Tak Perlu Susah Mencari Kerja, Peluang Usaha Desa ini Bisa Jadi Alternatif Penghasil Pundi Uang

0
729

Dewasa ini banyak sekali lulusan sekolah atau sarjana yang masih menganggur, karena bingung dan masih belum mendapatkan kerja meskipun sudah melamar ke beberapa perusahaan yang diinginkan. Tetapi peluang kerja bukan hanya terdapat di sebuah perusahaan atau bekerja menjadi pegawai dan karyawan. Tetapi pekerjaan juga bisa didapat dari membuat sebuah usaha, terlebih lagi jika di pedesaan yang sedikit sekali perusahaan tentu peluang usaha desa menjadi sarana untuk menyambung sebuah kesejahteraan.

Tentu saja jika ingin membuat peluang usaha desa, yang dibutuhkan adalah tekad yang kuat serta gigih, ulet dan juga berani untuk mengambil segala resiko. Hal tersebut karena jika menjadi pengusaha, otomatis kamu akan menjadi seorang Boss di sebuah usahamu tersebut dan kamu harus bisa mengelolanya dengan baik.

Tentu dalam mencari sebuah peluang usaha, harus melihat dari potensi desa yang masih belum dimiliki, karena dengan potensi yang belum ada itu peluang untuk mengisi potensi tersebut sangat terbuka lebar. Berikut adalah beberapa peluang usaha desa yang bisa diterapkan:

1. Pertamini

Pertamini atau pom bensin kecil adalah salah satu peluang usaha desa yang sangat menjanjikan, hal tersebut karena faktor di desa-desa yang masih belum begitu banyak terjamah oleh pom bensin dan biasanya pom bensin tersebut hanya ada di beberapa pusat kecamatan atau bahkan perkotaan saja.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Dengan Memanfaatkan Potensi Desa

Untuk peluang usaha desa yang ini kamu bisa menggunakan sarana botol untuk penyediaan bahan bakarnya, atau juga bisa menggunakan mesin Pertamini yang kini sudah banyak disediakan di beberapa toko online atau supplier mesin.

2. Pulsa dan token listrik

Membuka konter atau menjual pulsa dan token adalah salah satu peluang usaha lain yang bisa kamu terapkan di desa, karena peluang usaha ini sangat dibutuhkan oleh beberapa masyarakat desa yang membutuhkan akses komunikasi bahkan internet untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu dengan menjual token kamu bisa melayani masyarakat desa yang listriknya sudah menggunakan token, terlebih lagi di desa tersebut sedikit yang menjual pulsa tentu akan menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Untuk pulang usaha yang satu ini kamu cukup bermodalkan HP dan sambungan internet. Selain itu jika dibutuhkan kamu juga mempersiapkan print nota yang kecil yang tersambung bluetooth untuk mencetak nota jika dibutuhkan.

3. Bimbel

Bimbel atau bimbingan belajar di pedesaan memang kurang begitu diminati, meski begitu jangan putus asa karena kamu bisa mencari pembelajaran apa yang bisa diterapkan di bimbel yang akan kamu bangun itu. Seperti contoh bimbel komputer, bahasa Inggris atau bimbel umum jika di desa tersebut tidak ada bimbel yang menyediakan sarana pembelajaran tersebut.

Baca Juga  Peluang Usaha di Desa dengan Segala Potensinya dan Potensi Diri Sendiri       

4. Budidaya jamur tiram

Seperti yang diketahui jamur tiram merupakan bahan makanan yang saat ini banyak dicari oleh masyarakat, karena olahan jamur ini sudah menjadi olahan masakan yang umum bahkan banyak digunakan untuk olahan makanan kekinian.

Di pedesaan peluang usaha Desa jamur tiram ini sangat cocok, karena bahan baku yang ada di desa cukup terjangkau dibandingkan dengan bahan baku yang ada di kota. Terlebih lagi pembeli jamur tiram biasanya adalah pembeli yang berada di perkotaan, tentu peluang usaha Desa jamur tiram ini cukup menjanjikan karena harga jual di kota lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual di desa itu sendiri.

5. Bisnis online

Peluang usaha desa di bidang bisnis online ini baik di perkotaan maupun di pedesaan sangat jamak sekali digunakan oleh para pengusaha pemula. Namun meskipun banyak sekali mereka yang terjun ke bisnis online, kamu perlu mencari celah untuk bisa memainkan sebuah bisnis itu di zona biru atau produk yang jarang dijual di bisnis online. Karena dengan bermain di zona tersebut kamu akan mendapatkan banyak sekali peluang order dari customer.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa: Bisnis Mebel Minim Modal, benarkah?

Cara untuk bermain di zona biru itu, kamu harus bisa mencari potensi desa yang bisa dikembangkan lebih lanjut seperti komoditas pangan, produk kerajinan dan olahan-olahan pangan khas daerah tersebut yang bisa dikemas sedemikian rupa sehingga banyak orang yang akan tertarik dengan olahan makanan tersebut.

Dari sekian banyak peluang usaha itu, tentu cocokkan dengan passionmu dan juga potensi desa yang dimiliki, tentu dengan usaha yang keras serta tekad yang kuat, bukan hanya bisa mendapatkan pekerjaan tetapi sampai bisa mempekerjakan orang di usahamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here