Prospek Toko Online Makin Bersinar

0
51
Foto: Tekno.id

BERDESA.COM – Ini kabar baik bagi para pengusaha toko online termasuk UMKM yang menggunakan perangkat medsos untuk menjual produknya. Tahukah Anda, memasuki 2016 ini dari 259 juta penduduk Indonesia sebanyak 88,1 juta orang aktif menggunakan internet alias 34 persen dari jumlah penduduk. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya 28 persen. Tak perlu diragukan, angka ini menunjukkan peluang yang makin cerah bagi toko online.

Data itu dibeberkan WeAreSocial dan diperkirakan jumlah pengguna internet bakal terus melonjak. Yang mengagetkan, dari jumlah pengguna internet itu hampir 100 persen pengguna internet juga aktif menggunakan media sosial alias medsos. Salahsatu yang membuat pengguna medsos bergairah memanfaatkan waktunya ber-medsos ria adalah toko online alias membuka usaha jual beli dengan medsos.

Perihal medsos ini, masih menurut WeAreSocial yang melakukan penelitian, rata-rata orang Indonesia menggunakan internet baik melalui PC maupun tablet selama 4 jam 42 menit. Sedangkan yang hobi ber-internet melalui smartphone rata-rata menghabiskan 3 jam 33 menit dalam sehari di depan handphone-nya. Ini menandakan jumlah warga Indonesia yang melek internet naik secara signifikan.

Baca Juga  Hebatnya Peran Perempuan pada UMKM di Desa

Dari responden yang terjaring pada penelitian itu terkuak, BlackBerry Massenger (BBM) menduduki urutan pertama sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan warga Indonesia untuk mengobrol satu sama lain, baru disusul oleh Facebook di peringkat kedua. Peringkat sosmed urutan 3 hingga 10 adalah WhattsApp, Line, WeChat, Google+, Twitter, Instagram lalu Pinterest.

Selain membangun komunikasi, salahsatu kegiatan yang dilakukan sebagian pengguna internet adalah menjalankan rupa-rupa usaha utamanya toko online. Toko online dengan memanfaatkan Sosmed adalah salahsatu penyebab semua pengguna aktif internet memanfaatkan dunia maya dalam kehidupan sehari-harinya. Di sisi lain, jumlah pengguna internet yang memanfaatkan internet untuk belanja berbagai produk juga terus meningkat. (dji-1/dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here