Tips Murah Nikmati Keindahan Yogyakarta

Tips Murah Nikmati Keindahan Yogyakarta

BERDESA.COM – Tak berlebihan jika Yogyakarta disebut surganya para wisatawan. Berbagai tempat menarik ada di Kota Gudeg ini dengan macam-macam menu berbeda yang bisa bebas dinikmati, dari yang mainstream sampai yang mblusuk, dari Pantai Indrayanti sampai ke Puncak Plawangan dan dari wisata belanja di Malioboro hingga menyelami kegelapan di Goa Pindul.

Sayangnya, tak semua tempat itu bersahabat dengan kantong wisatawan. Sistem transportasi umum yang belum berkembang dengan cukup baik menjadi salah satu penyebabnya. Terutama, bila ingin mengunjungi tempat-tempat yang mblusuk atau terletak jauh dari pusat kota. Beberapa lokasi wisata seperti pantai-pantai di Gunungkidul hanya bisa diakses dengan mobil atau motor sewaan, yang tentunya cukup memberatkan kantong. Lantas, bagaimana caranya untuk menikmati Yogyakarta tanpa harus merogoh kocek yang dalam? Simak beberapa pilihan moda transportasi khusus backpacker yang bisa digunakan di bawah ini:

1) Jalan Kaki

Biaya: Gratis.

Selain gratis, berjalan kaki juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, terutama para backpacker yang sedang diet. Alternatif transportasi ini pun lebih ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi. Dan yang terpenting adalah kita tak perlu pusing mencari tempat untuk parkir kendaraan. Hanya saja, jika tidak terbiasa berjalan jauh, siapkanlah minyak urut untuk mengatasi pegal-pegal di malam hari.

2) Transjogja dan Bus Kota

Biaya: Rp 3.600/orang/satu kali perjalanan (Trans Jogja), Rp 4.000 – Rp 7.000/orang (Bus Kota)

Untuk lokasi wisata yang terletak agak jauh dari pusat kota, kita bisa mengandalkan moda transportasi umum yang tersedia di Jogja, yakni Trans Jogja dan bus kota. Dengan menggunakan Trans Jogja, kita bisa berkeliling Jogja dan turun di tempat-tempat wisata seperti Monumen Jogja Kembali, Pura Pakualaman, berbagai area kuliner dalam kota, hingga Candi Prambanan. Bila disambung dengan menggunakan bus kota, kita bisa mengunjungi lokasi wisata yang lebih jauh seperti Parangtritis dan Borobudur. Dengan kedua angkutan ini, semua tempat di atas bisa dilakukan hanya dengan merogoh kocek kurang dari Rp 10.000/orang, cukup murah kan?

3) Sewa Sepeda

Biaya: Rp 15.000/hari

Kota ini memiliki cukup banyak fasilitas yang bisa memanjakan para bikepacking alias backpacker bersepeda, seperti jalur khusus, papan penanda jalur alternatif, ruang tunggu khusus di tiap lampu merah, hingga rak parkir yang tersedia di beberapa tempat. Dengan menggunakan sepeda, kita bisa mengunjungi l

4) Sewa Kendaraan Bermotor

Biaya: sekitar Rp 15.000/orang untuk motor dan Rp 40.000/orang untuk mobil (belum termasuk supir dan bensin)

Harga sewa kendaraan bisa dibagi sesuai dengan jumlah orang yang ikut, semakin banyak semakin baik! Misalnya, harga sewa mobil Toyota Avanza Rp 300.000/24 jam bisa dibagi 7 – 8 orang sesuai dengan kapasistas mobil tersebut, sehingga masing-masing orang hanya perlu membayar kurang dari Rp 40.000.(bd03)

Tips : Merintis Pendirian Desa Wisata

Baca juga : Potensi BUMDesa Kelola Wisata Alam
Pendamping Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*