Tiga Hal Penting dalam Membangun Brand Produk UKM

0
923

BERDESA.COM – Maraknya penggunaan sosial media sesungguhnya memudahkan para pengusaha atau pelaku UKM membangun brand produk dengan lebih mudah. Brand yang kuat bakal membuat produk membangun fanatisme pada konsumen. Tetapi tetap butuh strategi marketing yang jitu dalam membangun brand produk.

Berikut ini tiga langkah penting yang harus dilakukan UKM untuk membangun brand produk menjadi ternama dan dipercaya:

  1. Memiliki visi dan menciptakan passion yang kuat

Media sosial dimanfaatkan dengan apik oleh Starbuck menjual brand-nya sebagai kedai kopi kelas internasional. Hasilnya, para pengunjung Starbuck bahkan dengan gembira sering mengirimkan foto-foto indah dan menarik berhubungan dengan aktivitas mereka dengan brand ini. Ini menandakan kuatnya hubungan Starbuck dengan para penyukanya. Perusahaan-perusahaan besar yang sadar pentingnya membangun brand juga membangun komunikasi yang inten dengan para konsumennya untuk membangun kesetiaan konsumen. Cara ini sangat efektif membangun kepercayaan konsumen terhadap produk dan perusahaan lebih mudah menjelaskan visi kuat mereka.

  1. Menciptakan Identitas yang Khas

Warung makan Super Sambal segera dikenal sebagai ‘SS’ adalah salahsatu warung makan yang sukses membangun brand sebagai warung makan yang menyajikan puluhan jenis sambal. Strategi ini fenomenal ini segera mengantarkan SS sebagai warung makan yang tak pernah sepi pengunjung. Sebagian besar warung SS bahkan selalu kebanjiran pengunjung sehingga banyak orang tidak kebagian tempat untuk menikmati hidangannya. Anehnya mereka rela mengantri demi mencicipi ragam sambal yang dimiliki warung ini.

  1. Membangun brand dengan terbuka
Baca Juga  Lima Medsos yang Hebat Menjual Produk UMKM

Demi membangun brand dan kepercayaan konsumen, beberapa rumah produksi bakpia di Yogyakarta menerapkan open kichen alias dapur terbuka yang memperlihatkan seluruh proses pembuatan bakpia yang dijualnya. Bukan itu saja, bahkan beberapa dari rumah produksi itu mengajak pengunjung untuk turut serta terjun ke dapur, diajari cara membuat kulit bakpia, membentuk bundaran berisi beragam isi dengan cita-rasa dan memasaknya secara langsung. Cara ini sangat efektif menciptakan kepercayaan pada konsumen bahwa produk itu sangat dekat dengan konsumennya dan memang diciptakan untuk mereka. Untuk memperkuat ikatan produk dengan konsumen, aktivitas seperti ini lantas diunggah ke media sosial sehingga bisa menimbulkan ikatan sosial yang lebih luas lagi.

Beberapa strategi pemasaran di atas menjadi perhatian penting banyak perusahaan saat ini termasuk para pelaku UKM. Soalnya, konsumen selalu menunggu inovasi yang baru dari para produsen. Selamat mencoba.(aryadji/berdesa)

Foto: www.hypestrategic.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here