Serba-serbi Bisnis Ternak Lele untuk Pemula

0
2046

Tinggal di desa merupakan sebuah keuntungan tersendiri untuk kita. Beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita memiliki rumah di desa beberapa di antaranya adalah; terbebas dari kemacetan yang otomatis membuat tingkat stres kita lebih rendah, polusi yang ada lebih sedikit sehinggakita bisa hidup lebih sehat, selain itu suasana asri akan membuat pikiran kita lebih tenang, karena sesungguhnya fungsi dari rumah sebenaranya adalah selain sebagai tempat tinggal dan berteduh dari panas dan hujan, juga sebagai tempat dimana kita mencari ketenangan dari segala kelelahan pekerjaan. Betul begitu?

Nah selain beberapa hal di atas, ada beebrapa keuntungan lainnya yang akan kita dapatkan jika kita tinggal di desa. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa harga tanah di desa biasanya, lebih rendah ketimbang di kota. Hal ini memungkinkan kita untuk membeli tanah lebih luas ketimbang di kota. Nah memiliki tanah yang luas, membuat kita bebas mengatur mau membangun rumah model apa, atau bisa juga kita jadikan usaha.

Baca Juga  Cegah Korupsi Dana Desa dengan Transparansi, Berani?

Jangan khawatir, membuka usaha di desa tidak sesulit yang dipikirkan kok. Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa Anda buka jika memiliki lahan yang cukup luas di desa. Beberapa yang sudah jelas seperti usaha kolam pemancingan, atau budidaya cabai atau peternakan ayam potong, bisa nih Anda coba. Masih belum menemukan usaha yang pas? Mungkin Anda bisa mencoba usaha ternak lele.

Jangan salah, ikan satu ini juga memiliki banyak fans lho. Selain karena harganya yang lebih murah dari ikan laut, kandungan gizi dan rasa yang enak juga membuat ikan ini kini banyak di budidayakan untuk kemudian dijual. Tertarik? Mari kita bahas dari sisi permodalan terlebih dahulu.

MODAL

  1. 2 buah terpal ukuran Rp 600.000,00
  2. Bambu Rp 300.000,00
  3. Paku 1 kg Rp 10.000,00
  4. Lain-lain Rp 40.000,00

Total Rp 950.000,00

Biaya operasional bulanan

  1. Bibit 2.000 ekor Rp500.000
  2. Pakan Rp 500.000
  3. Vitamin obat dll Rp100.000

Total Rp1.100.000

Bagaimana? Dengan modal dua jutaan saja kita sudah bisa mengawali bisnis ini. Masih belum tertarik juga untuk membuka usaha ternak lele di desa ini? Mari kita coba lihat potensi keuntungannya ya.

Baca Juga  Inilah 5 Jenis Lele yang Populer Dibudidayakan

Mari kita mulai dengan pendapatan asumsi panen lele dengan total 500 kg dengan jumlah kematian lele sebesar 10% dari keseluruhan, dengan harga Rp10.000,00/kg, Anda akan mendapatkan kira-kira Rp5.000.000,00 untuk pendapatan kotornya. Kemudian, keuntungan bersihnya bisa kita peroleh dengan mengurangi pendapatan dengan biaya operasional bulanan yakni Rp5.000.000 -Rp1.100.000 = Rp3.900.000. Itu merupakan potensi keuntungan bersih yang bisa Andadapatkan di panen pertama.

Keuntungan untuk panen selanjutnya berpotensi lebih besar karena Anda tidak perlu membuat kolam baru. Harga lele per kilogramnya juga berbeda-beda di tiap kota. Hal itu juga mempengaruhi keuntungan yang akan Anda dapatkan. Dan satu hal lagi, perkiraan keuntungan di atas merupakan asumsi keuntungan tanpa menghitung sewa tempat atau tanah, karena diasumsikan menggunakan lahan pribadi Anda. Selain itu, perkiraan di atas juga tidak ditambah dengan biaya karyawan.

Bagaimana? Sudah mendapat sedikit pencerahan mengenai bisnis menguntungkan ini? Jangan ragu untuk mencoba bisnis dengan modal dua jutaan ini karena keuntungan yang Anda dapatkan bisa berlipat ganda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi gambaran kepada Anda serba-serbi bisnis ternak lele yang bisa Anda coba di desa. Semoga artikel ini dapat membantu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here