PERATURAN GAUNG BERDESA.COM

Gaung adalah sebuah bagian dari situs web (website) www.berdesa.com yang menampung konten yang dapat diunggah oleh setiap orang yang sudah terdaftar sebagai Gaunger (sebutan bagi pengguna gaung). Gaung diberi kebebasan untuk mengemukakan, mengekspresikan, serta menyampaikan berbagai gagasan, pendapat, ulasan, ataupun tanggapan, sepanjang dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Pembaca dan Gaunger wajib membaca Syarat dan Ketentuan Gaung secara cermat. Dengan mengakses dan/atau melakukan registrasi di Gaung, Gaunger menyatakan setuju untuk terikat dengan syarat dan ketentuan yang berlaku serta kebijakan mengenai perubahan atau perbaikan syarat dan ketentuan Gaunger di kemudian hari. Gaunger dipersilakan untuk tidak mengakses dan menggunakan situs ini jika tidak setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Gaung.

Berikut Definisi umum dari istilah-istilah yang dipergunakan dalam Syarat dan Ketentuan Gaunger  :

  • www.berdesa.com adalah salahsatu usaha di industri digital milik kelompok bisnis PT Usaha Desa.
  • Berdesa.com adalah portal terpercaya di Indonesia yang diperbarui (update) setiap saat. Hak cipta dan merek dagang berdesa.com dimiliki oleh PT Usaha Desa.
  • Gaung adalah rubrik dalam www.berdesa.com yang seluruh kontennya berasal dari dan dikelola oleh pengguna Internet (atau lazim disebut User Generated-Content). Dalam kapasitas tersebut, Gaung adalah media Warga yang berada di bawah naungan PT Usaha Desa.
  • Pembaca adalah setiap pribadi yang mengakses situs Gaung. Pembaca tidak memiliki akun di Gaung, oleh karenanya tidak bisa menempatkan konten apapun, termasuk komentar dan peringkat (rating), di Gaung. Pembaca tidak memiliki akses ke fitur dan layanan Gaung.
  • Gaunger adalah sebutan bagi Pengguna Gaung, pengguna Internet yang melakukan registrasi, dan selanjutnya memiliki akun Gaung. Gaunger memperoleh akses untuk menggunakan fitur dan layanan Gaung.
  • Pengelola adalah pihak yang memiliki akses untuk memoderasi dan mengelola konten. Pengelola bertugas memantau konten, mengelola tulisan yang masuk, memproses verifikasi akun, dan menjalin komunikasi dengan para anggota. Pengelola memiliki hak menghapus Konten yang melanggar ketentuan, menyunting konten, mengatur waktu penayangan konten, melayangkan peringatan, dan memblokir akun.
  • Konten adalah materi yang ditempatkan (posted) ke dalam sistem dan/atau ditayangkan (published) di Rubrik Gaung, terdiri dari tulisan, file foto dan bentuk grafik 2 dimensi lainnya, video, dan audio, serta komentar. Konten juga termasuk materi yang diunduh (uploaded), ditautkan (linked) atau dilekatkan (embedded) ke dalam materi yang ditayangkan di Gaung.

Layanan dan akses menuju Rubrik Gaung tersedia untuk umum. Gaung berhak mengubah atau menarik  layanan dan akses tersebut  dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Gaung juga tidak bertanggung jawab untuk dan atas alasan apapun jika pada suatu saat dan dalam jangka waktu tertentu, pengguna tidak dapat mengakses rubrik Gaung dari lokasi tertentu. Dari waktu ke waktu, Gaung dapat membatasi pengguna terdaftar untuk mengakses layanan di halaman Gaung.

