Proposal Usaha Toko Pertanian Untuk Mengajukan Dana

0
629
Proposal Usaha Toko Pertanian

Sebuah perusahaan pastilah memerlukan proposal yang digunakan sebagai bentuk pengajuan terhadap para investor. Tak terkecuali proposal usaha toko pertanian yang digunakan untuk pengajuan kepada para investor. Proposal yang dibuat tersebut hendaknya mewakili keseluruhan perencanaan yang akan digunakan dalam mendirikan perusahaan.

Kegunaan umum dari proposal usaha

Proposal secara general didefinisikan sebagai sebuah rancangan pendirian suatu usaha yang disajikan dalam bentuk tertulis secara sistematis serta rinci. Sebuah proposal biasanya meliputi kata judul, daftar isi, latar belakang usaha, dan tujuan usaha. Selain itu, terdapat juga aspek perencanaan usaha dan juga penutup.

Proposal digunakan sebagai alat untuk meyakinkan para investor agar mau mengucurkan dana untuk merealisasikan ide dari sebuah perusahaan tersebut. Proposal harus disajikan secara sistematis dan mencakup rencana perusahaan yang akan didirikan seperti bagaimana perusahaan akan mendapat keuntungan, dan berbagai rencana manajerial serta rangkaian kegiatan produksi lainnya.

Manfaat atau kegunaan umum dari proposal usaha toko pertanian adalah sebagai berikut :

1. Menjadi media yang mempermudah presentasi pihak pemohon kepada investor

Baca Juga  Tepung Mocaf ‘Made In’ Ibu-ibu Pacitan yang Terus Meluaskan Pasar

Sebuah proposal haruslah memiliki isi yang singkat, padat, dan jelas. Hal ini dikarenakan proposal yang disetorkan kepada pihak investor haruslah bisa meyakinkan para investor pada usaha yang akan dijalankan dari dana mereka. Proposal yang baik akan mampu menarik perhatian para investor.

Tak hanya itu, proposal yang baik juga harus bisa menyajikan informasi sedetail mungkin sehingga ketika pihak pemohon dana melakukan presentasi, pihak investor akan dengan mudah memahami informasi yang didapatkan dari proposal usaha toko pertanian tersebut.

2. Proposal sebagi media pengontrol

Selain berguna bagi pemohon dana untuk mengajukan permohonan kepada para investor, proposal usaha toko pertanian juga bisa digunakan sebagai sarana controlling. Maksud dari controlling disini adalah pihak investor bisa selalu memantau perkembangan dari usaha yang dijalankan melalui proposal tersebut.

Oleh karena itu sebaiknya para penerima dana juga membuat proposal usaha yang dilengkapi laporan perkembangan perusahaan yang mungkin akan dibutuhkan oleh pihak investor.

Hal tersebut tentu saja akan memicu transparansi antara kedua belah pihak sehingga rumah tangga perusahaan akan berjalan dengan baik tanpa adanya kecurigaan dari salah satu pihak. Dengan begitu, dana juga akan digunakan semaksimal mungkin dalam jalur yang benar sesuai dengan rambu-rambu yang ada pada proposal.

Baca Juga  Menguntungkan! Beternak Kelinci Pedaging, Peluang Usaha Desa Yang Patut Dicoba

3. Tips membuat proposal usaha toko pertanian yang menarik

Anda telah mengetahui betapa pentingnya proposal bagi para pendiri perusahaan maupun untuk para investor. Terutama untuk proposal usaha toko pertanian, anda perlu mengetahui cara membuat proposal tersebut agar bisa menarik hati para investor. Hal ini dikarenakan perusahaan di bidang pertanian semakin ketat persaingannya.

Hal yang perlu anda lakukan agar bisa membuat proposal yang menarik adalah :

  1. Buatlah judul proposal yang menarik

Ibaratkan sebuah barang, pastilah yang dilirik lebih dahulu adalah nama barang tersebut. nama yang baik akan membawa masa depan yang baik pula. Oleh karena itu banyak perusahaan yang sukses akibat dari nama yang mereka sandang. Buatlah nama perusahaan yang menarik dan mengandung makna positif. Karena bisa jadi sebuah nama adalah sugesti.

  1. Buatlah proposal dengan sistem penulisan yang rapi

Setelah proposal diterima oleh pihak investor, mereka akan menilai kemampuan anda, salah satunya berdasarkan proposal yang anda buat. Oleh karena itu sebisa mungkin buatlah proposal dalam bentuk yang paling baik dan sistematis. Usahakan untuk membuat proposal yang ringkas, padat, dan jelas.

  1. Buatlah ide proposal yang efektif dan efisien
Baca Juga  Perusahaan Rintisan Anda Ingin Mendapat Investasi, Ini yang Harus Disiapkan

Poin penting dari sebuah proposal adalah ide bisnis yang dituangkan dalam proposal tersebut. Investor akan menilai seberapa efektif dan efisienkah rencana perusahaan yang akan anda buat. Selain itu, investor juga akan menilai layak tidaknya proposal anda diloloskan dan mendapatkan pendanaan.

Berdasarkan poin-poin yang telah dibuat, sebuah proposal haruslah menyajikan informasi mengenai perusahaan yang akan mengajukan pendanaan kepada para investor. Hal tersebut juga sekaligus mencakup usaha toko pertanian. Proposal usaha toko pertanian haruslah disajikan sedetail mungkin untuk menghindari adanya kesalahpahaman antara investor dengan pihak perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here