Tiga Tujuan Perencanaan Usaha

Tiga Tujuan Perencanaan Usaha

 Sebuah perencanaan usaha sangat diperlukan untuk memberikan kepastian langkah-langkah yang hendak ditempuh oleh perusahaan. Selain itu, perencanaan usaha juga memberikan motivasi berupa dorongan kepada setiap elemen yang ada di dalam perusahaan untuk selalu fokus dan perhatian terhadap tujuan perusahaan dan yang tak kalah penting adalah datangnya para investor atau pemberi modal dana untuk kemajuan usaha Anda.

Sebuah perencanaan usaha tentu saja harus mempunyai tujuan. Karena perencanaan usaha harus mampu menjawab pertanyaan “Where I am now?”, “Where am I going?”, dan “How will I got there?” Sebuah perencanaan usaha paling tidak mempunyai tiga tujuan utama, yakni:

  1. Sebagai Rencana Aksi
  2. Sebagai Peta Jalan
  3. SebagaiAlat Penjualan
  1. Sebagai Rencana Aksi

Sebuah perencanaan usaha akan membantu untuk bergerak dan mengambil tindakan bisnis. Mungkin Anda sudah sering bahkan terlalu lama memikirkan untuk memulai sebuah usaha, tapi prosesnya tampak seperti sesuatu yang ‘menakutkan’ dan terlalu rumit.

Dengan adanya sebuah perencanaan usaha, diharapkan dapat membantu untuk memilah-milah proses yang terlihat rumit tersebut ke dalam bagian-bagian kecil yang lebih jelas. Dengan demikian sebuah masalah besar dapat dilihat sebagai masalah-masalah kecil yang berurutan. Dan dengan memecahkan masalah-masalah kecil tersebut satu-persatu, maka secara otomatis masalah besar tersebut ikut terpecahkan.

Jadi, membuat sebuah perencanaan usaha akan membantu mengambil tindakan bisnis dengan membagi masalah besar yang terlihat kompleks ke dalam masalah-masalah kecil yang jelas dan tidak terlalu rumit.

  1. Sebagai Peta Jalan

Ketika memulai sebuah usaha, perencanaan usaha akan menjadi alat yang sangat vital dan berguna bagi keberlangsungan usaha agar tetap berada pada arah yang diinginkan.

Dalam kegiatan bisnis yang penuh lika-liku dan hiruk-pikuk, sangat mudah bagi para pelaku usaha untuk kehilangan arah usaha untuk mencapai tujuan yang ingin dicapainya. Untuk itulah mengapa sebuah perencanaan usaha sangat diperlukan untuk membantu tetap fokus dalam arah usaha yang diinginkan dan untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan. Juga perencanaan usaha akan membantu pihak lain untuk memahami visi usaha yang sedang dijalankan, termasuk supplier, produsen, pekerja, rekan bisnis, teman dan lainnya.

  1. Sebagai Alat Penjualan

Mungkin hal yang paling penting dari sebuah perencanaan usaha adalah itu bisa merupakan sebuah alat bantu penjualan, sehingga sebuah perencanaan usaha merupakan alat yang dapat dipergunakan untuk meyakinkan para investor untuk menempatkan investasinya di usaha tersebut.

Sebuah perencanaan usaha yang baik akan mendekatkan pengelola usaha dengan pihak-pihak yang melihat bahwa ide bisnis yang ditawarkan akan menciptakan sebuah relasi yang saling menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*