Strategi Distribusi & Promosi Hasil Tani

Strategi Distribusi & Promosi Hasil Tani

BERDESA.COM – Pada umumnya permintaan terhadap produk usaha agribisnis pertanian selalu mengalami pasang surut. Ini berkaitan erat dengan urusan distribusi. Artinya, distribusi harus memperhitungkan dengan cermat pemetaan wilayah pasang surut tersebut. Jika tidak diatasi dengan usaha memperkirakan jumlah penjualan maka akan terjadi kelebihan produk yang tidak bisa dilempar ke pasar. Atau, kalaupun bisa memasuki pasar maka harganya akan turun jauh di bawah harga yang di inginkan.

Dalam menentukan saluran distribusi produk atau komoditas, pengusaha agribisnis pertanian dapat memilih untuk melakukannya sendiri atau melalui perantara. Jasa distribusi pada dasarnya adalah sebuah jenis usaha tersendiri, jadi hendak melakukan sendiri harus mempelajari prinsip dan managemen bisnis ini. Terkait hal ini, ada beberapa alasan pengusaha memilih perantara dalam mendistribusikan produknya antara lain

  1. Pertimbangan dana dan personalia penjualan,
  2. Efisiensi kerja,
  3. Keadaan prasarana daerah pemasaran setempat, dan
  4. Pengetahuan dan pengalaman menangani daerah pemasaran setempat.

Menentukan Kebijakan Promosi Produk Agribisnis

Setelah memastikan strategi distribusi yang matang maka barulah bisa dilakukan upaya promosi. Promosi merupakan kegiatan memperkenalkan, meyakinkan, dan mengingatkan kembali manfaat dan kualitas produk kepada konsumen. Promosi biasanya dilakukan terhadap jenis komoditi agribisnis baru atau peluncuran varietas baru. Kegiatan promosi harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:

  1. Jumlah dana yang tersedia untuk promosi,
  2. Masa tahapan siklus produksi,
  3. Konsumen yang ingin dituju, dan
  4. Sifat atau ciri khusus produk yang dihasilkan.

Kebanyakan pengusaha pertanian belum begitu memperhatikan masalah promosi, karena rata-rata usahanya belum begitu intensif. Akan tetapi jika kapasitas usahanya sudah semakin besar dan melakukan ekspansi usaha pada kegiatan pengolahan hasil agribisnis pertanian, maka mau tidak mau kegiatan promosi ini harus dilakukan.

Distribusi dan promosi adalah satu paket yang saling terkait erat. Distribusi menjamin ketersediaan barang yang dipromosikan dan promosi mengundang konsumen di daerah sasaran untuk membeli barang atau produk agraria yang kita jual.(bd03)

Baca juga : Nikmatnya Produk Hasil Pertanian Kopi Indonesia
Pasar Pertanian Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*