Strategisnya UKM Jualan di Pasar Online

Strategisnya UKM Jualan di Pasar Online

BERDESA.COM – Jika Anda pelaku UKM dan memiliki kesulitan menjual produk secara online maka sebenarnya Anda hanya cukup memajang produk di Marketplace. Marketplace adalah E-commerce yang memfungsikan dirinya sebagai pasar online, sebuah situs yang menjual beragam produk sekaligus. Ibarat pasar dalam dunia nyata, market place adalah tempat bertemunya beragam penjual dan pembeli sehingga menyediakan beraneka produk. Dalam jagat jual-beli online, marketplace adalah salahsatu bisnis online yang membuat tingkat penjualan online meningkat pesat.  

Ada beragam Marketplace dengan ragam dagangan yang unik. Salahstaunya adalah www.usahadesa.com yang mengkhususkan diri menjual produk desa dan UKM dari seluruh Indonesia. Ini adalah pasar online bagi para pelaku UKM dan produsen berbagai produk asli Indonesia dan dibangun untuk menciptakan peningkatan kesejahteraan warga Indonesia khususnya yang hidup di wilayah-wilayah pedesaan. Tetapi, sebenarnya apa saja keuntungan yang bisa didapatkan seorang produsen dengan menjual produknya di marketplace seperti Usahadesa.com?

Pertama, Pasar Online adalah tempat berkumpulnya penjual sekaligus pembeli. Maka jika Anda menjual produk di situs seperti ini, Anda tidak perlu lagi repot mendatangkan pembeli. Jangan salah, mendatangkan orang pada sebuah situs bukan perkara gampang karena begitu banyaknya orang membangun situs. Maka memasang produk di marketplace akan meringankan beban marketing Anda.

Kedua, tempat berkumpulnya pedagang yang bisa diajak berbagi pengalaman mengenai bisnis. Sesama pedagang juga bisa bertukar pengetahuan mengenai jenis produk yang diperdagangkan. Ada banyak sekali pelaku UKM yang memanfaatkan jaringan penjualan emlalui Marketplace ini. Hubungan baik antar penjual juga bisa membuka peluang-peluang baru kerjasama penjualan produk tertentu dan sebagainya.

Ketiga, transaksi di Marketplace jauh lebih aman ketimbang melalui sosial media karena memiliki rekening bersama. Soalnya marketplace memang situs yang dibangun untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan siapapun untuk bertransaksi baik sebagai penjual amupun pembeli. Marketplace akan membuat uang pembeli bisa kembali jika produk yang diterimanya tidak sesuai dengan promosi yang tertera dan sebaliknya hak penjual untuk mendapatkan uang juga terlindungi. Sementara melalui media sosial ikatan penjual-pembeli hanya berdasar kepercayaan sehingga resiko terjadinya penipuan dan tindak kejatahatan melalui transaksi kerap terjadi.

Keempat, Anda tidak perlu sibuk berpromosi lagi karena Marketplace sudah melengkapi mesin jualannya dengan beragam promosi terhadap produk-produk yang dijual di halamannya. Promosi yang dilakukan pasar online adalah bagian dari layanan yang diberikan marketplace terhadap para penjual produk yang merupakan kliennya. Layanan ini sangat penting bagi UKM dan produk desa karena biasanya pelaku UKM dan produsen di pedesaan tidak punya cukup waktu mempromosikan produknya secara online. Maka produsen bisa fokus pada urusan produksinya saja.

Kelima, sebagaiman apasar di dunia nyata, pasar online juga menyediakan rupa-rupa barang dari berbagai penjual di seluruh wilayah Indonesia. Situasi ini membuat siapapun dengan mudah akan menemukan berbagai barang atau produk sekaligus dalam satu kesempatan sehingga seorang konsumen bisa melakukan transaksi secara sederhana.

Hal yang penting lainnya adalah memilih Marketplace yang cocok. Jika produk anda produk lokal Indonesia atau produk dari wilayah pedesaan maka Usahadesa.com adalah pasar yang cocok untuk Anda pasangi produk. Selain bakal bertemu dengan banyak produk lainnya, Usahadesa dikenal sebagai pasar online yang sangat menghargai produk lokal Indonesia sehingga hanya menjual produk lokal saja. Selamat mencoba. (aryadji)

Foto: www.intensiveonlinemarketers.com

Baca juga: Keuntungan UKM Menjual Produk di Pasar Online

 

 

 

 

 

alterntif text

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*