Salon Kecantikan Jadi Peluang Usaha Desa yang Cantik

0
696

Setiap orang pasti menginginkan penampilan yang rapi dan terlihat sempurna dari atas sampai bawah. Karena itu, salon menjadi tempat favorit untuk menjaga dan merawat penampilan diri. Sudah menjadi hal yang lumrah bila kaum hawa selalu merawat penampilannya agar terlihat selalu cantik. Apalagi kini potongan rambut tak cukup lagi dengan hanya potongan yang rapi atau standart. Tak hanya soal potong memotong saja, masih ada lebih banyak urusan lagi yang berhubungan dengan rambut ini.

Mulai dari creambath, rias wajah, pedicure, manicure, body spa hingga perawatan tubuh lainnya, ini juga belum termasuk model cat rambut yang beraneka warna. Banyak orang yang percaya bahwa model rambut memiliki pengaruh besar untuk mendongkrak penampilan mereka. Untuk itu, bisnis salon kecantikan ini termasuk peluang usaha desa yang cukup jitu untuk mengeruk rupiah. Karena, berbagai layanan seperti ini sangat dibutuhkan oleh warga desa saat ini.

Bukan hanya itu, membuka usaha salon kecantikan juga dapat memanfaatkan momen-momen khusus seperti wisuda, pernikahan, hingga momen peringatan hari besar seperti Hari Kemerdekaan 17 Agustus, Hari Pahlawan dan Hari Kartini. Pada waktu momen-momen khusus tersebut, kebanyakan orang akan merias wajah mereka dan tak jarang mereka membutuhkan baju khusus atau kostum pula. Hal itulah yang membuat salon kecantikan kemudian dibanjiri konsumen.

Baca Juga  Mau Buka Usaha Warnet Di Desa? Cek Analisa Usahanya Disini!

Jika Anda ingin usaha salon kecantikan yang Anda jalankan ini sukses, ada dua kuncinya, yaitu untuk selalu mengikuti trend mode yang semakin berkembang dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumen. Karena usaha yang Anda jalankan berkaitan dengan penampilan yang selalu mengalami perubahan trend dari waktu ke waktu, maka Anda juga harus selalu mengikuti perkembangan trend. Selain itu, memberikan pelayanan yang terbaik pada setiap konsumen menjadi hal penting untuk dilakukan agar konsumen merasa nyaman dan ingin terus kembali ke salon kecantikan Anda.

Bagi Anda yang baru ingin membuka usaha salon kecantikan, sebaiknya simak beberapa cara berikut ini:

1. Konsep salon

Menentukan konsep seperti apa yang akan Anda pakai untuk usaha salon Anda dapat menjadi ciri khas yang akan diingat orang tentang salon Anda nantinya. Konsep yang perlu Anda pikirkan adalah seperti, desain interiornya akan seperti apa? Layanan apa saja yang hendak Anda berikan kepada konsumen? atau standar pelayanan bagaimana yang harus Anda berikan nantinya? Semakin detail Anda dalam merencanakan konsep, akan semakin bagus untuk usaha Anda nantinya.

Baca Juga  Peluang Usaha Distribusi, Cara Jitu Menjadi Orang Kaya Baru

2. Siapkan SDM (Sumber Daya Manusia)

Dalam usaha salon kecantikan, SDM memiliki peran yang sangat penting. Karena SDM nantinya memainkan peran kunci yang besar, Anda tentu harus memilih SDM yang kompeten di bidangnya. Terutama cari yang sudah berpengalaman, atau dari lulusan sekolah atau kursus potong rambut. Anda juga harus terus mengikuti kursus atau pelatihan kecantikan agar selalu update tentang trend mode yang sedang populer. Jika Anda berhalangan, Anda juga bisa mengirim salah satu karyawan Anda untuk mengikuti kursus atau pelatihan kecantikan tersebut.

3. Pemilihan lokasi

Seperti usaha pada umumnya, lokasi yang strategis akan membantu dalam kesuksesan usaha Anda. Jangan pilih lokasi usaha dengan akses masuk yang susah dan membingungkan bagi calon konsumen. Anda juga bisa memilih lokasi disekitar kampus sehingga saat ada acara wisuda, salon Anda akan banjir orderan.

4. Strategi pemasaran

Strategi pemasaran bisa dilakukan melalui cara online dan offline. Untuk online, Anda bisa menggunakan sosial media untuk berpromosi. Kemudian untuk offlinenya, Anda bisa menyebarkan brosur, pamflet, atau leaflet. Sediakan juga promo-promo menarik bagi konsumen seperti, “Dapatkan potongan 10% untuk kalian yang datang membawa Kartu Tanda Mahasiswa”, atau lain sebagainya.

Baca Juga  Peluang Usaha Yang Bagus di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

5. Siapkan modal

Hitung modal awal yang akan dibutuhkan dalam membuka usaha salon kecantikan. Seperti modal awal untuk membeli cermin rias, kursi, handuk kecil, tempat cuci rambut, tempat tidur untuk facial, steamer rambut, steamer badan dan lainnya. Juga untuk biaya operasionalnya seperti bahan kosmetik (facial, creambath, dll), kosmetik rias, kosmetik perawatan tubuh, gaji karyawan, listrik dan air, serta untuk biaya marketingnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here