Separuh Warga Indonesia Sudah Menggunakan Internet, Artinya?

Separuh Warga Indonesia Sudah Menggunakan Internet, Artinya?

Berdesa.com – Perkembangan teknologi digital memang luar biasa, salahsatunya di Indonesia. Data dari Pusat Inovasi dan Kajian Akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM) menyebut, dari 262 juta warga republik ini sebanyak 132,7 juta orang sudah menggunakan internet. Uniknya, dari jumlah itu ada 137 juta sim card provider yang beredar, artinya satu pengguna memiliki lebih dari satu sim cars

Kepala Pusat Inovasi dan Kajian Akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM) Hatma Suryatmojo sebagaimana dikutip dari Republika.com  mengatakan, jumlah pengguna internet ini menjelaskan,  hampir semua pengguna internet itu pengguna aktif. Angka itu juga menunjukkan kenaikan 39 persen penggunaan internet tahun ini. Warga bangsa ini sekarang boleh dikatakan sudah mulai familiar dengan gawai dan beragam produk digital.

Dari penggunaan alat, pengguna ponsel di Indonesia mencapai 91 persen, telepon pintar mencapai 47 persen, dan sisanya laptop 21 persen. Sementara, waktu mengakses internet rata-rata mencapai delapan jam 44 menit sehari. Anehnya dengan jumlah sebesar itu aktivitas mengecek email hanya 14 persen, search engine hanya 9 persen, memutar fitur lagu hanya 6 persen dan 62 persennya membuka Medsos.

Pengguna Medsos di Indonesia sangatbesar, mencapai 106 juta penduduk pengguna medsos aktif. Sebanyak 92 juta pengguna ini memelototi Medsos-nya , melalui ponsel. Ydari beragam Medsos yang ada YouTube tampil sebagai juarakarena diakses secara aktif oleh 49 persen pengguna internet, Facebook digunakan 48 persen, disusul WhatsApp, messenger dan sosial networking lain.Tak heran makanya banyak anak muda yang kini aktif sebagai Youtuber.

Fenomena ini menjelaskan bahwa dunia digital di Indonesia telah menjadi dunia baru yang memiliki  banyak potensi untuk dikembangkan terutama dalam ranah usaha. Internet juga menjadi wahana yang paling efektif untuk melakukan transfer pengetahuan kepada semua orangbahkan di daerah terpencil sekalipun.

Secara ekonomi, teknologi digital juga telah merubah skema besar ekonomi global sehingga para pelaku usaha di seluruh Indonesia mau tak mau juga harus mengikuti pola ini dan menjadikan dunia maya sebagai wahana mengembangkan usahanya. Jadi, mari dimulai dari sekarang atau Anda akan ketinggalan. (adji/berdesa).

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*