Surga Wisata Itu Bernama Sulawesi Tengah

Surga Wisata Itu Bernama Sulawesi Tengah

BERDESA.COM – Jika Anda penikmat keindahan alam, eksotika alam bawah laut harus Anda tuju. Pingin tahu salahsatu tempat yang memiliki surga bawah laut? Namanya Tanjung Karang, sebuah desa wisata berpasir putih memesona. Tapi keindahan bawah lautnya yang lebih istimewa. Itulah Desa Wisata Tanjung Karang di Kabupaten Donggala, salahsatu pesona wisata Provinsi Sulawesi Tengah dan ini baru salahsatu saja.

Letaknya hanya 45 menit dari Kota Palu, ibukota provinsi ini. Inilah pantai yang airnya begitu tenang karena menjorok ke daratan. Uniknya pantai ini bertepian pasir putih dengan air yang sangat jernih. Ada banyak spot menyelam dan snorkling di sini, semuanya bertahta pesona karang warna-warni, jutaan ikan cantik dan bangkai kapal yang telah menjadi rumah ikan-ikan tadi.Tak perlu kaget jika dalam setahun lebih dari enam ribu turis mancanegara berkunjung ke desa wisata ini.

Tidak sulit mencapai desa itu, jalurnya mulus dan banyak penyedia jasa transportasi. Hotel dan resort sudah tertata dengan harga yang tidak perlu membuat wisawatan merogoh kocek terlalu dalam alias murah. Penyewaan alat selam, kapal dengan lantaibertebaran dan keramahan warga di desa wisata ini bakal membuat siapapun betah di sana berhari-hari. Satu lagi, desa wisata yang mulai ramai sejak tahun 2000 itu juga terkenal sangat bersih.

Tidak hanya Tanjung Karang yang dimiliki Sulawesi Tengah. Pantai Talise yang juga tidak jauh dari Kota Palu, menawarkan keindahan pantai yang juga luar biasa. Melihat habitat penyu berenang di kejernihan laut bisa Anda nikmati di Pulau Pasoso atau Pulau Penyu. Inilah pulau tempat penyu yang lucu itu berkembang biak secara alami. Atau datanglah ke Pusentase Pusat Laut, sebuah sumur air asin yang terletak di daratan, Anda bisa berenang di sana, sangat unik. Pingin menikmati alam yang berbeda?

Hutan dengan flora dan fauna mengagumkan bakal Anda temui di Taman Nasional Lore Lindu. Taman ini memberi kelengkapan alam yang tak bakal bisa Anda lupa. Beragam flora dan fauna dilindungi yang tak bakalan Anda jumpai di tempat lain, lengkap dengan rindangnya hutan dan pantai-pantainya yang masih perawan.

Sulawesi Tengah juga punua pesona wisata sejarah. Datang saja ke Museum Sulawesi Tengah, koleksi tulang gajah purba bisa Anda lihat di museum ini. Inilah museum yang akan membuat siapapun menjadi paham bagaimana manusia-manusia dari jutaan tahun lalu hidup dengan cara berburu dan meramu. Dijamin, tidak banyak wisata sejarah selengkap di sini. Masih berderet lagi pesona tempat ini, misteri Pulau Lutungan, Danau Poso yang tenang, air terjun Saluopa di tengah rerimbunan hutan yang permai dan erderet lagi.

Dengan potensi wisata yang luar biasa ini tak ayal lagi Sulawesi Tengah bakal bisa menjelma menjadi magnit yang bisa mendatangkan wisatawan, terutama wisatawan asing yang terus memburu tempat-tempat eksotik di belahan nusantara ini. Maka kehadiran desa wisata menjadi sangat penting dibangun di provinsi ini. Desa wisata memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi sumber penghidupan bagi warganya.

Uniknya, desa wisata bukan hanya akan mendatangkan pendapatan besar bagi warga penghuninya tetapi juga mampu menjadi memicu banyak kemajuan dan inovasi warga yang tingga di sana. Beragam pekerjaan baru terbuka mulai dari jasa pemandu wisata, jasa transportasi, penginapan, wisata kuliner. Satu hal lagi, pertemuan dengan para pendatang dari berbagai penjuru dunia sesungguhnya adalah sebuah transfer pengatahuan yang akan memicu peningkatan kualitas sumber daya manusia di desa-desa wisata itu. Jadi, tunggu apa lagi? (dji-1)

foto: asrulibenk

Tips : Merintis Pendirian Desa Wisata

Baca juga : Potensi BUMDesa Kelola Wisata Alam
Pendamping Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*