Tiga Jenis Transaksi Belanja Online Indonesia

Tiga Jenis Transaksi Belanja Online Indonesia

BERDESA.COM – Semua orang ingin mencoba menjual atau belanja online. Tetapi melakukan transaksi di dunia maya sangat berbeda dengan dunia nyata. Maka Anda harus tahu beberapa jenis transaksi di dunia digital agar Anda bisa bertransaksi dengan nyaman baik sebagai penjual maupun pembeli.

Pengetahuan ini penting agar Anda terhindar dari langkah keliru sebelum belanja online atau menjual sesuatu secara online. Berikut ini tiga jenis transkasi yang umum digunakan di dalam transaksi belanja online di Indonesia selama ini:

Model Transfer Antar Bank

Ini adalah jenis transaksi yang paling umum dan paling banyak dilakukan di Indonesia. Soalnya cara ini yang paling sederhana dan paling gampang di chek oleh si penerima atau si penjual. Biasanya prosesnya adalah si pembeli melakukan transfer uang pada penjual lalu si penjual akan mengirimkan produk yang dibeli orang tersebut.

Kelemahan sistem ini adalah tidak adanya verifikasi mengenai identitas penjual dan hanya mensyaratkan kepercayaan yang tinggi antara dua belah pihak. Padahal bisa jadi nama yang digunakan dalam sosial media-pun bukan nama asli atau bukan identitas yang jelas. Maka seringkali ada kasus penipuan dengan model transaksi seperti ini. Agar tak termakan jebakan penipuan, sebaiknya calon pembeli mencari informasi mengenai profil si penjual. Lebih baik lagi jika kita bisa tahu track record si penjual pada transaksi-transaksi sebelumnya dari berbagai informasi di internet.

Cash on Delivery (COD)

Transaksi COD adalah transaksi yang mempertemukan antara penjual dan pembeli. Sistem kepercayaan dalam model transaksi ini jauh lebih kuat karena si penjual dan pembeli bertemu langsung dan bisa melakukan tawar-menawar. Si pembeli juga bisa memeriksa keadaan barang yang akan dibelinya. Biasanya model transkasi seperti ini digunakan oleh para penjual dan pembeli yang melakukan ual beli barang bekas.

Rekening Bersama (RekBer)

Inilah model transaksi yang dianggap paling aman dan sedang sangat peopuler dalam jagat belanja online saat ini. Rekening bersama atau sering disebut escrow adalah rekening yang disediakan toko online bekerjasama dengan lembaga keuangan yang telah dipercaya untuk mengelola rekening bersama ini.

Proses transaksi ini mengharuskan si pembeli mengirimkan uang kepada sebuah rekening bersama yang telah disediakan toko online atau perusahan e commerce bersangkutan dan memiliki reputasi yang sangat terpercaya. Setelah uang masuk, pihak rekening bersama akan memberitahu pada pemilik barang untuk mengirimkan barang atau produk toko online-nya. Setelah barang di terima konsumen dan sudah sesuai pesanan, pihak rekening bersama akan mengirimkan uang kepada pihak penjual.

Cara ini jauh lebih aman dibanding beberapa sistem lainnya karena si pembeli tidak akan kehilangan uang hingga menyatakan barang yang dikirim sudah sesuai pesanan sehingga pembeli masih bisa menarik uangnya kembali ketika barang yang dibelinya tidak sesuai dengan pesanan. Selamat belanja online! (dji-1)

foto: veryfund.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*