Rencana Usaha Anda Harus Berisi 9 Hal Ini

Rencana Usaha Anda Harus Berisi 9 Hal Ini

BERDESA.COM – Anda sedang menyusun rencana usaha yang baru, maka Anda harus pastikan rencana usaha Anda memiliki kelengkapan konsep yang akan memudahkan investor meyakini potensi usaha Anda sekaligus memudahkan Anda menjalankan nantinya. Apa saja yang harus ada di dalam sebuah rencana usaha baru, ini dia: 

  1. Penjelasan Ringkas. Tuliskan konsep usaha yang ingin Anda bangun tak lebih dari dua halaman saja. Buatlah ringkasan yang memudahkan investor memahami potensi keuntungan yang bisa diraih dari usaha yang Anda sodorkan. Soalnya, penjelasan yang terlalu panjang belum tentu membuat orang lebih paham.
  1. Penjelasan Mengenai Visi Misi. Tulislah beberapa paragraf mengenai misi singkat dari usaha yang Anda bangun. Di dalam misi ini juga harus memuat keunikan-keunikan tertentu sehingga menjadi daya tarik yang membedakan konsep usaha ini dibanding usaha lainnya.
  1. Jelaskan produk atau jasa yang Anda tawarkan dalam usaha itu. Tuliskan mengenai produk atau jasa secara detail dengan harga yang jelas dan pasti.
  1. Target pasar harus jelas dan Anda harus menunjukkan penguasaan informasi yang Anda miliki secara detail mengenai target pasar yang Anda sasar itu. Materi ini butuh data yang detail dan sebaiknya Anda menyiapkan survei terlebih dahulu untuk menyusunnya atau paling tidak mempelajari dari berbagai referensi yang bisa dipertanggungjawabkan. Produk yang hebat tanpa sasaran pasar yang jelas bakal menjadi menciptkan persoalan pemasaran yang berbahaya bagi kesehatan keuangan perusahaan Anda pada bulan-bulan pertama usaha Anda mulai berdiri.
  1. Marketing Plan. Produk yang bagus dan modal dana belumlah cukup untuk sebuah usaha baru. Anda harus pula memiliki penjelasan yang lengkap mengenai bagaimana strategi yang akan Anda terapkan agar produk Anda menjangkau pasar yang Anda bidik lengkap dengan pembiayaan promosi, apa saja yang dibutuhkan dalam pergerakan itu dan utamanya target pendapatan yang bisa diraih dari modal yang Anda ajukan.
  1. Percaya diri itu penting tapi Anda jangan sampai lupa tingginya persaingan yang ada. Anda harus memiliki penjelasan mengenai tingkat persaingan yang Anda hadapi dalam usaha baru yang ingin Anda bangun sekaligus strategi memenangi pertarungan dengan para kompetitor itu. Keunikan apa yang ada dalam strategi Anda dan keunggulan apa saja yang Anda miliki termasuk produk yang Anda akan jual sehingga lebih menarik bagi konsumen dibanding produk perusahaan lain yang memiliki pergerakan yang sama.
  1. Laporan Keuangan. Laporan keuangan yang baik dan transparan adalah syarat mutlak yang akan menghasilkan kepercayaan dari calon investor pada usaha yang Anda akan bangun. Jangan salah, kepercayaan adalah modal terbesar dari apapun aset yang Anda miliki. Maka siapkan laporan keuangan yang jujur pada calon investor. Laporan yang tidak jujur dijamin malah akan merugikan diri Anda sendiri ketika menjalankan perusahaan itu dimasa yang akan datang.
  1. Sodorkan struktur kerja seluruh karyawan yang Anda miliki lengkap dengan kualifikasi orang-orang itu. Ini akan mendorong ketertarikan investor karena bisa mengukur kapasitas perusahaan yang akan dia danai.
  1. Jangan lupa untuk menuliskan paket-paket investasi berikut keuntungan yang bakal diperoleh investor jika setuju mendanai investasi usaha Anda. Paket itu haruslah menarik dan menguntungkan bagi investor. Soalnya, tidak ada investor yang ingin menanam duitnya untuk bisnis yang keuntungannya tidak jelas.

Delapan hal di atas memuat hal-hal yang sangat detail mengenai seluruh bagian kerja di perusahaan Anda. Maka sebaiknya, sebelum menyusun delapan hal tadi, Anda harus mempelajari lebih dahuu seluruh bagian dari perusahaan Anda. Penguasaan Anda sebagai pengelola usaha pada seluruh bagian dari usaha Anda adalah satu catatan penting bagi investor memutuskan diri menurunkan investasi bagi usaha itu.(aryadji/berdesa).

Foto: www.google.com

 

cd desa wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*