Tujuh Produk Indonesia Jawara Dunia

Tujuh Produk Indonesia Jawara Dunia

BERDESA.COM – Tahukah Anda, selain dinugerahi alam yang indah, Indonesia memiliki sederet hasil pertanian dan perkebunan yang kualitasnya terbaik di dunia. Berikut ini beberapa hasil pertanian dan perkebunan, semuanya produk Indonesia yang menjadi jawara dunia.

1. Kayu Manis

Kayu manis Indonesia adalah yang kualitasnya terbaik dunia khususnya kayu manis dari tanah Kerinci, Sumatera. Ironinya ditempatnya sana, banyak pohon kayu manis

itu terbiar begitu saja di kebun. Tapi kayu manis memang bakal semakin berkualitas jika semakin tua usia pohonnya. Kini sedang diusahakan agar para petani memiliki sertifikat khusus agar kayu manis Indonesia gampang masuk ke Eropa dan negara tujuan ekspor lainnya.

2. Teh Indonesia

Teh adalah produk Indonesia yang terus jadi juara di dunia. Saingan terberat kita adalah Sri Lanka. Informasi yang didapat Berdesa menyatakan, bahkan orang nomor satu di Inggris Ratu Elizabet II juga menikmati teh dari tanah Kerinci, Sematera.

3. Kopi

Tak perlu ragu, Indonesia memiliki kualitas kopi paling baik di dunia. Kopi Luwak bahkan hanya ada di Indonesia. Kopi produk Indonesia dikenal mantap dengan nuansa kacang-kacangan (kopi papua), aroma jeruk (kopi Bali), dan rasa kopi yang lain. Selain merajai pasar dalam negeri, kopi Indonesia juga melanglang buana ke seantero dunia. Soalnya kebutuhan kopi terutama Eropa dan Amerika, sangat tinggi. Kopi adalah salahsatu komoditi yang memiliki peluang yang terus membesar.

4. Kakao

Indonesia adalah penghasil kakao terbesar ketiga di dunia. Sayangnya sebagian besar kakao produk Indonesia di ekspor lalu baru masuk ke Indonesia lagi dalam bentuk cokelat. Tetapi saat ini ada banyak petani dan pengusaha Indonesia yang terus berusaha menciptakan cokelat asli Indonesia yang tidak kalah dengan cokelat kelas dunia seperti Belgia.

5. Sirsak

Sirsak dari Indonesia adalah sirsak dengan cita rasa terbaik di dunia. Sirsak sesungguhnya buah yang sangat potensial dan sangat dicari orang-orang di luar negeri karena kandungannya yang luar biasa dalam hal menyembuhkan berbagai macam penyakit kanker. Hingga kini sirsak adalah produk indonesia yang unggul.

6. Jambu Merah

Indonesia adalah negeri yang memiliki jambu merah terbaik di dunia. Khasiat jambu merah yang sangat baik bagi kesehatan membuat buah yang satu ini sangat dicari dan berpeluang ekspor. Hanya saja sampai hari ini komoditi ini masih mengalami kesulitan ekspor karena biaya ekspornya mencapai 60 persen dari omzet sehingga banyak pengusaha malah gulung tikar melakukan ekspor si jambu ini.

7. Manggis

Kandungan manggis yang sangat bagus bagi kesehatan membuat manggis sangat dicari di berbagai negara seperti Australia, Hongkong, China, Eropa dan Amerika. Belakangan, bahkan kulit manggis ternyata sangat efektif dibuat sebagai bahan obat. Belum lagi tanam-tanaman herbal Indonesia lainnya yang berkhasiat obat. Seperti jahe, rempah-rempah. (dji-1)

foto: teatwelve.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*