Punya Lahan Dekat Sekolah Atau Perkantoran? Buka Usaha Ini!

0
737

Membuka bisnis menjadi opsi pemasukan tambahan yang tidak dapat dianggap remeh karena bisa jadi, pemasukan dari berbinsis malah akan lebih besar ketimbang pemasukan utama dari gaji bekerja. Tak heran, kini banyak yang banting setir ke dunia usaha. Tidak hanya itu, stigma bahwa menjadi “bos kecil” akan lebih baik ketimbang jadi karyawan, membuat tidak sedikit orang akhirnya mantap untuk membuka usaha.

Berbicara soal membuka usaha, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa kita buka sebenarnya. Mulai dari yang memiliki modal minim, sampai bermodal kakap seperti membuka bisnis cafe, atau resto dan beragam bisnis bidang kuliner lainnya. Namun bagi kita yang memilki modal terbatas namun tetap ingin membuka usaha atau bisnis, kita bisa membuka usaha yang tepat sasaran.

Usaha tepat sasaran disini maksudnya adalah kita sudah tahu prospek bisnis ini kedepannya karena berlokasi di dekat target market kita. Salah satu contoh nyatanya adalah jika kita memiliki lahan atau lokasi yang berdekatan dengan sekolah atau fasilitas publik dan perkantoran, selain bisnis kuliner yang memang menjadi idola namun bermodal besar, kita bisa membuka bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan seperti photocopy dan print.

Baca Juga  Peluang Usaha Menjanjikan di Desa Yang Bisa Anda Kembangkan

Bisnis photocopy dan print memang terlihat remeh dan sepele, namun jangan salah, anak sekolah dan perkantoran tentu membutuhkan photocopy dan print. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk membuka peluang usaha ini. Membuka usaha photocopy tidak sulit, yang kita butuhkan juga sedikit, hanya saja, biasanya konsumen tidak hanya datang untuk sekedar photocopy tetapi juga keperluan lain seperti jilid atau membeli atk dan materai misalnya. Oleh karenanya, selain membuka jasa photocopy, kita juga sebaiknya melengkapi usaha ini dengan ATK guna menarik lebih banyak pembeli untuk datang.

Bisnis ini tidak hanya prospektif di kota saja, melainkan di desa juga. As long as lokasi tempat kita membuka usaha ini strategis, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya yakni di dekat sekolah atau perkantoran, kita bisa memaksimalkan pendapatan dari usaha ini. Nah untuk membuka usaha ini, apa saja sih yang kita butuhkan? Mari kita bahas dari sisi permodalan terlebih dahulu.

Modal Awal

Kebutuhan Estimasi Biaya
Mesin photocopy Rp. 15.400.000
Mesin laminating Rp. 2.000.000
Etalase Rp. 1.500.000
Printer (2 buah) Rp. 2.000.000
Komputer ( 2 set) Rp. 5.000.000
Alat pemotong kertas Rp. 600.000
Modal ATK Rp. 3.000.000
Biaya Listrik Rp. 500.000
TOTAL BIAYA Rp. 30.000.000
Baca Juga  Usahadesa.com dan Misi Membangun Linkage Produk Lokal ke Pasar Global

 

Modal yang tidak sedikit memang, namun jangan khawatir karena semua modal ini akan dapat cepat ditutup jika kita memang memilki lokasi yang strategis. Beberapa tips guna mendapat pelanggan dengan cepat dalam bisnis ini adalah:

1. Pelayanan yang cepat

Pelayanan merupakan hal yang utama dalam bisnis ini. Mengapa? Tidak sedikit pelanggan yang datang dengan keadaan “lagi keburu”, oleh karenanya, kita dituntut untuk bisa gercep alias gerak cepat dalam melayani. Dengan pelayanan yang cepat, pasti akan membawa pelanggan kembali ke toko Anda.

2. Harga yang bersaing

Tuntutan untuk segera balik modal memang ada, namun hal ini jangan dijadikan alasan untuk mematok harga yang terlalu tinggi karena orang juga akan malas untuk kembali jika harga yang kita patok terlalu tinggi. Pastikan untuk survey harga terlebih dahulu ke rival usaha kita untuk mengetahui berapa range harga standar-nya. Jika memang memungkinkan, pasang tarif yang lebih murah. Jika hal tersebut memungkinkan.

3. Promosi jalan terus

Meskipun lokasi yang kita dapatkan sudah strategis, jangan jadikan hal ini alasan untuk berhenti mempromosikan bisnis atau usaha kita. Terkadang ketika bisnis sedang ramai-ramainya kita terlena dan lupa akan promosi, padahal justru waktu terbaik untuk melakukan promosi adalah ketika bisnis yang kita jalankan sedang ramai-ramainya. Promosi bisa kita lakukan dengan banyak hal, cari yang sekiranya sesuai dengan modal yang kita tetapkan untuk promosi.

Baca Juga  Punya Uang 5 Juta? Buka Warkop Aja!

Berikut tadi beberapa hal terkait peluang usaha jasa photocopy yang mungkin bisa menjadi inspirasi usaha baru untuk Anda yang memiliki lahan di tempat-tempat strategis seperti di dekat sekolahan atau dekat perkantoran. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here