Spot Foto Menarik Di Kawah Sikidang Yang Instagramable

0
1181
Spot Foto Menarik Di Kawah Sikidang Yang Instagramable

Salah satu tempat wisata yang sangat instagramable di kawasan Dieng Plateu adalah kawah sikidang. Seperti umumnya objek wisata yang menyajikan pemandangan kawah, lengkap dengan kabut putihnnya. Di kawah sikidang Anda juga akan merasa bagai ada dinegeri diatas awan. Padahal, kawasan ini lumayan ada di tanah yang datar. Jadi sangat mudah untuk dijangkau.

Menurut cerita rakyat, kawah sikidang terbentuk akibat masyarakat dieng yang ramai-ramai mengubur pangeran Kidang, seorang pangeran manusia setengah Kijang, yang memaksa untuk meminang Shinta Dewi. Namun, karena Shinta Dewi menolak, ia menghasut para penduduk sekitar untuk mengubus si pangeran Kidang hidup-hidup.

Alhasil, pangeran yang marah, kemudian meluapkan kemarahannya melalui asap yang keluar dari tanah. Dan pada momen-moen tertentu, ada gumpalan asap yang mengepul, berloncat-loncatan dari satu tempat ke tempat yang lain, yang merupakan perwujudan dari pangeran Kidang yang dikubur hidu-hidup tadi.

Nah, itu adalah cerita rakyat. Namun, dari segi ilmiah, adanya kawah merupakan hasil dari proses vulkanik dari gunung berapi yang terjadi sejak ratusan tahun yang lalu. Seperti yang diketahui, Dieng merupakan dataran tinggi, yang dikelilingi oleh beberapa gunung sekaligus.

Berdesa Tour

Tak heran, jika aktivitas vilkanik bawah tanah dataran dieng cukup aktif. Untuk itulah, pengunjung sangat dilarang untuk merokok atau membuang puntung rokok dan menyalakan api, dalam bentuk apapun di kawasan wisata ini. Karena dapat memicu ledakan yang amat dahsyat.

Baca Juga  Taman Bunga Eclesia Semarang, Serasa Berkeliling Dunia

Tips Wisata Ke Kawah Sikidang

Bekal utama dalam melakukan perjalanan wisata adalah utamakan selamat. Untuk itu, ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan waktu Anda ingin melakukan kunjungan ke Kawah Sikidang. Pertama, persiapkan bekal berupa air minum dan makanan kecil. ini demi menjaga kesehatan kantong dan diri Anda. agar perjalanan wisata Anda tetap nyaman.

Yang kedua, jangan lupa bawa masker. Kawah sikidang merupakan tempat wisata alam yang menimbulkan bau belerang. Bukan hanya baunya yang menyengat, namun juga asap belerang yang dihasilkan oleh proses vulkanik, nyatanya sangat berbahaya jika terhirup terlalu banyak. jadi, alangkah baiknya jika Anda melindungi diri Anda sendiri dengan membawa masker penutup mulut dan hidung.

Yang ketiga, perhatikan setiap aturan yang ada. Pemerintah setempat telah membatasi kawasan wisata. Ini demi keamanan pengunjung juga. Sayangnya, ada banyak pengunjung yang nekat menerabas pagar batas aman yang telah dibuat.

Padahal, dibawah tanah kawasan kawah sikidang ini terjadi aktivitas vulkanik yang sangat aktif. Tak menutup kemungkinan, ada beberapa bagian tanah yang telah rapuh. Dan sangat berbahaya jika dipijak. Karena, jika dilanggar, tak menutup kemungkinan, Anda akan terperosok dan masuk ke dalam kawah.

Baca Juga  Informasi Seputar Wisata Candi Prambanan

Spot Foto di Kawah Sikidang

Setelah memperhatikan aturan main dalam berwisata di kawah sikidang, Anda dapat menikmati pemandangan sekitar yang indah sambil melakukan sesi foto. Eksotisme pemandangan kawah memang layak untuk dijadikan background utama. Selain itu, ada tempat lain yang dapat Anda jadikan spot foto.

Disana, nanti ada beberapa penduduk yang menyewakan burung hantu, untuk dapat diajak berfoto. Jangan khawatir, ini aman dan sudah jinak kok. Lagipula, si pemilik tentu tak akan meninggalkan Anda sendirian, bukan?

Nah, selain itu, spot foto menarik di kawah sikidang ada di kawasan telor rebus kawah. Nah, di tempat ini, ada penduduk yang menjual telur mentah. Anda dapat membelinya dan merebusnya langsung dialam, yakni di kawah kecil yang memiliki air yang panas.

Cukup dengan merendam telur mentah tersebut selama 5 menit, sudah matang lho! menikmati telur rebus hangat, di cuaca yang dingin, sepertinya mantab!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here