Sepenting apakah Perpustakaan bagi Desa?

0
115

Berdesa.com – Seberapa pentingnya kebutuhan warga desa terhadap kehadiran perpustakaan desa? Lha wong mengurus kebutuhan rumah tangga saja sudah menghabiskan waktu, kapan punya waktu untuk membaca. Begitu sebagian pikiran warga desa terhadap perpustakaan. Mereka belum tahu betapa banyak manfaat yang bisa dipetik dari bacaan di perpustakaan desa.

Sesungguhnya perpustakaan desa bisa menjadi pusat ilmu informasi dan pengetahuan baru bagi warga desa untuk meningkatkan harkat hidupnya baik dari sisi ekonomi maupun sosial. Sayangnya, kebutuhan membaca buku belum dianggap hal yang penting bagi sebagian warga. Soalnya, membaca buku masih dianggap sebagai aktivitas yang hanya pantas dilakukan orang-orang terpelajar saja. Jadi, apa sebenarnya fungsi perpustakaan di desa dan bagaimana cara membuat orang-orang desa menyadari pentingnya perpustakaan bagi mereka.

  1. Pusat Informasi Murah dan Cepat

Perpustakaan menyediakan buku-buku berisi berbagai informasi penting yang akan memberikan pengetahuan-pengetahuan baru bagi warga desa. Beragai informasi ini bisa didapatkan dengan cara yang murah dan cepat karena warga hanya tinggal meluangkan waktu datang ke perpustakaan dan memilih buku sesuai dengan jenis informasi yang dibutuhkannya.

  1. Meningkatkan Kemampuan Warga Desa
Baca Juga  Kenapa Dana Desa Belum Maksimal Mengentaskan Kemiskinan, Ini Sebagian Jawabannya

Melalui buku-buku yang ada, warga desa akan mendapatkan berbagai informasi penting meningkatkan produktivitas mereka. Misalnya, para peternak lele bisa mendapatkan beragam informasi mengenai teknik pengelolaan penggemukan ikan, para ibu menjadi tahu bagaimana membuat aneka makanan dari bahan baku lokal. Para petani menjadi paham bagaimana membuat pupuk organik sendiri dan sebagainya.

  1. Pusat Pendidikan Warga Desa

Dari berbagai informasi yang disediakan perpustakaan maka sesungguhnya perpustakaan desa adalah tempat belajar bagi warga desa mengenai banyak hal. Warga bisa mendapatkan jawaban berbagai hal yang selama ini mereka pikirkan. Jadi, perpustakaan memiliki fungsi sebagai lembaga yang bisa menciptakan pendidikan melalui berbagai pengetahuan baru yang didapatkan warga.

  1. Fungsi Rekreasi

Melalui buku-buku yang ada di sana, warga desa bisa melakukan rekreasi sosial dengan membaca novel dan buku cerita. Selain menghibur, buku cerita dan novel akan memberi pengetahuan pada warga mengenai kebudayaan daerah lain.

  1. Membangun Tradisi Literasi Sejak Dini

Adanya perpustakaan akan memberi dampak yang sangat baik terutama bagi anak-anak. Perpustakaan akan menciptakan budaya literasi yang baik. Gemar membaca sejak kecil membuat anak-anak menjadi paham berbagai pengetahuan dan menjadi terbiasa untuk mendapatkan pengetahuan berbasis literature yang sahih. Ini akan menumbuhkan generasi cerdas dan memiliki tradisi intelektual yang kuat.

  1. Fungsi Kultural
Baca Juga  Cara Dapatkan Dana untuk Kegiatan Budaya Desa

Perpustakaan bisa mendorong terciptanya kemajuan budaya di desa. Soalnya, bisa digunakan sebagai tempat menggelar diskusi, pameran dan sebagainya. Maka perpustakaan akan menjadi tempat bagi warga mengembangkan gairah seni dan budayanya, ini akan menjadi spirit yang poitif bagi warga menuju kehidupan sosial ekonomi yang lebih baik.

Ilmu pengetahuan adalah milik semua orang dan semua orang berhak mendapatkannya. Untuk itulah perpustaan lahir dan harus ada sehingga warga desa bisa melihat dunia yang lebih luas. Apalagi jika perustakaan desa dilengkap dengan akses internet. Bagaimana dengan desa Anda, apakah sudah memiliki perpustakaan desa?(dji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here