Tiga Langkah Strategi Pemasaran Bagi Produk Premium Ala Apple

Tiga Langkah Strategi Pemasaran Bagi Produk Premium Ala Apple

BERDESA.COM – Siapa yang tidak kenal Iphone, handphone yang dijuluki gadget paling hebat di dunia tetapi harganya selangit itu? Tapi kenapa dengan harga begitu mahal Iphone menjadi impian semua orang. Strategi pemasaran apa yang digunakan perusahaan itu sehingga bisa membuat semua orang kepincut setengah mati ingin memiliki Iphone. Berikut ini beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang dulu dipimpin Steve Jobs:

  1. Menjual Keunikan

Jika perusahaan lain bersaing mati-matian satu sama lain dalam menjual produk smartphone, tidak demikian dengan Apple. Perusahaan penjual Iphone ini memilih jalur menjadi sebuah produk yang menawarkan keunikan bagi penggunanya yang tidak atau belum ditawarkan produk lainnya. Alhasil, Iphone selalu menyodorkan keunggulan-keunggulan bagi setiap pemakainya. Dengan menjual keunikannya dan segi kualitas yang tak terkalahkan itulah Iphone lalu menempatkan produknya sebagai produk premium dengan harga mahal. Hasilnya, kehadiran produk Apple salahsatunya Iphone, selalu ditunggu dengan gegap-gempita oleh para penggemarnya meski untuk menebusnya harus merogoh kocek begitu dalam.

  1. Memberikan pengalaman berbeda

Apple adalah perusahaan yang super kreatif dalam urusan strategi pemasaran dan memikat pengguna. Iklan-iklan yang lahir dari perusahaan ini selalu menyajikan suguhan berbeda yang membuat para penggunanya merasa memiliki ikatan kuat dengan produknya. Apple juga menggelar beragam even yang melibatkan para penggunanya sehingga para penggunanya merasa sangat dihargai.

Appel juga mengembangkan poros digital yang mampu membangun sistem bertautan antar produk yang dilahirkannya dengan sistem koneksitas berkualitas unggul dan sangat mudah digunakan jika Anda adalah pengguna produk-produk Apple.  Alhasil, menggunakan produk Apple akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi siapapun karena terciptanya kebanggaan dan keunikan dibanding para pengguna gadget merek lain.

  1. Membangun Misteri

Pada ranah bisnis smartphone, apa yang lebih rahasia selain isu-isu seputar produk barunya Apple. Setiap kali muncul isu Apple bakal menelurkan produk baru, misalnya Iphone seri 8, beragam spekulasi dan dugaan segera bertebaran di internet. Tema mengenai seperti apa kira-kira hebatnya produk Apple yang baru adalah tema yang sangat banyak memikat orang.

Uniknya, di sisi yang lain, Apple adalah perusahaan yang membuktikan dirinya selalu mampu membungkam mulut semua orang yang bekerja pada perusahaannya untuk tidak bercerita secuilpun kepada siapapun mengenai produk baru yang sedang mereka rancang. Tak pelak, isu mengenai produk Apple bak misteri yang akan menggoda setiap orang untuk mengembangkan fantasinya sendiri mengenai produk unggul yang mereka harapkan.

Faktaya Apple selalu mampu menciptakan tren baru mulai dari disain produknya yang menjadi kiblat hampir seluruh vendor yang lain. Bukan hanya itu Apple juga memimpin ide mengenai hal-hal yang baru seperti menghilangkan lubang untuk jack headset yang belum dilakukan pabrikan lainnya.

Beberapa strategi pemasaran di atas sebenarnya juga bisa diterapkan oleh Anda untuk membangun branding produk yang Anda buat. Hanya saja strategi pemasaran seperti ini hanya berlaku bagi produk-produk yang memang memiliki keunggulan khusus yang benar-benar beda dnegan produk serupa yang dihasilkan perusahaan lain. Tetapi jika Anda ingin menjadi top leader di pasaran, bukankah Anda harus melahirkan produk yang handal? Jadi, kenapa tidak mencobanya? (aryadji/berdesa)

Foto: www.google.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*