UKM Sebagai Pundi-Pundi Ekonomi Negeri

ukm

 

Oleh: Yusuf Udya

BERDESA.COM – Tidak bisa di pungkiri lagi, usaha kelas menengah yang tersebar di desa-desa merupakan aset penting bagi pertumbuhan perekonomian bangsa.

Misalnya saja,suatu usaha yang dimulai dari sebuah brand kecil atau biasa di sebut home indutry bila di jalankan dengan baik dan di menegemeni dengan baik pula, bisa berkembang besar dan membuka lapangan kerja di lingkungan sekitarnya. Bayangkan saja, bila suatu desa memiliki benerapa UKM yang memerlukan tenaga kerja atau karyawan, maka masyarakat di sekitarnya tidak perlu kesulitan untuk mencari lapangan kerja.

Dengan begitu masyarakat tidak harus bergantung pada perusahaan besar yang memiliki persyaratan-persyaratan terentu seperti tingkatan pendidikan,ketrampilan dan lain-lain.

Terlebih lagi, jika UKM-UKM mampu memanfaatkan bahan-bahan di desa atau lingkungan di sekitarnya,itu akan menjadi ciri khas tersendiri untuk produk yang mereka ciptakan. Dengan demikian produk mereka akan mudah di kenal oleh masyarakat dan usaha itu akan berkembang secara pesat.

Pengalaman kerja yang di dapat oleh para karyawan itupun, nantinya akan menjadi modal awal bagi mereka untuk membuka atau membuat usaha-usaha mereka sendiri.
Jika kita bisa sukses dengan membuat usaha sendiri, untuk apa kita harus tergantung dengan perusahanan-perusahaan besar, dan di bayang bayangi dengan upah minimum (UMR) yang kecil yang belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.

Dengan proses yang berkesinambungan seperti ini,tidak mustahil jika home industry atau UKM akan menjadi pundi-pundi perekonomian negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*