  1. Fitur dan Layanan Gaung hanya bisa digunakan oleh Gaunger. Setiap Gaunger terikat oleh seluruh ketentuan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan Gaung.
  2. Saat mengirimkan materi untuk ditayangkan, Gaunger memasukkan identitas dan data diri
  3. Gaunger bisa:
    1. Menempatkan dan atau menayangkan Konten yang tidak melanggar Ketentuan Konten.
    2. Memberi komentar, peringkat, dan berbagi Konten ke berbagai situs Media Sosial (Social Media).
    3. Mengelola Konten yang telah dimasukkan dan ditayangkan melalui fitur pengelolaan yang tersedia.
    4. Menjalin pertemanan dengan sesama Gaunger.
    5. Berkirim pesan dengan sesama Gaunger.
    6. Melaporkan Tulisan dan atau Akun yang dinilai melanggar Syarat dan Ketentuan.
    7. Gaunger wajib menjaga password, alamat email, dan data pribadi lainnya yang ditempatkan di gaung dengan tidak memberitahukannya ke pihak lain yang tidak berhak.
    8. Gaunger wajib mematuhi Ketentuan Penggunaan saat menggunakan fasilitas yang disediakan di Rubrik Gaung dan wajib mematuhi Ketentuan Konten saat mengunggah konten ke situs Gaung dan/atau mengadakan komunikasi dengan user lain di Rubrik Gaung.

Konten yang akan ditulis dan ditayangkan di Gaung harus sesuai dan tidak bertentangan dengan kesusilaan, ketertiban umum, dan Undang Undang yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia termasuk Ketentuan Konten di Gaung. Oleh karena itu, kepada Gaunger diwajibkan untuk mematuhi hal-hal berikut ini.

