Saat Tepat Jadi Wirausahawan, Pemerintah Siapkan Bantuan Modal

1
549

BERDESA.COM – Jika Anda igin menjadi wirausahawan, inilah saat yang tepat. Soalnya, Kementerian Koperasi dan UKM sedang gencar menggenjot tumbuhnya wirausahawan muda di seluruh Indonesia. Kemenkop UKM bahkan telah menyiapkan dukungan permodalan bagi 1.830 pengusaha pemula. Bantuan modal berkisar antara Rp. 10 – 13 juta.

Deputi Bidang Pembiayaan Koperasi dan UKM Yuana Setyowati, Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan, pihaknya telah membuat Keputusan Deputi Pembiayaan mengenai Petunjuk Teknis Pelaksanaan bantuan pemerintah bagi pengembangan wirausaha pemula (WP) di Indonesia. “ Bantuan ini untuk peguatan permodalan bagi usaha mikro dan kecil melalui start up capital untuk pengembangan usaha,” kata Yuana.  Diharapkan bantuan ini bisa menjadi tenaga pendorong perkembanan UKM  berbagai daerah di tanah air.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon penerima bantuan ini yakni, merupakan usaha rintisan yang telah berusia paling sedikit 6 bulan. Pebisnis harus pula di bawah usia 45 tahun dan belum pernah menerima bantua sejenis dari Kemenkop. Sebelum mengajukan pinjamannya, para pebisnis pemula diharuskan memiliki rencana usaha seperti informasi mengenai jenis usaha, rencana penggunaan anggaran dana bantuan serta identitas resmi perusahaan. Seluruh rencana itu ditulis dalam sebuah proposal usaha lalu disampaian pada pemerintah setempat.

Baca Juga  UKM Jahe Herbal Karya Tunanetra

Agar uang tidak menguap percuma, setelah si penerima bantuan menerima uangnya, Kemenkop bakal melakukan  pengawasan mengenai proses yang dijalankan pengusaha dengan melibatkan para stakeholder terdekat untuk melakukan pengawasan. Kemenkop telah menyiapkan aturan dan sanksi yang tegas bagi pengusaha yang menyalahgunakan dana bantuan yang telah mereka terima. “ Sanksinya sesuai Peraturan Perundangan yang berlaku daa Kemenkop berhak memutuskan untuk menggagalkan seorang penerima lalu dana diberikan ke penerima lain” ujar Yuana. Jadi, jangan main-main, dana ini harus dipertanggungjawabkan dengan professional.

Usaha mendorong lahirnya wirausaha-wirausaha di Indonesia juga dilakukan Kementerian Perindustrian. Bahkan Kementerian Perindustrian memasang target melahirkan 20 ribu wirausaha baru pada 2019 nanti. Untuk mencapainya Kementerian Perindustrian memberikan berbagai fasilitas bagi pengembangan produk Industri Kecil dan Menengah(IKM), restrukturisasi mesin/peralatan serta promosi dan pameran.

Untu mencapai target itu Kementerian Perindustrian juga menggenjot penguatan sektor industry dengan berbagai kebijakan priorita seperti vokai industry, pendalaman struktur industri, industry padat karya dan orientasi ekspor. Bagi golongan IKM Kementerian Perindustrian juga mendorong IKM yang sudah memanfaatkan platform digital dalam menjalankan usahanya.  Dukungan dari berbagai sektor ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh IKM dan para pengusaha pemula (wirausahawan pemula). Faktanya, sebagian besar warga negeri ini tumbuh dan hidup dengan mengandlkan sektor industry kecil dan menyerap tenaga kerja paling besar di antara berbagai profesi dan peluang kerja lainnya.(adji/berdesa)

Baca Juga  Berterimakasihlah Pada Kaum Perempuan, 60 Persen UKM Indonesia Dijalankan Mereka

1 KOMENTAR

  1. Saya yakin saya sanggup memenej BUMdes,, Sesungguhnya, saya sudah merintis sejak Awal Tahun 2017.
    saya memerlukan Modal Usaha dan Biaya Operasional, mohon saya dibantu dengan Anggaran dari Negara 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here