Sosialisasi BUMDesa di Moyudan Sleman

Bumdesa Desa Moyudan

Oleh: Suharyanto

BERDESA.COM – Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman pada hari Rabu tanggal 29 Juli 2015 menyelenggarakan sosialisasi Badan Usaha Milik Desa. Kebetulan desa-desa yang ada di kecamatan tersebut belum ada yang membentuk BUMDesa, walaupun telah memiliki unit usaha yang diinisiasi desa seperti Pasar Desa.

Kecamatan Moyudan terdiri dari empat desa yakni Desa Sumber Agung, Desa Sumber Sari, Desa  Sumber Rahayu dan Desa Sumber Arum. Hadir pada acara tersebut Kepala Desa, Pengurus BPD, Pengelola Pasar Desa, Kepala Dusun serta perangkat desa yang lain. Acara dibuka oleh Camat Moyudan, pada sambutannya beliau berharap kegiatan ini akan membuka wawasan (insight) desa-desa yang ada di Moyudan untuk membentuk BUMDesa, hal ini mengingat bahwa sebenarnya desa-desa yang ada di Moyudan telah memiliki usaha desa. Pembentukan kelembagaan ekonomi yakni BUMDesa diharapkan unit-unit usaha yang ada dapat dikelola lebih optimal.

Wilayah Moyudan merupakan daerah pertanian yang subur karena mendapatkan irigasi yang dialirkan dari sungai Progo yang dibangun pada tahun 1914. Saluran tersebut dikenal dengan saluran irigasi Van der Wijck yang sampai sekarang masih berfungsi dengan baik.  Wilayah Moyudan berada diantara dua kabupaten di DIY yakni di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Nanggulan (Kabupaten Kulonprogo), sebelah utara  berbatasan dengan Kecamatan Minggir, sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Godean dan sebelah selatan  berbatasan dengan Kecamatan Sedayu (Kabupaten Bantul). Pada acara tersebut peserta mendapat dua wawasan yakni tentang Pasar Desa yang disampaikan dari Dinas Pasar Kabupaten Sleman serta tentang BUMDesa dari Suharyanto (staf pengajar STPMD “APMD”/ personil PT. Usaha Desa).

Pasar Desa yang telah ada di desa-desa diharapkan dapat menjadi salah satu unit usaha yang dikembangkan oleh BUMDesa disamping beberapa unit usaha lain yang akan dibentuk sesuai dengan potensi dan kebutuhan masing-masing desa. Inisiatif dan semangat kecamatan Moyudan ini mendapatkan dukungan dari Badan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan PP kabupaten Sleman. Dalam sambutannya pak Didik berharap agar kegiatan ini ditindaklanjuti, Badan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan PP siap untuk mendampingi hingga terbentuknya kelembagaan BUMDesa. Har

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*