Program Satu Dinas Satu Desa Miskin Sebagai Upaya Menekan Kemiskinan

0
785

Dilatarbelakangi oleh masih tingginya angka kemiskinan yang masih cukup tinggi di wilayahnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tengah menggalakkan program sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan di desa-desa yang berada di wilayah Jawa Tengah, nama program tersebut adalah Satu Dinas Satu Desa.

Program yang sudah berjalan hampir satu tahun ini diklaim oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sudah berjalan lumayan bagus dengan memprioritaskan 745 desa binaan yang berada di 14 kabupaten di Jawa Tengah, tercatat sejak berjalannya program Satu Dinas Satu Desa ini pemerintah Provinsi Jawa Tengah mampu mengentaskan 29 ribu warga yang masuk kategori miskin di desa-desa yang menjadi binaan pemerintah provinsi.

Program Satu Dinas Satu Desa sendiri mekanisme yang terbilang cukup sederhana, program ini menggerakkan seluruh Organisasi Perangkat Desa dan Badan Usaha Milik Daerah di wilayah provinsi Jawa Tengah dimana setiap Organisasi Perangkat Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah tersebut diberi tanggung jawab untuk menggarap satu sektor di sebuah desa yang masuk kategori miskin.

Baca Juga  4 Prinsip Pembangunan Pariwisata Desa Berkelanjutan

Desa yang masuk kategori miskin sendiri sudah dinilai dan dianalisa terkait potensi yang dimiliki masing-masing desa, dari ratusan desa yang menjadi binaan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ada banyak potensi yang dimiliki masing-masing desa mulai dari potensi alamnya, budaya, dan sumber daya lainnya.

Pada prakteknya, tiap Organisasi Perangkat Desa dan Badan Usaha Milik Daerah diharapkan dapat membangun sistem dan mendampingi desa-desa tersebut agar memiliki sistem yang lebih baik.

Sebagai contoh misalkan sebuah desa memiliki permasalahan dalam infrasutruktur yang selalu rusak meskipun sudah berulang kali, maka Organisasi Perangkat Desa maupun Badan Usaha Milik Desa bisa membantu memberikan arahan atau bimbingan dalam hal perencanaan dan pengelolaan infrastruktur yang lebih baik.

Semua itu juga kembali kepada analisa faktor yang menjadi permasalahan tersebut sebelum dieksekusi bersama-sama dengan perangkat desa setempat. Selain itu, beberapa Dinas yang berada dibawah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga bisa memberikan dukungan sesuai dengan fokus masing-masing dinas seperti misalkan Dinas Pariwisata dapat membantu meningkatkan potensi desa tersebut menjadi desa wisata apabila desa binaan tersebut memang memiliki potensi menjadi desa wisata, bentuk bantuan misalkan dalam bentuk promosi desa tersebut.

Baca Juga  Desa Wisata Nglinggo Sabet Gelar Terbaik di Yogyakarta

Contoh lainnya misalkan Dinas Pendidikan bisa memberikan dukungan dan bantuan untuk membantu desa-desa binaan yang memiliki masalah dalam bidang pendidikan misalkan desa tersebut memiliki tingkat anak putus sekolah yang tinggi ataupun tidak adanya fasilitas yang memadai, Dinas Pendidikan dapat memberikan bantuan untuk mengentaskan masalah tersebut dengan bekerjasama dengan dinas terkait ataupun mencari sponsor dengan perusahaan-perusahaan.

Tujuan akhir dari Pogram Satu Dinas Satu Desa ini sendiri adalah agar menciptakan masyarakat desa yang sejahtera dan mandiri sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di desa-desa binaan tersebut. Sejahtera dalam hal ini bahwa kedepannya masyarakat di desa tersebut dapat tercukup kebutuhan sandang, pangan, dan papannya, sedangkan mandiri bahwa masyarakat desa binaan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa harus terus menerus mendapatkan bantuan dari pemerintah dengan mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki sehingga dapat menjalankan roda perekonomian di desa tersebut.

Program Satu Dinas Satu Desa Miskin ini ditargetkan akan mampu mencapai angka tujuh persen angka kemiskinan di wilayah Jawa Tengah pada tahun 2023. Oleh karena itu Pemerintah Provinsi terus melakukan percepatan dengan meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan instansi-instansi dan perusahaan-perusahaan.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa: Bisnis Nol Rupiah

Sumber:
http://mediaindonesia.com/read/detail/220949-ganjar-canangkan-satu-dinas-satu-desa-miskin
http://www.tribunnews.com/regional/2019/02/18/jateng-ujicoba-satu-dinas-garap-satu-desa-miskin
https://www.viva.co.id/pemprov-jateng/1127192-atasi-kemiskinan-jateng-galakkan-satu-dinas-satu-desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here