Tips dan Trik Membuka Usaha Toko Alat Listrik

0
3351

Membuka usaha toko alat listrik memang merupakan pilihan yang tepat. Bukan tanpa sebab, kelistrikan memang hampir sama halnya dengan perihal air dalam rumah tangga, dimana merupakan kebutuhan pokok yang cukup krusial dan wajib terpenuhi dengan baik. Namun bagaimana jika kebutuhan akan hal tersebut terganggu seperti adanya kerusakan listrik atau perangkat listrik lainnya?

Tentu hal tersebut dapat mengganggu mobilitas dan keseharian anda bukan? Dan jika hal tersebut terjadi, apa yang akan anda lakukan? Fix it right away bukan? Memperbaikinya secepat mungkin. Oleh karena itu, membuka usaha toko alat listrik dapat menjadi hal yang boleh dipertimbangkan lho.

Nah berbicara soal toko alat listrik, apa sih yang anda ketahui tentang peluang usaha desa yang satu ini selain merupakan toko yang menjual kebutuhan yang dapat dibilang pokok? Nah kita tidak akan membahas soal permodalan disini karena kita sudah pernah membahas seputar permodalan toko alat listrik pada artikel sebelumnya. Kali ini kita akan membahas seputar tips n trik yang dapat kita coba dalam menjalankan peluang usaha desa yang satu ini. Mau tahu apa saja tipsnya?

Baca Juga  Peluang Usaha Kerjasama Tanpa Modal yang Wajib Anda Coba

1. Kerjasama dengan supplier perlu dijaga dengan baik

Menjaga hubungan dengan supplier merupakan hal yang perlu menjadi perhatian. Hubungan anda dengan supplier alat-alat kelistrikan perlu dijaga dengan baik agar anda juga dapat dengan mudah mendapatkan apa yang anda butuhkan jika stok habis atau ada kebutuhan mendesak yang memang tidak tersedia di toko kelistrikan anda. Menjalin hubungan yang baik dengan supplier juga dapat memberikan anda keuntungan lainnya macam potongan harga mungkin, atau endorsement untuk banner dan lain sebagainya.

2. Stok barang seperlunya untuk varian tertentu

Jadi anda tidak perlu melakukan stocking barang yang sama dalam jumlah yang terlalu besar. Yang perlu anda tanamkan adalah “sedikit tapi komplit”. Mengapa? Karena tidak seperti sembako yang perputarannya cepat, alat-alat kelistrikan memang banyak dibutuhkan namun, pada saat-saat tertentu. Tidak perlu menyetok satu barang dengan jumlah yang terlalu banyak.

Anda dapat memanfaatkan modal yang ada untuk melengkapi toko anda dengan menambah varian barang yang lebih banyak ditawarkan di toko anda. Akan lebih baik seperti itu karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya, peluang usaha desa yang satu ini memang banyak dicari dan dibutuhkan, namun pada waktu-waktu tertentu saja (read: tidak setiap hari).

Baca Juga  Peluang Usaha Distribusi, Cara Jitu Menjadi Orang Kaya Baru

3. Jika dirumah tamu adalah raja, di toko “pembeli adalah raja”

Pelayanan yang utama. Jika anda mempekerjakan karyawan untuk menjaga toko anda tersebut, usahakan terapkan SOP macam-macam seperti senyum dulu, baru tanya kebutuhannya atau apa yang dicari-cari. Terkadang mau selengkap apapun toko kelistrikan tersebut, jika yang melayani jutek dan pasang tampang gahar, tentu orang juga akan malas untuk datang kembali ke toko anda bukan? Nah hal ini perlu dihindari, jadi perlakukanlah pembeli seperti raja.

4. Lengkap dan akurat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa lebih baik sedikit tapi bervariasi alias lengkap daripada banyak namun barang yang tersedia kurang lengkap. Konsumen terkadang mencari apa yang tidak ada, nah ketika anda menemukan kasus macam tersebut gunakan sebagai bahan informasi untuk membeli peralatan kelistrikan yang memang belum ada di toko anda.

5. Harga miring

Jika anda sudah dapat menjalankan beberapa tips sebelumnya, memberikan harga miring  pada konsumen bukan merupakan hal yang sulit dilakukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa jika kita di posisi konsumen, selain kualitas yang kita cari, tentu harga juga jadi penentu bukan? Lebih murah lebih banyak dicari biasanya. Anda dapat mensiasati hal ini dengan mengkomunikasikannya dengan supplier anda. Jika anda berhasil mendapatkan harga yang lebih murah, tentu anda dapat menjualnya kembali dengan harga yang miring pada konsumen bukan?

Baca Juga  Peluang Usaha Kecil Menengah di Desa, Si Kecil Yang Bisa Jadi Raksasa

Nah itu tadi beberapa tips n trik dalam menjalankan peluang usaha desa toko alat listrik. Usaha toko alat listrik ini dapat lebih berkembang jika anda memiliki lokasi yang strategis. Lokasi juga berperan penting dalam peluang usaha desa yang satu ini. Jadi, selamat mencoba! Semoga anda mendapatkan hasil yang anda impikan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here