuk jika itu adalah produk UMKM rumahan .
  • Jelaskan komposisi dan bahan yang digunakan

Ini sangat penting bagi konsumen karena menyangkut keamanan konsumsi, kesehatan dan adar gizi. Soalnya ada banyak konsumen yang alergi terhadap bahan makanan tertentu. Hal keempat yang perlu Anda cantumkan adalah komposisi atau daftar bahan yang digunakan selama proses produksi berlangsung. Dalam hal ini Anda bisa mencantumkan komposisinya di label makanan lengkap beserta takaran yang digunakan.

  • Cantumkan Legalitas

Konsumen di jaman ini akan lebih memilih produk makanan dan minuman yang mengantungi persyaratan legal seperti PIRT untuk makanan dan minuman produk rumahan, termasuk sertifikat MUI dan perijinan lainnya.

  • Tanggal kadaluarsa

Bagian ini pasti dilihat oleh calon pembeli. Jangan sampai lupa mencantumkan bagian ini dan jangan lupa pula untuk menarik produk yang sudah melewati tanggal kadaluarsa.

  • Kode produksi adalah kode yang menjelaskan kapan sebuah produk dibuat. Biasanya dicantumkan bersama tanggal bulan dan tahun pembuatan selain deretan angka atau huruf yang menandai produksi sebuah produk.

Dengan berbagai informasi penting ini maka produk Anda akan lebih dipercaya konsumen karena memastikan kualitas produk Anda, menjelaskan produk aman untuk dikonsumsi dan legal secara hukum. Produk UMKM pun harus mampu memberikan jaminan yang lengkap seperti ini.(dji-1/dari berbagai sumber)
Foto: www.loker-like.com

1 Komentar

  1. izin bookmark gan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*