  1. Sebelum menempatkan dan atau menayangkan Konten, Gaunger wajib memastikan bahwa Konten tersebut tidak melanggar salah satu ketentuan yang tertulis pada Syarat dan Ketentuan.
  2. Saat Menayangkan Tulisan di Gaung, Gaunger dilarang:
    1. Membuat Judul dengan HURUF KAPITAL.
    2. Menayangkan artikel kurang dari 70 kata. Artikel yang kurang dari 70 kata tidak akan tayang di Gaung.
    3. Menayangkan dua tulisan atau lebih sekaligus. Jarak waktu tayang yang dibolehkan antara satu Tulisan dengan Tulisan berikutnya adalah minimal satu jam.
    4. Menjiplak atau menyontek atau menyalin-tempel (copy-paste) sebagian atau seluruh konten milik orang atau pihak lain tanpa maksud menciptakan konten baru sebagai karya yang orisinal.
    5. Melakukan aksi plagiarisme dalam bentuk dan untuk alasan apapun, termasuk menggunakan dan/atau mengutip sebagian atau seluruh karya tulis, gagasan, opini milik orang lain serta hal-hal lain yang serupa, seolah-olah itu miliknya, tanpa dengan jelas dan tegas menyebutkan sumber data dan informasinya secara tepat dan memadai.
    6. Menayangkan-ulang tulisan yang pernah ditayangkan di Gaung.
    7. Menayangkan potongan atau cuplikan Konten dengan maksud mengarahkan pengunjung ke sumber asli Konten di luar Gaung.
    8. Memuat dan atau menayangkan konten berisi iklan, promosi, atau sejenisnya yang secara langsung atau tidak langsung atau dalam bentuk tautan (link) berisi ajakan untuk membeli produk barang atau jasa yang dimaksud dalam tulisan.
  3. Saat menayangkan foto, ilustrasi, referensi, atau konten pelengkap lain, Gaunger wajib:
    1. Menyebutkan sumber (nama orang atau pihak pencipta, pemilik, atau pemegang hak cipta) secara langsung atau melalui tautan menuju alamat sumber.
    2. Menyebutkan sumber lengkap dan jelas untuk konten hasil pencarian dari mesin pencari (tidak dibenarkan hanya menyebut nama/merek mesin pencari sebagai sumbernya).
  4. Sebelum menayangkan Konten artikel, Gaunger wajib memilih kategori atau rubrik yang sesuai dengan isi, tema, atau konteks Tulisan.
  5. Gaunger dilarang mengirim komentar berupa atau dimaksudkan sebagai Pesan Berantai (spamming), dengan atau tanpa disertai tautan tertentu.
  6. Konten yang telah ditayangkan di Gaung, Gaunger tidak dibenarkan untuk:
    1. Mengubah substansi dan atau isi Konten.
    2. Mengubah waktu tayang Konten.
    3. Melakukan manipulasi dengan cara apapun terhadap fitur atribut yang terdapat pada Konten, termasuk jumlah Pembaca, jumlah Peringkat (rating) dan jumlah Komentar.
  7. Terkait Konten yang telah ditempatkan ke dalam sistem Gaung,Gaunger, mengizinkan Pengelola untuk:
    1. Menghapus isi konten, pesan, foto, gambar, dan/atau komentar yang melanggar Syarat dan Ketentuan dengan atau tanpa pemberitahuan kepada yang bersangkutan.
    2. Menempatkan Foto sebagai ilustrasi atau pelengkap tulisan untuk keperluan penayangan Headline. Pengelola menjamin foto yang ditempatkan tidak bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan.
    3. Mengoreksi kekeliruan kode-kode HTML, termasuk mengoreksi penggunaan jenis huruf dan ukurannya, yang dapat mengganggu tampilan Konten maupun Gaung secara keseluruhan.
    4. Menyunting Judul, Isi, Tag, Jenis dan Kategori Tulisan.
    5. Mengubah waktu tayang Konten.
  8. Gaunger dengan kesadaran dan kemauan sendiri menempatkan dan menayangkan Konten, dan bersedia bertanggung jawab penuh atas seluruh Konten yang ditayangkan.
  9. Gaunger dilarang menyerang, menghina, dan atau menjatuhkan karakter atau pribadi Gaunger lain dengan cara dan tujuan apapun.
  10. Gaunger dilarang memperdebatkan dan/atau mempertentangkan ajaran agama tertentu, meliputi keyakinan dan ritual keagamaan.
  11. Gaunger dilarang menempatkan Konten apapun dengan cara apapun yang dapat merusak, melumpuhkan, membebani atau mengganggu server atau jaringan berdesa.com.
  12. Dengan menggunakan Gaung, Gaunger memahami dan setuju untuk tidak menggunakan, menempatkan, mengunduh, menautkan, melekatkan dan atau menayangkan Konten yang:
    1. Melanggar atau menyalahi hak orang lain, termasuk tanpa kecuali, hak intelektual, hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta, publisitas atau hak milik lainnya dari pihak ketiga.
    2. Mengancam keselamatan, memfitnah, mencemarkan nama baik, menipu, mencurangi, dan/atau menimbulkan kebencian pada individu atau kelompok tertentu.
    3. Memuat dan/atau berisi informasi/berita palsu atau yang diragukan kebenarannya secara sengaja dengan maksud untuk menipu, membohongi atau memperdaya pembaca Gaung.
    4. Menghina, menyinggung, melecehkan, merendahkan, mengintimidasi memicu pertentangan dan/atau permusuhan individu atau kelompok berdasarkan Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA), jenis kelamin, orientasi seksual, usia, atau cacat fisik.
    5. Melanggar norma kesusilaan, mengandung unsur cabul dan pornografi.
    6. Menganjurkan atau menyarankan perbuatan yang melanggar hukum.
    7. Berisi kata-kata sumpah serapah, gambar, atau bentuk grafis lainnya yang berisi dan/atau menimbulkan rasa ngeri, kasar, kotor, dan jijik.
    8. Menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang melanggar hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
    9. Mengandung virus atau kode komputer lainnya, file atau program yang dapat mengganggu, merusak atau membatasi fungsi dari perangkat lunak (software) atau perangkat keras (hardware) komputer atau peralatan komunikasi, atau memperbolehkan penggunaan komputer atau jaringan komputer yang tidak sah.
    10. Melanggar Syarat dan Ketentuan, petunjuk atau kebijakan lainnya yang ada di Gaung dan berdesa.com

PT Usaha Desa Gaung tunduk kepada peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Oleh karena itu, saat terjadi keluhan, protes, klaim dan atau permasalahan hukum yang disebabkan oleh Konten yang dimasukkan dan atau ditayangkan oleh gaunger, Gaung berhak menyampaikan segala informasi terkait pemilik Konten, termasuk, bila ada, alamat Internet Protocol (IP) yang terekam di dalam sistem Gaung, kepada pejabat berwenang (Penyidik, Penyidik Pembantu, Penyelidik, Jaksa Penuntut Umum, Hakim) yang disertai dengan Surat Izin Ketua Pengadilan Negeri setempat.

