Tips Sederhana Berbisnis Tanaman Hias di Desa

0
456

Memiliki bisnis tanaman hias menjadi sebuah bisnis yang paling menguntungkan. Karena bisnis ini bisa menjadi bisnis yang sangat potensial dimasa yang akan datang. Jika Anda ingin menekuni bisnis ini tentunya Anda harus mengerti dan mempelajari tentang seluk beluk bisnis ini.

Bagi Anda yang hobi bercocok tanam, seperti merawat dan memelihara tanaman, tentunya berbisnis tanaman hias akan menjadi lahan bisnis yang akan mendatangkan keuntungan bagi Anda. Terlebih lagi jika Anda tinggal di dataran tinggi dengan udara sejuk, bisnis ini juga akan cocok sebagai peluang usaha desa Anda.

Konsumen dari bisnis tanaman hias semakin tinggi dari waktu ke waktu. Umumnya, mereka menginginkan agar tampilan rumah mereka menjadi cantik, indah dan menarik sehingga mereka memerlukan tanaman hias sebagai penunjang penampilan rumah mereka.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis tanaman hias ini, berikut tips-tips sederhana yang bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis ini:

Memiliki Cukup Pengetahuan Mengenai Tanaman Hias

Jika Anda sama sekali tidak mengetahui pengetahuan mengenai tanaman hias, Anda tentu akan kesulitan dalam memulai bisnis ini. Untuk memulai bisnis apapaun itu, alangkah baiknya Anda mempunyai pengetahuan dasar yang cukup dan mumpuni tentang bisnis tersebut.

Baca Juga  Ide Bisnis Unik di Desa 2019 Yang Patut untuk Di Coba

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan dasar yang mumpuni, kemungkinan tanaman hias yang akan Anda jual akan layu atau bahkan mati bahkan sebelum tanamannya terjual. Oleh karena itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang tanaman hias seperti sistem perawatan, cara menambah jumlah bunga agar lebih indah dan sebagainya.

Informasi ini bisa Anda cari lewat internet atau mungkin Anda dapat menanyakannya kepada teman atau kerabat yang sudah berpengalaman dalam bisnis ini. Anda akan merasa lebih mudah dalam menjalankan bisnis ini dengan pengetahuan cukup yang telah Anda dapatkan.

Menentukan Jenis Tanaman Hias

Selain memiliki pengetahuan dasar tentang cara merawat tanaman hias, Anda juga perlu melakukan survey untuk mengetahui tanaman hias apa saja yang sedang digemari oleh masyarakat saat ini. Hal itu tentunya akan menambah keuntungan Anda.

Lokasi Tempat Usaha

Anda harus memilih tempat untuk bisnis tanaman hias ini dengan lokasi yang strategis. Misalnya ditempat ramai seperti dipinggir jalan raya. Hal itu akan membuat lebih banyak konsumen yang datang. Jika belum memiliki modal untuk menyewa lahan atau toko, Anda bisa menggunakan halaman rumah Anda sebagai lokasi tempat usaha.

Baca Juga  Inilah Peluang Usaha di Desa dengan Keuntungan yang Menjanjikan dan Modal Relatif Kecil     

Tak hanya itu, Anda juga harus selalu menjaga kebersihan dari tempat bisnis Anda sehingga lebih sedap dipandang oleh konsumen serta selalu menjaga kualitas dan variasi dari tanaman hias.

Faktor Keamanan

Akan selalu ada tangan-tangan jahil yang dapat mengganggu jalannya bisnis ini. Dari yang merusak tanaman bahkan hingga mencurinya. Oleh sebab itu, Anda harus ekstra hati-hati dan selalu waspada.

Pantau selalu keamanan lokasi bisnis Anda tidak hanya dimalam hari, namun siang, pagi atau sore juga perlu. Jika bisnis Anda ini sudah besar, Anda bisa menyewa jasa keamanan untuk menjaga toko Anda sekaligus bisa menjadi pekerja bagi Anda.

Sarana dan Prasarana

Anda juga harus memikirkan sarana dan prasarana untuk ruang display taman, ruang untuk bibit tanaman hias, ruang untuk menyimpan tanaman, ruang budidaya tanaman hias hingga ruang untuk parkir dan ruang tunggu sehingga konsumen bisa nyaman berada di toko Anda

Pemasaran dan Promosi

Ini menjadi faktor yang tidak kalah pentingnya. Karena dengan adanya pemasaran dan promosi yang bagus akan membuat bisnis tanaman hias Anda menjadi lebih dikenal oleh banyak orang.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Membuka Counter yang Mudah dijalankan          

Ketika Anda melakukan promosi, berikan juga informasi mengenai lokasi bisnis Anda, jenis tanaman apa saja yang Anda jual, serta harga untuk tiap tanman yang Anda jual tersebut. Anda bisa melakukan promosi dengan cara menyebar brosur lewat online ataupun offline.

Salah satu cara paling efektif untuk promosi adalah dengan mengikuti berbagai pameran tanaman hias. Nah itu tadi adalah beberapa tips sederhana bagi Anda yang ingin memulai bisnis tanaman hias ini. Bisnis ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu peluang usaha desa yang akan membantu dalam menunjang perekonomian desa Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here