Suka Menjahit? Buka Jasa Jahit Aja!

0
805

Berbisnis kini merupakan satu tren bagus yang berkembang di masyarakat kita. Masyarakat kini semakin tahu dan paham bagaimana bisnis dapat memberikan keuntungan yang tentunya tidak didapatkan di dunia kerja kantoran. Memang, keuntungan non financial dari berbisnis salah satunya adalah adanya kelonggaran waktu atau kefleksibelan waktu kerja kita. Kita tidak dituntut untuk bangun pagi lalu mandi dan pakai seragam kemudian pergi ke kantor seperti kebanyakan orang.

Dengan berbisnis kita bisa bebas mau pakai baju apa, kemana hari ini dan lain sebagainya. Banyak orang yang mengira berbisnis seenak itu. Memang enak, akui saja. Itu baru soal keuntungan non materiil a.k.a yang bukan dalam bentuk uang. Lalu bagaimana soal keuntungan materiil atau keuntungan real dari berbisnis? Bergantung seberapa hebat Anda mengelola bisnis tersebut. Semakin lihay dalam mengatur strategi, semakin baik langkah bisnis Anda kedepannya.

Masih berbicara soal berbisnis, membuka bisnis tidak melulu harus di kota dengan modal puluhan juta. Tidak selalu seperti itu. Ada yang bilang “tinggal di desa berarti kita hanya bisa membuka usaha yang berhubungan dengan bercocok tanam dan budidaya”, ada memang yang seperti itu, namun tidak hanya itu sebenarnya bisnis yang bisa kita coba jika kita berdomisili di desa.

Baca Juga  Potensi Bisnis Pakaian di Pedesaan, Modal Kecil Untung Besar

Berdomisili di desa atau tinggal di desa sebenarnya malah memberikan keuntungan tersendiri lho bagi kita yang ingin membuka usaha. Biasanya, peluang usaha di desa juga banyak tersedia. Meskipun varian bisnisnya mungkin tidak “seramai” di kota, namun justru itu, kita bisa lakukan ATM (amati, tiru, modifikasi) dari bisnis-bisnis yang Ada di kota.

Salah satu bisnis prospektif yang bisa kita buka di desa adalah jasa jahit. Bagi Anda yang memang memiliki keahlian di bidang ini, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bisnis jasa jahit ini di rumah Anda. Berawal dari terima jahitan baju satu dua, siapa tahu bisa jadi konveksi serba guna. Nah bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis jasa jahit ini, kita perlu tahu terlebih dahulu modal awal yang harus kita keluarkan. Simak penjelasan singkat di bawah ini ya!

Modal Awal

Kebutuhan Estimasi Biaya
Mesin Jahit Rp. 750.000
Mesin obras Rp. 500.000
Benang jahit Rp. 50.000
Benang obras Rp. 35.000
Gunting jahit Rp. 50.000
Satu set jarum jahit Rp. 15.000
Penggaris jahit Rp. 20.000
Listrik, air Rp. 100.000
TOTAL BIAYA RP. 1.520.000
Baca Juga  Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar di Desa Terpencil

 

Cukup terjangkau bukan? Bagi Anda yang memang memiliki keterampilan menjahit, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha ini karena bagaimanapun, usaha ini walaupun minim modal, namun butuh keterampilan. Banyak orang yang lebih suka “menjahitkan” daripada membeli pakaian langsung jadi karena akan lebih sesuai dengan ukuran dan model yang kita inginkan.

Jangan ragu untuk membuka bisnis low budget ini karena keuntungan yang bisa kita dapatkan lumayan. Apalagi jika kita sudah merambah ke area konveksi. Sekali order, bisa jutaan kita dapatkan. Bisnis ini akan sangat cocok untuk Anda coba saat ini karena biasanya, menjelang hari raya permintaan akan jasa jahit akan meningkat, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk “merangkul” sebanyak mungkin pelanggan terlebih dahulu.

Beberapa tips yang bisa kita coba dalam bisnis ini adalah:

1. Gunakan promo di awal

Dengan memberikan promosi seperti jahit dua gratis satu atau promo jahit paketan baju sekeluarga mungkin bisa lebih menarik konsumen untuk datang ke jasa jahit Anda. Selain itu, kita juga sambil mencari tahu bagaimana pasar kita.

Baca Juga  Peluang Usaha Minuman Kemasan yang Gampang Dikembangkan

2. Sambil menunggu orderan jahitan, jahit baju sendiri lalu pamerkan bisa jadi media promosi yang oke

Tidak ada pelanggan bukan berarti kita menganggur ya. Justru jika sedang sepi, kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuat baju desain kita sendiri. Agar sejalan dengan promosi yang kita terapkan, jangan lupa untuk mempostingnya di media promosi kita. Siapa tahu, dari sana “muncul” calon-calon konsumen.

3. Tidak melulu soal jahitan baju, kita bisa manfaatkan alat jahit untuk produk lain semacam jilbab/celana santai

Tidak harus menunggu ada orderan baju ya, jika dirasa modal yang kita miliki terbatas, coba untuk membuat pakaian yang tepat guna, dalam hal ini yang banyak dicari di pasaran seperti jilbab atau celana santai.

Itu tadi bebapa hal tentang peluang usaha desa yakni dalam hal usaha jahit, semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan sedikit gambaran ya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here