  1. Pengguna tidak diperkenankan menggunakan sebagian atau seluruh rancangan produk Gaung yang dibuat oleh Berdesa,com untuk tujuan apapun tanpa seizin gaung dan atau Berdesa.com
  2. Pengguna tidak diperkenankan untuk memodifikasi, menyalin, mengubah atau menambah rancangan produk Gaung dalam keadaan atau kondisi apapun.
  3. Setiap pihak diperkenankan mengunduh, menautkan dan atau melekatkan Konten hanya untuk keperluan pribadi, bukan tujuan komersil, dengan mencantumkan nama pemilik Konten berikut sumbernya seperti tercantum pada alamat URL Konten.
  4. Gaung dan Berdesa.com tidak dikenai tanggung jawab untuk memastikan kebenaran, ketepatan, serta kesahihan informasi pada setiap Konten yang diunggah oleh Gaunger
  5. Gaung maupun Berdesa.com tidak bertanggung jawab atas akibat langsung atau tidak langsung dari penayangan segala bentuk Konten oleh Kompasianer di Kompasiana.
  6. Penggunaan nama, logo dan atau atribut gaung lainnya untuk tujuan komersil harus atas seizin Gaung.

PASAL SANGGAHAN & PELAPORAN KONTEN

  1. Gaunger bertanggung jawab secara pribadi dan penuh serta setuju untuk membebaskan dan tidak membebani Gaung maupun berdesa.com atas segala terjadinya tindakan penyalahgunaan atas konten yang ditulisnya dan ditayangkan di Gaung dan bersedia untuk membebaskan Gaung termasuk Pengelola dan Berdesa.com dari segala bentuk permasalahan hukum yang timbul sebagai akibat dari pemuatan konten di Gaung.
  2. Gaunger setuju untuk membebaskan serta tidak membebani Gaung beserta Pengelola dan Berdesa .com selaku pihak yang menaunginya atas segala keluhan, protes, klaim, gugatan hak cipta, atau permasalahan hukum yang timbul atas konten yang ditulis dan ditayangkan di Gaung.
  3. Gaung tidak dapat dituntut dan dimintai tanggung jawab hukum atas setiap kekeliruan, kesalahan, atau ketidaktepatan pernyataan dan informasi di dalam konten yang ditulis dan ditayangkan Gaunger.
  4. Gaunger bertanggung jawab secara pribadi dan penuh atas setiap isi komentar, peringkat, dan konten yang dibagikan ke berbagai situs media sosial dan setuju untuk membebaskan serta tidak membebani Gaung beserta Pengelola dan Berdesa.com atas segala terjadinya tindakan penyalahgunaan dan segala bentuk permasalahan hukum yang timbul sebagai akibat pemuatan komentar, peringkat, dan berbagi konten ke berbagai situs media sosial.
  5. Gugatan terkait penggunaan Foto/tulisan/video yang tidak sesuai dengan Ketentuan Layanan sepenuhnya menjadi tanggungjawab Gaunger yang mengunggahnya. Gaung dibebaskan dari segala tuntutan dan gugatan atas penggunaan Foto/tulisan/video tersebut.
  6. Gaung berhak untuk menggunakan konten milik Gaunger demi kepentingan promosi Gaung .
  7. Gaung mendapat izin untuk menawarkan penggunaan Konten ke pihak lain, namun penggunaannya tetap atas seizin pemilik Konten.
  8. Pengelola tidak melakukan pengawasan terhadap Konten sepanjang waktu. Gaunger diminta ikut serta mengawasi dan memonitor Konten di Gaung dengan menggunakan fitur pelaporan konten (baik tulisan, gambar maupun komentar).
  9. Gaunger juga bisa melaporkan Gaunger lain yang dianggap mengganggu kenyamanan dan atau melanggar Ketentuan Layanan dengan menggunakan fitur ‘Laporkan Gaunger’
  10. Fitur Laporan seperti tertulis dalam butir 8 (delapan) dan 9 (sembilan) di atas hanya boleh digunakan oleh Gaunger untuk berpartisipasi melakukan pengawasan dan pengontrolan, bukan untuk tujuan lain. Pengelola akan memberikan teguran terhadap penyalahgunaan fitur dimaksud.
  11. Gaung akan mempelajari setiap laporan yang masuk di Fitur Laporkan dan berhak mengambil tindakan serta menerapkan sanksi yang diperlukan berupa :
  12. Penghapusan Konten;
  13. Pemblokiran Akun Gaunger;
  1. Gaung berhak mengubah dan atau menghentikan sebagian atau seluruh layanan dan atau fitur sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  2. Gaung dapat setiap saat mengganti, menambah atau mengurangi Ketentuan Layanan ini tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kompasianer terikat oleh setiap perubahan tersebut.
  1. Seluruh rancangan produk Gaung yang dibuat oleh Berdesa.com, meliputi tulisan, desain, gambar, audio, video serta kode pemrograman di situs berdesa,com, usahadesa.com dan desaloka,com adalah hak cipta milik PT Usaha Desa.
  2. Setiap Konten milik yang ditempatkan dan atau ditayangkan di Gaung, sepanjang tidak ada klaim sebaliknya dari orang atau pihak lain, sepenuhnya menjadi milik Gaunger yang menempatkan dan atau menayangkannya.
  3. Konten milik orang atau pihak lain yang ditempatkan dan atau ditayangkan di Gaung atau diunduh (uploaded), ditautkan (linked) atau dilekatkan (embed) ke dalam materi yang ditayangkan di Gaunger, hak ciptanya tetap menjadi miliknya. Risiko terkait penggunaan konten milik orang atau pihak lain ini sepenuhnya menjadi tanggungjawab Gaunger yang menempatkan atau menayangkannya di Gaung .
