Punya Lahan Luas di Desa? Buka Cucian Mobil Aja!

0
3153

Jika anda memiliki lahan yang luas di daerah pedesaan, atau sedang terpikirkan untuk membuka usaha karena sebentar lagi akan pensiun, namun masih bingung mau bisnis apa, berikut kita akan membahas usaha cucian mobil atau usaha cucian kendaraan. Usaha yang satu ini dapat dibilang cukup promising, mengingat banyaknya orang memiliki kendaraan. Dalam satu rumah saja, kita bisa hitung, jarang dalam satu rumah hanya memiliki satu buah motor.

Seringnya, dalam satu rumah memiliki dua atau lebih motor, belum termasuk mobilnya. Kemudahan dalam membeli kendaraan kini membuat banyak orang memiliki lebih dari satu kendaraan. Biasanya, orang yang sudah sibuk bekerja seringkali “lupa” untuk mencuci kendaraannya atau malah tidak sempat mungkin untuk mencuci kendaraannya. Nah hal ini dapat kita manfaatkan untuk membuka bisnis cucian mobil atau bisnis cucian kendaraan.

Tidak perlu takut tidak dapat pelanggan karena sepanjang orang masih memiliki kendaraan, sepanjang itulah bisnis kita akan berpotensi mendapatkan konsumen. Guna lebih menarik pelanggan, alangkah lebih baik jika bisnis yang kita buka adalah bisnis cuci salju.

Baca Juga  BUMDes Tugu Jaya Lampung Kembangkan Pasar Desa

Cuci salju kini lebih banyak peminatnya karena dirasa lebih “mengangkat” kotoran ketimbang cuci biasa. Untuk membuka cuci salju ini kita membutuhkan lahan yang luas, minimal dapat menampung dua mobil, kemudian kita juga akan membutuhkan tangki snow, kompresor tentunya, dan alat pembersih lain. Untuk lebih memudahkan berikut rincian estimasi modal awal yang perlu kita keluarkan:

Kebutuhan Estimasi Biaya
Tangki Snow Rp. 1.000.000
Kompresor Rp. 2.000.000
Alat Semprot Rp. 1.500.000
Alat-alat pencucian Rp. 3.000.000
Sampo kendaraan Rp. 2.000.000
Semir Rp. 2.000.000
Gaji Karyawan Rp. 1.500.000 / orang
Listrik Rp. 500.000
Air Rp. 500.000
Total biaya Rp. 14.000.000

 

Estimasi biaya di atas masih belum termasuk biaya hidrolik. Bagi Anda yang memiliki dana lebih dan ingin membuka cuci salju dengan menggunkan hidrolik mobil, Anda mungkin butuh mengeluarkan uang yang lebih besar, pasalnya, harga hidrolik tidaklah murah. Namun, dengan adanya hidrolik, cuci mobil kita akan “terkesan” lebih meyakinkan bukan?

Nah jika Anda tertarik untuk membeli hidrolik ini, rentang harganya berkisar Rp. 40.000.000 – Rp. 50.000.000, namun sudah dalam bentuk paket biasanya. Jadi kita akan mendapatkan dua buah hidrolik lengkap dengan peralatan lainnya yang dibutuhkan.

Baca Juga  Kabupaten Kepulauan Mentawai Gandeng Usaha Desa untuk Dongkrak Ekonomi Lokal

Biaya diatas juga tidak termasuk dengan sewa tempat ya. Jika Anda sudah memiliki lahan yang luas di desa untuk membuka bisnis ini, akan sangat menguntungkan bagi Anda, namun jika belum memiliki lahan yangluas, perkiraan sewa lahan adalah sebesar Rp. 15.000.000 sampai Rp.20.000.000 per tahunnya, bergantung luas. Lalu bagaimana perkiraan keuntungan yang bisa Anda dapatkan? Mari kita hitung bersama:

Tarif untuk satu buah mobil katakanlah Rp. 30.000, jika dalam sehari kita bisa mendapatkan 5 mobil aja, kita sudah mendapatkan Rp. 150.000, belum termasuk pendapatan yang kita peroleh dari motor. Katakanlah tarif cuci motor Rp. 10.000, jika dalam sehari kita dapat 3 motor saja, kita bisa mendapatkan keuntungan kotor Rp. 180.000 per hari, kalikan 30. Dalam sebulan, penghasilan kotor yang bisa kita dapatkan lebih dari Rp. 5.000.000. Itu baru perkiraan keuntungan minimal ya. Tertarik mencoba?

Nah bisnis ini sangat cocok dibuka di desa karena lebih sedikit pesaingnya. Jangan ragu untuk membuka bisnis ini karena keuntungan yang didapat bisa sangat menggiurkan. Jika memang memungkinkan, tidak perlu hire terlalu banyak pegawai terlebih dahulu di awal sampai dirasa keuntungan yang didapat cukup, namun jika memang anda siap dan dirasa keuntungan yang Anda dapatkan bisa mengcover semuanya, Anda boleh hire lebih dari satu pegawai.

Baca Juga  Desa-Desa Wisata Yang Memiliki Spot Instragramable

Itu tadi beberapa hal terkait peluang usaha cucian mobil atau cucian kendaraan di desa yang bisa kita coba. Daripada tanah luas anda di desa tidak dimanfaatkan, lebih baik buka usaha yang sudah jelas ada hasilnya bukan? Semoga artikel ini dapat memberikan Anda inspirasi dan informasi mengenai peluang usaha yang dapat dicoba di desa ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here