Tebing Breksi, Wisata Unik Bekas Tambang

0
2828
Tebing Breksi

Tebing Breksi – Tidak semua wisata itu hanya seputar wisata alam atau wisata kuliner saja, namun juga termasuk wisata fotogenik yang memberikan berbagai pengalaman atau spot untuk berfoto dan tentu saja diupload ke media sosial. Salah satunya yang sedang hits adalah Tebing Breksi yang berada di Jogjakarta.

Tebing Breksi berada di Jogjakarta yang tepatnya berada di Gunung Sari, Sambirejo di sekitar wilayah Prambanan. Tebing ini awalnya merupakan sebuah tambang. Bekas bekas galian tambang yang terlihat rapi ternyata malah tampak menarik di mata apalagi saat di kamera. Tak heran apabila lokasi ini menjadi lokasi wisata.

Untuk mencapai lokasi Tebing Breksi ini cukup mudah jika anda mengandalkan Google Maps, hanya saja untuk kendaraan yang harus anda gunakan perlulah dalam stamina baik. Medan yang menanti cukup terjal sehingga kendaraan besar seperti bus besar tidak mampu untuk sampai ke lokasi. Namun, untuk bus medium dijamin bisa.

Fasilitas yang ada di Tebing Breksi ini juga terbilang lengkap mulai dari tempat parkir yang luas dan dekat dengan lokasi serta berbagai penjual jajanan dan juga minuman yang sudah tertata rapi dan memiliki spot yang menarik untuk memandang pemandangan langit Jogja dan juga perumahan di Jogja dari atas.

Berdesa Tour

Berbicara dengan bekas tambang, lokasi ini dulunya adalah sebuah tambang batu kapur yang mana kapurnya berasal dari abu Gunung Api Purba Nglanggeran. Tebing Breksi kini sudah diresmikan sejak tahun 2015 lalu sebagai salah satu cagar budaya di Jogjakarta oleh Sri Sultan Hamengkubawana ke X.

Baca Juga  Candi Gedong Songo Semarang, Wisata Kembali Ke Alam

Bekas bekas galian batu kapur yang berdiri kokoh membentuk dinding dinding dengan tekstur cantik tersebut kini telah dipoles dengan berbagai ukiran seperti ukiran wayang. Alhasil pemandangan di sekitarnya menjadi lebih indah. Tak heran jika pengunjung utama lokasi ini adalah anak muda yang mencari spot foto unik.

Di antara tembok atau tebing bekas galian tambang, dibangun sebuah amphiteater yang dikelilingi oleh kursi kursi. Mungkin akan ada event yang bertempat di sini. Pasalnya, lokasi dari Tebing Breksi ini juga dekat dengan lokasi Istana Boko yang masih berada satu kompleks juga dengan Candi Prambanan yang berada di didekatnya.

Dari spot tertentu, pengunjung dari Tebing Breksi juga bisa menyaksikan Candi Ratu Boko atau istana Boko yang berlatar Gunung Merapi dan Merbabu yang Indah. Hanya saja untuk melihatnya, maka anda harus mencari waktu yang tepat agar cuaca cerah dan juga jarak pandang yang jauh.

Untuk waktu terbaiknya untuk kunjungan ke Tebing Breksi ini adalah saat menjelang sore atau malam. Pasalnya kamu juga bisa mengambil foto dari langit sore yang indah sebagai latar belakang dari bebatuan bebatuan bekas daya dan upaya manusia untuk memanfaatkan sumber daya alamnya.

Baca Juga  Dimana Alamat Pantai Parangtritis? Wisata Pantai Legendaris

Itulah beberapa hal seputar Tebing Breksi yang wajib anda ketahui sebelum menuju ke sana. Sebagai salah satu wisata foto, tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke tempat tersebut baik di hari pertama maupun di hari kedua. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kunungan wisatawan baik asing maupun luar negeri.

Apakah anda merupakan salah satu yang tertarik dengan wisata alam Jogja yakni geowisatanya. Semoga segera mendapatkan keterangan kapan anda dapat berlibur dan mengunjungi Tebing Breksi agar anda semakin hits dan kekinian, terutama untuk para panitia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here