Seberapa Penting Pelatihan Meningkatkan Ekonomi Desa

0
795
Seberapa Penting Pelatihan Meningkatkan Ekonomi Desa

Desa memang seringkali dipandang sebelah karena tingkat perekonomiannya yang masih kecil. Padahal sebenarnya desa menyimpan banyak potensi untuk dikembangkan seperti salah satunya dalam bidang ekonomi. Oleh karena itu ada alasan penting mengapa Pelatihan Meningkatkan Ekonomi Desa yang ditawarkan oleh UsahaDesa patut untuk dipertimbangkan. Apalagi di tengah zaman yang mana teknologi semakin jauh berkembang. Lalu apa saja manfaatnya?

Anda Sebagai Pengusaha

Materi pertama dari Pelatihan Meningkatkan Ekonomi Desa yang ditawarkan oleh UsahaDesa adalah membahas Anda yakni para peserta sebagai calon pengusaha atau sebagai pelaku usaha. Mengapa hal ini penting untuk disampaikan?

Karena dari materi tersebut kita akan diajak untuk memahami bagaimana karakter seorang pengusaha, yang pantang menyerah, kreatif, mampu melihat pasar dan juga tentu saja berdaya saing tinggi. Sebagai dasar, karakter ini akan mengembangkan masyarakat bagaimana menjadi pengusaha sukses nantinya.

Ide Bisnis

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa desa memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan yang mana salah satunya adalah dalam bidang ekonomi yakni kewirausahaan. Alasannya salah satunya adalah karena desa memiliki potensi bahan mentah yang masih dapat diproses menjadi barang bermutu tinggi yang dapat dipasarkan.

Baca Juga  Manfaat Pelatihan UMKM Bagi Pelaku Usaha

Hanya saja anda memerlukan bagaimana anda mencari ide bisnis yang masih memiliki peluang untuk dikembangkan dan mampu bersaing di tengah pasar melalui Pelatihan Meningkatkan Ekonomi Desa ini.

Penetapan Tujuan

Selain poin pertama dan poin kedua, yang tidak kalah penting untuk diperoleh saat Pelatihan Meningkatkan Ekonomi Desa adalah bagaimana cara berproses dengan SMART untuk menentukan pasar yang spesifik.

Pasar yang spesifik dalam usaha ini dianggap mampu memberikan tanggapan terhadap bisnis lebih baik dan bagaimana anda memanfaatkan peluang tersebut. Oleh karena itulah materi ini penting untuk dipahami melalui pelatihan dari UsahaDesa.

Analisa Rantai Nilai

Selanjutnya yang juga penting untuk didapatkan adalah bagaimana melalui Pelatihan Meningkatkan Ekonomi Desa anda juga bagaimana anda dapat memahami dan juga menganalisa rantai nilai. Setelah mengetahui dan memahami rantai nilai dalam bisnis atau usaha yang anda jalankan maka anda bisa mencari peluang yang lebih besar lagi.

Survey Pasar

Yang akan menjadi materi selanjutnya adalah bagaimana anda melakukan survey pasar. Mendapatkan pasar di poin ke tiga memang penting, namun yang tidak kalah penting lainnya adalah bagaimana anda bisa menganalisa pasar dan mengerti apa yang terjadi pada pasar sehingga anda dapat menentukan langkah atau kebijakan untuk usaha anda. Melalui Pelatihan Meningkatkan Ekonomi Desa, anda akan diajak untuk belajar cara menganalisa dan mensurvey pasar dari narasumber yang sudah berpengalaman.

Baca Juga  Pelatihan Potensi Ekonomi Desa

Menyusun Model Bisnis

Yang terakhir ini akan merangkum semua yang ada dalam poin poin di atas dan langsung mengaplikasikannya dalam sebuah permodelan usaha dan bagaimana anda menjalankannya. Disini lah pengalaman-pengalaman dan juga ilmu yang akan diberikan oleh narasumber-narasumber terkemuka akan terasa lebih dari sekedar teori.

Jika anda berminat untuk Pelatihan Meningkatkan Ekonomi Desa melalui UKM, Kewirausahaan, atau BUMDes dalam waktu 16 jam, anda bisa menghubungi kontak berikut yakni:

No. Telp               : 0852 2605 5155

Email                     : [email protected]

Atau datang langsung ke Jl. Samirono Baru No. 7 Catur Tunggal, Sleman, Yogyakarta 55281. Namun anda juga perlu mengingat bahwa kegiatan Pelatihan Meningkatkan Ekonomi Desa ini hanya diperuntukan untuk 50 pendaftar pertama saja. Jadi segera persiapkan persyaratannya dan segera hubungi nomor atau email di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here