Tips Pemasaran Produk Melalui Facebook

0
1491

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan. Di Indonesia saja, pengguna facebook mencapai angka 50 juta orang. Hal itu tentu bisa menjadi potensi pasar bagi para pelaku usaha.

Beragam pengalaman membuktikan tidak sedikit pelaku usaha yang dulunya hanya bermula dari bisnis kecil kini telah berkembang besar karena menggunakan sosial media, khususnya facebook sebagai sarana promosi online. Hal itu menunjukkan bahwa ada manfaat besar bagi pelaku usaha apabila menggunakan facebook sebagai sarana promosi online.

Adapun beragam cara mempromosikan produk melalui facebook, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membuat Fanpage

Fitur fanpage berbeda dengan akun facebook, yakni jika jumlah pertemanan di akun facebook terbatas, justru jumlah penyuka (likers) di fanpage tidak terbatas. Setelah membuat fanpage, lalu melengkapi halaman fan page secara detail. Misalnya membuat logo, deskripsi perusahaan, gambar, produk maupun jasa yang ditawarkan.

  1. Share

Pelaku usaha dapat melakukan share dengan cara mengupdate secara regular fanpage yang dikelolanya. Semakin rajin mengupdate maka semakin besar pula fanpage di like maupun di share lagi. Pelaku usaha juga dapat membagi konten yang mengundang dan kemudian di share kembali. Fanpage yang baik merupakan fanpage yang mempunyai comment serta like yang banyak.

  1. Selalu Memperhatikan Konsumen

Fanpage di facebook sangat berguna untuk mengetahui seberapa besar perhatian yang diberikan oleh konsumen terhadap bisnis yang dijalankan. Apakah respon yang mereka berikan cukup baik atau justru sebaliknya yaitu buruk. Jadi pelaku usaha haru selalu memperhatikan tingkah laku konsumen yang ada di facebook. Saat pelaku usaha memposting produk dan ada komentar yang menanyakan produk maka pelaku usaha harus segera membalas komentar tersebut.

Baca Juga  Enam Hal Penting Agar Tak Tertipu Ketika Belanja Online

Dengan demikian, secara tidak langsung pelaku mendapat suatu masukan untuk kegiatan usahnya tanpa perlu membuat kotak saran. Selain cara tersebut, pelaku usaha juga dapat menggunakan tools dari facebook, misalnya saja “Build Audience” atau statistic yang ada di fanpage tersebut agar bisa melihat rata-rata likes dari para konsumennya.

  1. Menggunakan Facebook Ads

Salah satu cara agar mendapatkan like yang banyak dari para konsumen, pelaku usaha bisa menggunakan Facebook Ads. Lalu, keunggulan apa yang ditawarkan oleh facebook ads? Facebook memiliki cara tersendiri untuk memilih para konsumennya. Sehingga, penggunaan facebook ads disini sangat membantu para pelaku usaha dalam mendapatkan calon konsumen sebanyak-banyaknya.

Baca juga : Sosial Media Paling Populer Kalangan Anak Muda

Pasar Pertanian Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here