Terobosan, Usdes Kerjasama dengan Danakoo Datangkan Investasi ke Desa

0
280

BERDESA.COM – Setelah berhasil melatih ratusan entrepreneur desa di seluruh Indonesia melalui berbagai pelatihan dan pendampingan, PT Usaha Desa Sejahtera (Usdes) yang dikenal luas sebagai www.berdesa.com, meluncurkan langkah anyar. Baru-baru ini perusahaan sosial bermarkas di Yogyakarta ini menandatagani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepemahaman dengan Fintech Danakoo untuk mendatangkan investasi di sektor pertanian dan peternakan.

Dengan penandatanganan MoU ini maka Usdes dan Danakoo akan bekerjasama untuk menggalang investasi bagi potensi desa khususnya dibidang pertanian dan peternakan di seluruh Indonesia. Ini adalah langkah lanjut dari Usdes dalam mendorong ekonomi desa-desa di Indonesia. Sebelum mendatangkan investasi ke desa, Usdes telah lebih dahulu menggelar berbagai pelatihan kewirausahaan pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Hasilnya, ratusan BUMDes berhasil merumuskan potensi asli desanya untuk digerakkan sebagai unit usaha.

Langkah berikutnya, Usdes menginventarisasi produk-produk unggulan perdesaan baik melalui BUMDes maupun UKM untuk dihubungkan dengan pasar yang lebih luas. Usdes membuka pandangan warga desa yang sebagian besar masih menjalankan kegiatan ekonominya secara domestic dan konvensional. Melalui jaringan berbasis internet, Usdes berhasil menghubungkan berbagai komoditas daerah pada perusahaan-perusahaan berskala industry mulai dari komoditi pertanian, peternakan dan perkebunan.

Baca Juga  Membangun BUMDes Kuat Perkasa

Kini, Usdes menjalankan proses ketiga yakni mendatangkan investasi ke desa. Untuk itulah Usdes bekerjasama dengan Fintech Danakoo, perusahaan berbasis syariah yang memiliki pergerakan berupa membantu berbagai pihak yang membutuhkan dana untuk bertemu dengan lembaga atau institusi atau perseorangan dan investor sehingga potensi usaha yang diajukan mendapatkan pendanaan. Lalu sebaliknya, Fintech Danakoo juga mempertemukan orang-orang atau lembaga yang memiliki investasi dana atau modal untuk mendapatkan potensi usaha yang menarik dibiayai.

Dalam menjalankan bisnisnya, Danakoo menawarkan berbagai kemudahan bagi siapapun untuk bis mendapatkan pendanaan dan sebaliknya. Caranya?  Anda hanya perlu mengisi beberapa form yang tersedia pada website danakoo.id maka perusahaan ini lalu akan melakukan verifikasi. Uniknya, proses ini bisa dilakukan dengan jauh lebih cepat dan sederhana sehingga berbeda dengan model pencarian dana konvensional yang butuh proses panjang untuk mencapai persetujuan pengucuran dana investasi.

Jangan kawatir pula, perusahaan yang juga menyediakan layanan pinjam-meminjam berbasis teknologi ini telah memiliki sistem yang tetap berpijak pada  prinsip kehati-hatian, keamanan, dan kerahasiaan informasi dan transaksi, serta memastikan kekuatan hukum yang mengikat para penggunanya.

Baca Juga  Lima Desa di kab. Lombok Utara dirikan DesaMart bersama Usahadesa

Kemudahan dan kekuatan jaringan digital yang ditawarkan Danakoo adalah salahsatu keunggulan yang sangat strategis bagi warga desa di manapu  untuk bisa menawarkan bebagai peluang investasi pada para calon investor yang dihimpun Danakoo. Soalnya selama ini, kendala terbesar bagi desa-desa di berbagai belahan wilayah nusantara adalah tidak memiliki akses pasar yang luas. Situasi itu tambah sulit bagi produk desa dan UKM untuk mendapatkan modal dan investasi karena sistem investasi yang berkembang saat ini menyulitkan mereka mendapatkan investasi untuk membesarkan usaha dan menjual komoditas mereka. Danakoo diharapkan akan menjadi terobosan dan menjawab kebutuhan investasi di daerah.(aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here