Sulit Mencari Perlengkapan Hidroponik, Temukan di Sini

Sulit Mencari Perlengkapan Hidroponik, Temukan di Sini

BERDESA.COM – Hidroponik alias bercocok tanam tanpa menggunakan tanah tetapi memanfaatkan air dan nutrisi sudah menjadi tren saat ini. Tetapi menjalankan sistem pertanian hidroponik ini butuh pengetahuan yang cukup karena sistemnya yang unik. Bukan itu saja, ada beragam perlengkapan hidroponik yang juga harus didapatkan untuk bisa sukses menjalankannya. 

Pertanian hidroponik memang menggiurkan. Ini adalah sebuah sistem yang memungkinkan setiap orang dengan ruangan yang sempit bisa menghasilkan beragam kebutuhan makanan sehari-hari terutama sayur nan sehat, enak dan bebas pestisida. Secara ekonomis mengembangkan pertanian hidroponik bisa menciptakan efisiensi luar biasa bagi rumah tangga karena tidak perlu belanja sayur-mayur yang dibutuhkan setiap hari.

Jika ditekuni dengan serius, pertanian hidroponik bisa menjadi ladang usaha yang subur makmur mendatangkan income keluarga. Apalagi media tanamnya bisa menggunakan beragam barang bekas seperti toples, pot bunga, pipa paralon dan beragam barang yang hampir pasti dimiliki rumah tangga semua orang.

Hanya saja pertanian hidroponik bukan tanpa tantangan. Karena tidak menggunakan tanah sebagai media tanam, sistem ini mengharuskan pengelolanya memahami karakter tanaman karena tidak semua jenis sayuran bisa tumbuh dengan sistem hidroponik. Bukan hanya itu, pola perawatannya juga berbeda dengan sistem pertanian berbasis tanah sawah.

Pertanian hidroponik juga membutuhkan berbagai kelengkapan hidroponik untuk menunjang perawatan tanaman yang tumbuh mulai dari media tumbuhnya, alat pengukur kadar air, kadar nutrisi hingga perlengkapan hidroponik yang khusus dibuat oleh pabrik. Seperti Drip Head yakni alat yang akan meneteskan air secara otomatis sesuai kebutuhan tanaman atau Timer Digital untuk pengatur otomatis kebutuhan air dari pompa dan sebagainya. Dimana mendapatkannya? Sudah jelas, tidak bakal ketemu kalau mencari perlengkapan hidroponik di toko-toko alat pertanian biasa. Jadi?

Jangan kawatir karena Anda tinggal Klik www.usahadesa.com. Di dalam situs E commerce ini tersedia beragam kebutuhan perlengkapan hidroponik penunjang sistem pertanian hidroponik yang Anda kembangkan. Usahadesa.com adalah pasar online yang menyediakan berbagai produk desa dan UKM sekaligus berbagai kebutuhan masyarakat desa dan UKM serta masyarakat yang aktif mengembangkan pertanian. Klik www.usahadesa.com atau kunjungi Instagram @usahadesa maka Anda akan menemukan kelengkapan hidroponik yang Anda cari.(aryadji/berdesa)

Foto: www.jitunews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*