Tinggal di Desa, Bingung Mau Usaha Apa? Coba Cek Usaha Satu Ini!

0
10054
Kesempatan Pelatihan UKM di Desa Terbaik

Membuka bisnis baik di desa maupun di kota kini sama saja. Dimanapun, asal kita tekun dan bersemangat dalam menjalaninya, tentu akan profit juga. Berbicara soal bisnis di desa vs di kota, ada sedikit perbedaan memang. Jika di kota, bisnis yang mungkin akan hype dan booming adalah sesuatu hal yang baru atau hal-hal yang berbau kepraktisan dalam mengaksesnya karena warga kota biasanya lebih konsumtif dan menyukai segala hal yang bersifat praktis dan mudah. Hal ini tidak mengherankan karena warga di kota biasanya sudah lelah bekerja dan menghabiskan hari-harinya untuk bekerja, sehingga tak jarang mereka lebih suka menghabiskan uang yang lebih banyak namun memberikan kemudahan bagi mereka.

Hal ini berbeda dengan masyarakat di pedesaan yang masih lebih conservative. Warga desa biasanya lebih suka melakukaan apa-apa sendiri, sehingga bisnis yang cocok untuk kita coba ya bisnis-bisnis yang memang banyak dibutuhkan di desa seperti usaha budidaya ikan, bercocok tanam, beternak, dll. Berbicara soal bisnis di desa, mata pencaharian utama masyarakat desa yang kebanyakan masih berputar di sektor-sektor tersebut diatas bisa nih kita manfaatkan sebagai peluang usaha baru.

Baca Juga  Peluang Usaha Makanan di Desa Nan Menggiurkan

Salah satu bisnis yang bisa kita coba di desa adalah bisnis toko pakan ternak. Terdengar menjanjikan bukan? Nah bisnis yang satu ini memang sangat cocok dibuka di desa apalagi jika di desa Anda masih banyak warga yang memelihara hewan ternak sebagai mata pencahariannya. Nah untuk mengawali bisnis ini kita tidak perlu bingung karena gambaran rincian modal yang akan kita keluarkan kira-kira sebesar:

Kebutuhan Estimasi Biaya
Belanja bahan baku Rp. 5.000.000
Biaya Telepon dan Listrik Rp. 200.000
Gaji Karyawan Rp. 1.000.000
Biaya Tak Terduga Rp. 300.000
TOTAL BIAYA Rp. 6.500.000

 

Dengan modal dibawah Rp. 10 juta kita sudah bisa membuka usaha pakan ternak di rumah. Usaha ini memang membutuhkan proses untuk mendapatkan pelanggan tetap, namun, jangan berkecil hati dan patah semangat karena jika memang usaha yang kita jalankan merupakan satu-satunya di desa, hal ini akan sangat menguntungkan bagi kita. Kalaupun kita bukan satu-satunya yang ada di desa, kita bisa melakukan survey terlebih dahulu soal harga ke pesaing kita.

Baca Juga  Peluang Usaha Dagang di Desa Yang Sangat Menjanjikan

Jangan ragu untuk membuka bisnis prospektif ini di desa karena gambaran keuntungan yang bisa kita peroleh katakanlah jika perharinya kita bisa mendapatkan omset kotor sebesar Rp. 200.000 saja, dalam sebulan kita bisa mengantongi sebesar Rp. 200.000 x 30 = Rp. 6.000.000. Mantap bukan? Presentase kita untuk balik modal dalam waktu yang cepat juga cukup besar.

Ada beberapa tips yang mungkin dapat Anda pertimbangkan dalam menjalankan peluang usaha ini seperti:

1. Promosi itu penting

Toko pakan ternak kita perlu dilihat dan didengar oleh banyak orang, oleh karenanya, kita perlu menjalankan promosi yang mantap. Tidak hanya dari mulut ke mulut, namun kita bisa lho mempromosikan bisnis ini dalam bentuk banner dll untuk dipasang di tempat-tempat strategis di sekitar Anda.

2. Mau bisnis ini berlangsung lama? Tingkatkan pelayanan

Karena bisnis ini erat kaitannya dengan bagaimana caranya mempertahankan konsumen lama untuk kemudian menjadi pelanggan tetap kita, pelayanan menjadi salah satu yang perlu diutamakan. Jika pelayanan yang kita berikan ramah, cepat dan menyenangkan tidak hanya pelanggan lama yang datang kembali namun juga pelanggan baru.

Baca Juga  Peluang Usaha Petanian di Desa, Bisa Jadi Bisnis Masa Depan

3. Cari supplier langsung

Untuk stok barang, kita perlu mencari supplier yang memang memproduksi langsung, agar kita menjadi tangan pertama setelah supplier. Hal ini dapat kita lakukan untuk mendongkrak keuntungan usaha pakan ternak ini. Selain itu, cari lah supplier yang menawarkan kualitas barang yang bagus. Kenapa bukan yang murah? Jika memang ada yang berkualitas dengan harga yang murah itu sah-sah saja. Namun, jika memang tidak ada yang murah, carilah yang berkualitas. Hal ini akan memudahkan Anda mendapatkan pelanggan.

Nah itu tadi seputar peluang bisnis pakan ternak yang mungkin bisa Anda jadikan referensi untuk membuka usaha baru di desa. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda sedikit informasi dan inspirasi mengenai peluang usaha desa. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here