Sumber Daya Alam yang Melimpah di Desa dapat Menjadikan Peluang Usaha di Desa      

0
205

Kini semakin banyak orang berbondong-bondong memilih hidup di kota. Kota dengan berbagai fasilitasnya, keramaiannya, dan gaya modernnya. Membuat semua orang memilih hidup dan mencari nafkah di kota, apalagi di kota terdapat banyak perusahaan-perusahaan besar.

Namun perlu diingat lagi, kota memiliki keterbatasan tempat juga hampir habisnya lowongan pekerjaan. Jadi janganlah selalu terpacu untuk pergi ke kota, karena di desa pun dapat menjadi peluang usaha bagi kita. Apalagi keadaan alam desa yang masih asri, ketersediaan lahan yang luas dan juga penggunaan modal yang tidak perlu banyak-banyak.

Anda hanya tetap tinggal di desa tanpa perlu harus jauh-jauh pergi merantau ke kota. Dengan berbagai kelebihan di desa, hasil alam yang melimpah dapat membantu anda menjual hasil panen atau apapun itu ke kota. Berbagai peluang usaha yang dapat dikerjakan di desa antara lain sebagai berikut:

1. Peluang usaha bertani buah-buahan

Sudah tidak dipungkiri lagi, bahwa kesehatan amatlah penting bukan? Kebutuhan buah sangatlah banyak bagi masyarakat baik itu di desa maupun di kota. Lahan yang luas, tempat bertani yang subur mampu menghasilkan buah-buah segar. Berbeda dengan di kota yang memiliki keterbatasan lahan. Hanya bermodalkan benih buah dan rajin merawat memberi pupuk dan lain sebagainya.

Baca Juga  Membatik Kayu di Desa Wisata Krebet

Ketika buah-buahan anda mulai bertumbuh dan saat panen tiba, hasilnya akan melimpah dan dapat kita jual ke kota. Selain memenuhi kebutuhan akan buah-buahan di desa sendiri juga mampu merambah kebutuhan di kota. Apalagi dengan lahan yang luas anda dapat menanam bermacam-macam jenis buah. Menguntungkan bukan?

2. Peluang usaha jual beli motor

Di desa kebutuhan kendaraan pun sudah diperlukan. Jadi tanpa harus pergi ke kota untuk memenuhi kebutuhan kendaraan di desa warga desa dapat membeli kendaraan bermotor di tempat anda. Memang menjual motor membutuhkan modal yang cukup besar, namun anda dapat menjual motor bekas terlebih dahulu dengan jumlah sedikit. Misalnya dua atau tiga motor. Apabila ada permintaan jenis motor lain anda dapat segera mencarinya ke kota.

3. Peluang usaha menjual kartu Internet, pulsa hp dan kebutuhan hp yang lainnya

Jaringan internet yang semakin merambah desa-desa membuat kebutuhan akan kartu Internet dan kebutuhan hp yang lainnya seakan menjadi kebutuhan primer berbagai orang di desa. Untuk itu berjualan kartu Internet dan pulsa hp sangatlah menguntungkan. Karena hampir setiap hari sewaktu mereka membutuhkan pulsa dan kartu Internet ke tempat anda. Apalagi jika penjualan kartu Internet ini masih sangat jarang. Modal yang dibutuhkan juga relatif kecil hanya membutuhkan etalase kecil ditambah menyetok kartu Internet juga deposit pulsa. Anda hanya perlu membuat konter kecilnya di depan rumah saja.

Baca Juga  Usaha dari Hobi Bisa Bikin Kaya-raya, Ini Beberapa Contohnya

4. Peluang usaha membuka pembuatan furniture

Ketika anda memiliki potensi membuat berbagai furniture indah dan unik menjadikan usaha ini dapat menguntungkan. Apalagi ketersediaan bahan baku furniture yang masih melimpah di desa menjadikan pembuatan furniture menjadi sangat mudah. Pencarian bahan baku kayu tersedia melimpah. Untuk cara pemasarannya dan penjualannya anda bisa menggunakan jaringan internet secara online ataupun membuka toko di desa anda. Selain itu anda juga menerima service furniture yang mengalami kerusakan. Sehingga furniture lama warga desa menjadi baru lagi.

5. Peluang usaha membuat kerajinan tangan

Dengan keahlian anda membuat berbagai macam kerajinan tangan, seperti hiasan-hiasan bunga plastik, atau membuat lap dari bahan kain perca. Anda bisa mencari kain-kain sisa jahitan pada penjahit-penjahit yang ada di desa ataupun di kota. Dengan mengumpulkan banyak kain perca, dapat anda gunakan sebagai bahan lap dengan bentuk seunik mungkin. Dengan begitu saat pemasaran baik melalui online ataupun dengan menjual secara langsung di kota menjadi banyak peminatnya.

Baca Juga  Melihat Peluang Usaha Desa, Rubah Rawa Menjadi Sumber Penghasilan

Banyak sekali kan peluang usaha yang dapat kita lakukan di desa. Jadi anda tidak perlu pergi merantau lagi ke kota. Dengan sumber daya alam di desa yang melimpah dapat dijadikan peluang usaha. Perlu diingat memang segala macam usaha yang dilakukan di awal sangat susah. Namun tenang saja tidak ada usaha yang membohongi hasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here