Strategi Pemasaran Melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan

Strategi Pemasaran Melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan

BERDESA.COM – Salahsatu target dari strategi pemasaran adalah membangun konsumen yang setia menggunakan jasa atau produk kita. Ini bukan perkara mudah karena setiap perusahaan akan menciptakan strategi pemasaran yang inovatif menuju kesana. Bagaimana cara membuat konsumen menjadi setia menggunakan jasa atau produk perusahaan kita berikut beberapa kuncinya: 

Bangun Pentingnya Budaya Melayani 

Kualitas layanan adalah kunci utama dan ini harus menjadi prioritas bagi seluruh bagian yang ada dalam perusahaan kita. Pentingnya kualitas layanan tak cukup hanya dipahami melainkan harus dijalankan pada semua lini perusahaan.

Jangan remehkan masalah pelayanan karena palayanan yang baik adalah pelayanan yang lahir dari hati artinya bukan sekedar lipstik saja. Karenanya butuh kerja-keras impinan perusahaan agar seluruh karyawannya memiliki keikhlasan dalam melayani setiap pelanggan. Bahkan kalau bisa, berikan lebih dari apa yang diharapkan pelanggan maka niscaya pelanggan akan terkesan dengan apa yang kita berikan.

Sampaikan pada Pelanggan

Sampaikan pada pelanggan bahwa pelanggan dan konsumen adalah bagian penting dalam kehidupan perusahaan Anda. Cara ini akan memberikan keyakinan pada konsumen bahwa mereka adalah bagian yang terpenting dari perusahaan Anda. Tanpa mereka, perusahaan tidak akan hidup apalagi berkembang. Pemberitahuan hal seperti ini akan membuat konsumen kita merasa sangat dihargai sehingga mereka tidak akan lagi berpaling ke perusahaan atau produk yang lain.

Kualitas Layanan yang Konsisten

Kualitas pelayanan adalah strategi pemasaran yang paling jitu karena bagian inilah yang akan sangat mempengaruhi keputusan pelanggan atau konsumen kita untuk tetap menggunakan jasa dan produk kita atau tidak di masa yang akan datang. Maka perlakukan mereka dengan pelayanan berkualitas dengan standar yang terjaga. Jangan sampai kualitas layanan menurun pada saat tertentu dan hanya naik pada saat tertentu juga. Kualitas layanan yang konsisten akan membuat pelanggan Anda percaya dan memilih untu menggnakan jasa atau produk kita di lain hari.

Libatkan Konsumen

Iibatkan pelanggan atau konsumen kita sebagai bagian dari terciptanya kualitas pelayanan. Tanyakan pula pada para pelanggan atau calon pelanggan mengenai kualitas pelayanan apa yang paling mereka inginkan. Dari jawaban itu Anda bisa mengembangkan berbagai cara dan teknik menciptakan kepuasaan terhadap konsumen dan membuat pelanggan tidak akan pernah beranjak dari daftar pelanggan produk kita.

Libatkan Konsumen Menciptakan Standar Layanan

Layanan yang baik adalah layanan yang membuat pelanggan terpuaskan baik dari segi kualitas produk maupun dari cara awak perusahaan memeperlakukan konsumen. Ajak karyawan menentukan standar pelayanan yang mereka inginkan, usakan dengan keras berbagai harapan mereka megenai hebatnya pelayanan itu terwujud.

Berikan Apresiasi pada Karyawan

Jangan hanya meminta tanpa memberi penghargaan atas apa yang telah dicapai karyawan. Berikan penghargaan terhaap karyawan yang telah memberikan dedikasinya terhadap pentingnya pelayanan tadi. Sebaliknya, berikan pula sanksi bagi karyawan yang lalai terhadap pentingnya pelayanan. Dua hal ini akan memberi dorongan yang positif sehingga karyawan menjadi sadar bahwa pelayanan itu sangat penting bagi perusahaan dan imbasnya bakal hinggap kepadanya juga. (aryadji/berdesa)

Foto: www.intisarionline.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*