Tiga Kunci Presentasi Hebat Bagi Perusahaan Rintisan untuk Memikat Investor

Tiga Kunci Presentasi Hebat Bagi Perusahaan Rintisan untuk Memikat Investor

BERDESA.COM – Salahsatu kunci keberhasilan sebuah perusahaan rintisan alias start up mendapatan kepercayaan investor dan berhasil mengucurkan investasi adalah kemampuan presentasi yang memikat hati. Bukan rahasia lagi ada sederet perusahaan rintisan yang sesungguhnya memiliki potensi yang hebat namun gagal mendapatkan investasi karena pengelola usaha tidak mampu merumuskan materi presentasi yang mumpuni.

Beberapa orang, arena berhasrat ingin menampilkan materi presentasi yang hebat, justru terjebak pada cerita mengenai sejarah perusahaan misalnya, sudah jelas itu bukannya menarik investor melainkan bakal membuat bosan para peserta presentasi yang sudah meluangkan waktunya yang mahal itu.

Lebih dari itu, bahkan dengan teknik presentasi yang baik, seorang presentator tidak hanya akan menarik minat para investor saja melainkan akan membuat investor merasa perlu mempedulikan perusahaan Anda dengan langkah yang jauh lebih serius sehingga mereka dengan suka cinta akan mendukung pendanaan kita.

Ada tiga langkah saja menciptkan presentasi yang unggul ini:

  1. Sodorkan Problem

Bisnis yang hebat adalah bisnis yang berangkat dari problem alias masalah dalam masyarakat. Maksudnya, bisnis itu memiliki pandangan yang jelas mengenai sebuah masalah yang terjadi pada masyarakat yang dijadikan ide utama bisnis itu. Tunjukkan pada investor masalah yang Anda rumuskan itu sebagai sebuah persoalan yang penting, terjadi dan butuh langkah-langkah khusus untuk membuat persoalan teratasi, itulah inti bisnis Anda.

  1. Munculkan Solusi

Perusahaan yang Anda serang jalankan adalah perusahaan yang sangat menguasai masalah itu dan memiliki solusi mengenai apa produk atau jasa apa yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah itu. Beberkan dengan detail ide mengenai produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda dan bagaimana produk itu bakal memecahkan persoalan masyarakat alias calon konsumen yang telah enanti produk itu.

Sebisa mungkin jelaskan soal produk yang Anda tawarkan dengan sedetail-detailnya untuk meyakinkan investor. Sebaiknya Anda juga menyiapkan materi tambahan untuk memberikan gambaran yang ebih detail dengan penjelasan mengenai omzet yang bisa tercipta, prediksi laba yang bisa diraih dengan hadirnya produk itu di tengah masyarakat, tingkat kebutuhan mereka, kapasitas produksi perusahaan dan sebagainya. Penjelasan seperti ini bakal membuat presentasi Anda komprehensif

  1. Harus Segera Beraksi

Anda telah menjelaskan persoalan utama yang menjadi ide bisnis perusahaan atau perusahaan rintisan Anda sekaligus solusi berupa produk yang bisa diwujudkan perusahaan Anda maka ajaklah investor berpikir untuk segera beraksi mewujudkan apa yang Anda jelaskan.

Pada bagian ini Anda sudah harus memiliki angka yang pasti mengenai kebutuhan perusahaan Anda akan investasi, prediksi rasional keuntungan yang akan diraih perusahaan maupun investor, model kerjasama yang ditawarkan dan jangka waktu investasi itu bakal balik modal dan sebagainya.

Tentu saja, jauh hari sebelum Anda beraksi di hadapan forum investor ini Anda harus sudah menguasai detail mengenai usaha yang Anda jalankan. Sangat mungkin investor akan bertanya berbagai hal secara detail karena mereka butuh keyakinan bahwa pengelola perusahaan yang mereka percayai adalah orang yang memiliki kemampuan menjalankan kepercayaan mereka. Selamat mencoba.(aryadji/berdesa)

Foto: www.ronapresentasi.com

cd desa wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*