Puncak Kosakora: Keindahan Alam yang Menakjubkan

0
1586
Puncak Kosakora: Keindahan Alam yang Menakjubkan

Yogyakarta memang tidak ada habisnya untuk di jelajahi, apalagi di Kabupaten Gunung Kidul yang menyimpan banyak keindahan alam seperti Puncak Kosakora. Puncak Bukit Kosakora berada pada ketinggian kurang lebih 50Mdpl dan terletak di kawasan Pantai Drini Jogja. Meskipun tidak terlalu tinggi tapi puncak bukit ini menyuguhkan keindahan alam yang mempesona.

Keindahan Alam Di Atas Puncak

Untuk mencapai puncak bukit Anda harus melewati medan jalan tanah bervariasi yang cukup melelahkan dengan jarak tempuh sekitar 800 meter dari parkiran pantai. Tapi tenang saja, karena saat diperjalanan Anda bisa melihat banyak keindahan alam yang ada di kabupaten paling timur tanah Jogja ini.

Saat memulai perjalanan kita akan disuguhi dengan pemandangan ladang penduduk yang terhampar di bukit ini. Ada juga padang rumput cukup luas yang biasa disebut Lemah Sangar. Dikatakan oleh penduduk setempat, ada mitos larangan mendirikan bangunan ditanah ini sehingga tidak ada bangunan yang berdiri.

Setelah itu Anda akan menjumpai Pantai Ngrumput, pantai pasir putih yang ditumbuhi rumput di beberapa sudutnya. Letak puncak Kosakora berada persis di samping Pantai Ngrumput ini. Tangga curam dan sempit yang berasal dari bebatuan akan mengantarkan Anda menuju puncak tertinggi bukit ini.

Baca Juga  Cari Posisi Terbaik Untuk Mendapatkan Best View dari Telaga Warna

Letak bukit yang berada dipinggir laut membuat pemandanganya sangat menakjubkan. Hamparan laut biru dan perbukitan sekitar akan terlihat dari atas bukit. Tidak hanya itu, dari atas bukit Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbit dan matahari terbenam Gunung Kidul.

Yang Perlu Anda Tahu Tentang Puncak Kosakora

Letaknya berada di Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Berjarak 61km dari pusat kota Jogja dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam atau 27km dari Wonosari dengan perjalanan kurang dari 1 jam. Ada banyak rute yang bisa dilewati untuk menuju kawasan ini.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum maka dari terminal Giwangan Yogyakarta naik bis jurusan Wonosari kemudian lalu lanjut ke Kemadang menggunakan minibus. Sesampainya di Kemadang, gunakan ojek untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Drini yang satu kawasan dengan Bukit Kosakora.

Tidak ada fasilitas umum di kawasan bukit ini, semua fasilitas berada di Pantai Drini. Tapi kini sudah ada beberapa warung yang berdiri di Pantai Ngrumput maupun Bukit Kosakora. Sayangnya letak warung-warung ini terlihat tidak rapi sehingga sedikit mengurangi keindahan puncaknya.

Baca Juga  Museum Benteng Vrederburg, Wisata Sejarah Yang Selalu Ramai

Jika Anda berencana datang kesana lebih baik datang di pagi atau sore hari, karena saat siang matahari akan sangat terik. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan luar ruangan agar lebih leluasa memijak. Dan jangan lupa membawa makanan dan minuman sendiri untuk persiapan jika warung tutup.

Lokasi bukit dekat dengan beberapa pantai, yaitu Pantai Drini, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Ngrumput dan Pantai Watu Bolong. Semua pantai itu bisa diakses dalam waktu kurang dari 10 menit dari bukit, anda bisa sekaligus datang kesana jika berencana pergi ke puncak Kosakora.

Para wisatawan yang datang biasanya berencana untuk camping. Tapi jika Anda tidak ada rencana sebelumnya dan ingin bermalam disana, Anda bisa menyewa peralatan camping dan juga membeli kayu bakar yang telah disediakan pengelola dengan harga yang masih terjangkau.

Meskipun Puncak Kosakora masih belum terlalu dikenal di masyarakat tapi objek ini sudah banyak diperbincangkan dikalangan para traveller. Karena keindahan alam yang tawarkannya banyak orang yang tertarik untuk datang ke puncak sehingga kawasan ini semakin dikenal dan ramai dikunjungi orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here