  4. Gaung dibebaskan dari segala tuntutan dan pertanggungjawaban atas pelanggaran hak terutama yang berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang dilakukan oleh pihak ketiga terhadap Konten yang ditempatkan dan atau ditayangkan di gaunger.
  1. Jurnalisme Warga (Citizen Journalism) adalah istilah yang digunakan merujuk kegiatan warga dalam mengumpulkan, mengolah, melaporkan dan menyebarluaskan informasi, kejadian atau peristiwa.
  2. Pihak yang melakukan kegiatan tersebut pada butir 1 (satu) di atas disebut sebagai Reporter Warga (Citizen Reporter).
  3. Jurnalisme Warga dilakukan atas dasar keinginan pribadi dan hasilnya dipublikasikan atas nama Gaunger sendiri, tanpa melibatkan Gaung sebagai media yang digunakan dalam menyebarluaskan informasi milik Gaunger.
  4. Gaunger tidak dibenarkan dan tidak berhak menyebut dirinya sebagai Wartawan/Jurnalis/Reporter Gaung , baik di dalam Tulisan maupun pada saat melakukan kegiatan jurnalisme warga.
  5. Gaunger tidak dibenarkan dan tidak berhak mengafiliasikan dirinya dan atau menggunakan nama Gaung pada saat mengumpulkan, melaporkan, mengolah ataupun mempublikasikan suatu fakta kejadian atau peristiwa. Nama Gaunger hanya bisa disebut sebagai Media Warga (Citizen Media) yang Kontennya berasal dari para warga pengguna Internet.
  6. Gaung tidak mengeluarkan surat izin, surat keterangan, surat penugasan dan atau surat kuasa kepada siapapun atau pihak manapun dalam rangka mengumpulkan, mengolah, melaporkan dan menyebarluaskan informasi, kejadian atau peristiwa.
  7. Gaung tidak pernah memiliki dan atau mengangkat seseorang untuk bekerja sebagai Jurnalis Warga atau sejenisnya.

Gaung beserta para pengelola dan berdesa.com selaku pihak yang menaunginya dibebaskan dari segala tuntutan dan pertanggungjawaban atas segala tindakan terkait jurnalisme warga yang dilakukan oleh orang atau pihak luar yang mengatasnamakan PT Usaha Desa, usahadesa.com, berdesa.com dan desabelajar.com.

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

  1. Ruang Lingkup
    Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.
  2. Verifikasi dan keberimbangan berita
    1. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
    2. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
    3. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
      • Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
        Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, dan kompeten;
      • Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
      • Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
    4. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.
  3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)
    1. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
    2. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
    3. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan :
      • Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
      • Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
      • Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
    4. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c). Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
    5. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
    6. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
    7. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).
  4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab
    1. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
    2. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
    3. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi,dan atau hak jawab tersebut.
    4. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka :
      • Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
      • Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
      • Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
    5. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).
  5. Pencabutan Berita
    1. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers
    2. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
    3. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.
  6. Iklan
    1. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
    2. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ‘advertorial’, ‘iklan’, ‘ads’, ‘sponsored’, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.
  7. Hak Cipta
    Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  8. Pencantuman Pedoman
    Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.
  9. Sengketa
    Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.