Beda Transaksi di E-Commerce dan Sosial Media,Toko Online Laris dan Terhindar dari Penipuan

Teknologi untuk Penjual dari Desa

BERDESA.COM – Sosial media sudah menjadi tempat bagi belanja online maupun menggelar dagangan atau semacam toko online. Jaringannya yang meluas dan banyaknya pengguna sosial media seperti Facebook dan Instagram membuat platform ini banyak diminati orang untuk berjualan. Tetapi sesungguhnya menggelar dagangan melalui E-Commerce lebih aman dan menarik. Apa saja perbedaannya?

Siapa yang tak memiliksi Facebook atau Instagram atau sosial media lainnya hari ini? Dan tak perlu kaget jika akun facebook Anda dipenuhi orang berdagang aneka rupa produk mulai makanan hingga jualan mobil, mulai hijab hingga rumah. Faktanya, jualan melalui cara ini memang ajaib, membuat orang kedatangan pembeli dan tak perlu sewa ruko atau warung yang bisa menguras dompet itu. Tapi hati-hati karena bertransaksi di sosial media mensyaratkan kepercayaan tingkat tinggi. Soalnya, banyak orang kena tipu ketika belanja online mengunakan sosial media ini. Apa pasal?

usahadesa.com

usahadesa.com : jual barang dari desamu di sini.

Banyak kasus yang menyebutkan, pembeli tidak mendapatkan barang sesuai promosi. Masih mending, bahkan banyak orang tidak mendapatkan barang sama sekali padahal sudah terlanjur transfer. Hasilnya, duit tak bisa kembali dan hanya penyesalan yang terjadi. Jangan sampai ini terjadi. Bagaimana dengan E-Commerce?

E-Commerce memang dirancang sebagai situs jual-beli. Ada berderet-deret perusahaan E-Commerce sekarang ini. E-Commerce jauh lebih aman sebagai toko online atau belanja online. Soalnya, E-Commerce memiliki sistem yang mampu melindungi pembeli dari praktik kejahatan. Salahsatunya karena menjalankan rekening bersama.

Cara kerja rekening bersama adalah, jika seseorang tertarik sebuah produk dan memutuskan membeli lalu mentransfer uang, maka uang itu akan tersimpan di rekening bersama yakni sebuah layanan yang akan menyimpan uang Anda hingga Anda menerima barang yang Anda beli dan menyatakan barang telah sesuai yang Anda pesan. Uang Anda bakal kembali jika barang yang Anda terima tidak sesuai dengan pilihan Anda ketika belanja online. Sebaliknya, barang yang Anda jual tak perlu dikirimkan jika si pembeli dalam jangka waktu yang telah ditetapkan tidak melakukan pembayaran. Jika barang sudah diterima pembeli atau sesuai jangka waktu ditetapkan, uang tinggal dicairkan penjual dari rekening bersama itu.

Kelebihan E-Commerce lainnya adalah karena ini adalah toko online, maka website ini memang dibuka orang yang berniat membeli sesuatu atau paling tidak sedang survai mengenai beberapa produk yang sedang diincarnya. Tapi jangan salah, orang-orang yang datang menengok E-Commerce adalah orang-orang yang jeli membandingkan harga sebuah barang di sebuah toko online dengan toko online lainnya. Maka persaingan harga sangat penting diperhatikan para penjual di sini.

Kehebatan E-Commerce lainnya adalah memiliki kemampuan tracking atau monitoring otomatis terhadap perjalanan produk dari mulai pengiriman hingga sampai ke tangan pembeli. Soalnya, E-Commerce sudah bekerjasama dengan jasa pengiriman dalam menjalankan bisnisnya sehingga urusan pengiriman menjadi aman.

Lainnya, E-Commerce juga melakukan kontrol terhadap para penjual yang memajang produk di website-nya. Para penjual yang mengecewakan pembeli seperti menolak pesanan, mengirim barang yang tidak sesuai pesanan, kelamaan pengiriman dan sebagainya, bakal mendapat poin negatif dan jika pelanggaran aturannya berat bisa bakal kena delete alias dihapus dari daftar penjual. Cara ini membuat E-Commerce benar-benar hanya memajang produk yang berkualitas dan pembeli yang profesional. Sehingga kemungkinan kejahatan di E-Commerce bakal terus terkurangi.

Satu lagi, E-Commerce adalah peluang yang luar biasa bagi produk-produk desa dan UMKM bisa memasuki pasar yang luas tak terbatas karena menjual di E-Commerce bakal memotong biaya promosi secara besar-besaran.

Maka sebaiknya Anda menggabungkan dua kekuatan online ini. Anda pajang produk di E-Commerce dan melakukan transaksi yang aman di sana tetapi melakukan promosi juga dengan sosial media. Dua cara ini dijamin bakal membuat toko online Anda ta hanya efetif meraih pembeli tetapi juga aman dalam transaksi. Jadi, tunggu apa lagi, ayo menjual lewat online dan belanja online produk-produk Indonesia. (dji-1)

photo_utama: digitalinasia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*