Sembilan Alasan Kenapa Usaha Hidroponik Rumahan Gampang Dilakukan

Sembilan Alasan Kenapa Usaha Hidroponik Rumahan Gampang Dilakukan

BERDESA.COM – Anda ingin bebas dari dampak kenaikan harga cabe melejit menuju langit bahkan malah mendapat untung? Usaha hidroponik rumahan adalah jawabannya. Bukan hanya membuat Anda tidak perlu belanja, usaha hidroponik rumahan bahkan bisa membuat Anda panen rupiah. Hebatnya, usaha ini bisa dilakukan di pekarangan rumah yang sempit sekalipun.

Usaha hidroponik rumahan berarti budidaya menanam yang hanya memanfaatkan air. Jadi, budidaya ini tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Usaha ini juga tidak memerlukan tenaga terlalu besar bahkan bisa dilakukan sendiri. Apa sajakah keunggulan dan keuntungan yang bisa dipanen dari usaha hidroponik rumahan?

  1. Mudah dikembangkan di setiap rumah. Segala informasi sistem hidroponik gampang didapatkan di internet mulai dari pengertian dasar, peralatan yang dibutuhkan hingga berbagai bibit tanaman sekalian. Silakan buka @usahadesa, akun Instagram milik usahadesa.com ini menyediakan seluruh kebutuhan peralatan sekaligus bibit yang Anda butuhkan. Anda bahkan bisa langsung membeli melalui akun itu.
  1. Hemat tempat. Penanaman sistem hidroponik sangat hemat tempat. Tak perlu sawah nan luas menghampar melainkan cukup di halaman atau teras rumah sekalipun. Wadah tempat menanam juga bisa menyesuaikan dengan tempat dan kebutuhan sesuai jenis tanaman. Anda bahkan bisa membuat model penataan bersusun-susun asal masih mendapatkan distribusi sinar matahari.
  1. Media tanam yang mudah dan murah. Sebagai wadah menanam bibit Anda bisa memanfaatkan ember bekas, toples dan berbagai perkakas yang bisa menampung tanaman dan air. Jika ingin membuatnya menjadi indah, Anda tinggal membeli wadah-wadah sesuai selera. Tetapi karena pentingnya cahaya matahari maka usahakan menggunakan wadah-wadah yang being agar sinar matahari leluasa menerobos ke relung-relung tanaman. Cara ini akan memperkecil kemungkinan tumbuhnya lumut.
  1. Terlepas dari bahaya pestisida. Bukan rahasia lagi, pestisida adalah salahsatu bahan yang memiliki tingkat bahaya bagi tubuh manusia. Sistem hidroponik bakal menyelamatkan Anda dari ancaman ini karena hidroponik bebas pestisida. Sehingga, buangan airnya dari sistem ini juga aman dan tidak mengandung racun membahayakan. Maka mengembangkan hidroponik dijamin akan membuat keluarga Anda menjadi jauh lebih sehat karena mengkonsumsi bahan makanan dan sayur yang sehat.
  1. Jenis tanaman bisa disesuaikan dengan lahan yang ada. Selada. Selada air, sawi, mentimun, sayur-sayuran hijau, tomat, cabe baru beberapa jenis tanaman yang bisa dikembangkan dengan teknik ini. Cabe tentu saja menjadi pilihan yang menggiurkan karena tingginya harga di pasaran. Bayangkan tebalnya kantung Anda jika Anda menghasilkan berkilo-kilo cabe pada saat harganya selangit. Mengenai seserius apa Anda akan membangun usaha hidroponik rumahan tergantung dari lahan dan ketelatenan Anda sendiri.
  1. Peluang pasar Tanaman hidroponik sangat tinggi. Karena bebas pestisida dan kadar nutrisi yang terjaga, sayuran hidroponik sangat dicari oleh para pengunjung di supermarket. Anda bisa mendulang rupiah dengan memasarkan hasil panenan kebun hidroponik Anda.
  1. Ada beberapa cara yang bisa dipilih yakni :
    1. NFT (Nutrient Film Technique). Ini teknik seperti selokan yang dilubangi. Akar tanaman langsung terkena air yang sudah berisi nutrisi hara.
    2. Wick System. Pipanya bukan berfungsi seperti selokan melainkan dipotong separuh alu ditaruh di wadah yang ada air unsur hara dan sekamnya
    3. Air Tetes. Mengisi polybag dengan sekam padi lalu air bernutrisi hara diatur supaya menetes sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan nutrisi tanaman.
  1. Modal minim keuntungan maksimal. Tidak butuh modal besar untuk mengembangkan teknik ini.
  1. Bisa dijual sebagai hiasan. Selain untuk konsumsi, tanaman hidroponik juga bisa dijual sebagai hiasan dan bahkan pembibitan. And atinggal memilih pada jalur mana Anda akan menjadikannya uang.

Tidak perlu kawatir mengenai bagaimana memulai ini. Anda tinggal membuka internet untuk mendapatan segala informasi lalu membuka akun Instagram @usahadesa untuk mendapatkan segala perlengkapan yang dibutuhkan. Masih bingung juga, hubungi No. 0895381500455. Sederhana bukan? (aryadji/berdesa)

Foto: www.tanamtanaman.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*